Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 39

Thread: Fenomena sleeping police
http://idws.in/39637

  1. #1

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Central Borneo
    Posts
    4,624
    Thank(s)
    0/27,438
    Blog Entries
    43
    Rep Power
    10

    Thumbs up Fenomena sleeping police

    Show
    Fenomena Polisi Tidur: Antara Keamanan dan Ketidaknyamanan

    Polisi Tidur (http://www.dawginc.com)

    FENOMENA keberadaan polisi tidur di sekitar kita, mulai dari gang-gang sempit hingga jalan-jalan cukup besar yang acap kita temui sesungguhnya mengindikasikan kondisi masyarakat kita yang sakit. Kalau masyarakat kita sehat, manalah mungkin jalan yang seharusnya tetap mulus dan berfungsi sebagai urat nadi mobilitas masyarakat itu diberi penghalang.

    Dalam pikiran seseorang atau kelompok masyarakat yang membuat polisi tidur, ia mengandaikan orang lain yang melintas jalanan itu semuanya tidak tahu adab berlalu-lintas. Bahwa para pengendara semuanya ugal-ugalan; memacu kendaraannya seenaknya seakan-akan itu jalan milik nenek moyangnya. Namun ketika si pembuat polisi tidur itu juga melintasi sebuah polisi tidur di kawasan lain, sesungguhnya dia juga diandaikan tidak tahu adab berlalu lintas. Jadi kedua belah pihak (maaf) sama-sama gilanya!

    Maksud pembuatan polisi tidur pada mulanya sebagai pembatas kecepatan bagi kendaraan yang lewat. Sedangkan tujuannya untuk keselamatan. Keselamatan warga juga si pengendara. Namun acapkali masyarakat membuatnyau secara berlebihan, baik jarak yang terlalu dekat maupun tinggi gundukannya.
    Di satu sisi, keberadaan polisi tidur harus diakui menciptakan suasana keamanan jalan dan keselamatan lingkungan. Orang jadi berhati-hati tatkala melintasi polisi tidur. Namun di sisi lain, ia menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan.
    Oya, ada instansi yang kesal dan “uring-uringan” oleh keberadaan polisi tidur. Yakni unit pemadam kebakaran. Gang-gang sempit diberbagai pemukiman penduduk yang mengalami kebakaran adalah salah satu kendala untuk memadamkam api. Jarak dan lokasi juga suatu kendala, namun tetap bisa diatasi. Kendala di jalanan yang selama ini acap dikeluhkan petugas pemadam kebakaran dan tak kalah “ganasnya” bagi unit mobil pemadam kebakaran tak lain dan tak bukan ialah polisi tidur. Banyak mobil pemadam kebakaran tidak laik jalan lantaran komponen-komponennya cepat rusak akibat beban kejut polisi tidur.
    Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, keberadaan polisi tidur ini masuk dalam area manajemen dan rekayasa lalu lintas. Adapun yang dimaksud manajemen dan rekayasa lalu lintas adalah serangkaian usaha dan kegiatan yang meliputi peencanaan, pengadaan, pemasangan, pengaturan dan pemeliharaan fasilitas perlengkapan jalan dalam rangka mewujudkan, mendukung dan memelihara kemanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.
    Keberadaan polisi tidur juga dijamin UU Nomor 22 Tahun 2009 di atas. Pada Pasal 25 ayat (1) soal perlengkapan jalan huruf e perihal alat pengendali dan pengaman pengguna jalan. Dikatakan selanjutnya pada Pasal 27 ayat (2) bahwa ketentuan mengenai pemasangan perlengkapan jalan pada jalan lingkungan tertentu diatur dengan peraturan daerah.
    Singkatnya, pembuatan polisi tidur sebagai alat pengendali dan pengaman pengguna jalan tidak sembarang orang bebas melakukannya. Harus melalui ijin dari pihak berwenang. Aturan larangan tersebut termaktub pada Pasal 28 ayat (1), “Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan kerusakan dan/atau gangguan fungsi jalan”. Ayat (2), “Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (1)”.
    Ketentuan pidana bagi yang melanggar Pasal 28 ayat (1) dan (2) diancam hukuman pidana sebagaimana diterangkan dengan rinci pada Pasal 274 ayat (1) dan (2). Dan Pasal 275 ayat (1) dan (2) UU Nomor 22 Tahun 2009.
    Silakan download File Pdf UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan berikut…
    Adapun mengenai polisi tidur ini, pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.3 Tahun 1994 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pemakai Jalan dikatakan sebagai alat pembatas kecepatan. Pasal 3 ayat (1), alat pembatas kecepatan adalah kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi untuk membuat pengemudi kendaraan bermotor mengurangi kecepatan kendaraannya.
    Ayat (2), Kelengkapan tambahan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), dapat berupa peninggian sebagian badan jalan yang melintang terhadap sumbu jalan dengan lebar, tinggi dan kelandaian tertentu. Adapun lokasi dan dan penempatan alat pembatas kecepatan disesuaikan dengan hasil manajemen dan rekayasa lalu lintas.
    Ketentuan teknis lainnya mengenai polisi tidur dimaksud, silakan download File Pdf Keputusan Menteri Perhubungan tersebut berikut ini…
    Pada Kepmen itu ada klausul bahwa penyelenggaraan alat pengendali dan pengaman pemakai jalan dapat dilakukan oleh warga masyarakat. Dimana penentuan lokasi dan penempatannya mendapat persetujuan pejabat instansi berwenang dan memenuhi persyaratan teknis sebagaimana diatur Kepmen Perhubungan di atas.

    ***

    Bebas Polisi Tidur (http://asroimut.blogspot.com)
    Bagi para pembaca yang tinggal di Jakarta dan sekitar serta kota-kota besar lainya, sesekali cobalah hitung sendiri berapa jumlah polisi tidur yang musti dilewati semenjak berangkat dari rumah hingga ke tempat kerja! Dan pernahkah pula menghitung kerugian ekonomis dari kendaraan yang dimiliki akibat menghantam polisi tidur itu setiap bulannya?
    Sepanjang yang saya ketahui, belum ada sebuah penelitian mengenai dampak ekonomis masyarakat akibat keberadaan polisi tidur. Pun tanpa ada penelitian akibat berantainya sudah jelas: mulai dari ausnya suku cadang kendaraan bermotor, borosnya bahan bakar akibat sering mengerem dan berganti gigi, kurang lancarnya mobilitas perekonomian (sektor riil) masyarakat dan sebagainya.
    Kalau mau tunjuk hidung, pihak yang menangguk untung besar (samar-samar atau terang benderang) dari keberadaan polisi tidur ini yakni pabrikan kendaraan bermotor. Penjualan suku cadang (spare parts) mereka laku keras. Cobalah amati bengkel-bengkel kendaraan bermotor setiap akhir pekan: penuh dengan kendaraan yang antri untuk diservis. Disamping kondisi prasarana dan sarana jalan yang jelek, polisi tidur sedikit atau banyak turut andil dalam memperpendek usia komponen-komponen kendaraan bermotor itu.
    Dari keberadaan polisi tidur, kita dapat menangkap gambaran betapa rusaknya basis sosial masyarakat yang seharusnya mengandaikan adanya kesadaran masing-masing warganya untuk tahu dan taat aturan. Polisi tidur, juga mengungkapkan bahwa tidak ada lagi kepercayaan atas kesadaran masing-masing warga. Semua orang dianggap tidak tahu diri dan aturan, maka perlu dipaksa supaya sadar aturan.
    Di samping itu, keberadaan polisi tidur adalah cerminan betapa kita di alam kemerdekaan ini telah gagal menjadi manusia Indonesia yang berdiplin dan bertanggung jawab di jalan. Kegagalan ini juga sebagai indikator bahwa kita belum siap sebagai bangsa yang maju dan modern. Jika soal berlalu-lintas saja kita masih “semrawut” seperti saat ini, kesampingkan dulu kemauan menjadi bangsa maju dan modern.
    Karena bangsa yang maju dan modern bukan diukur secara kulit luarnya saja, namun ukurannya lebih pada substansi dan esensi. Yakni penghargaan kita sebagai sesama makhluk sosial yang berketuhanan dan berkemanusian yang adil dan beradab!
    Nilai-nilai itu telah menjadi dasar negara, namun kita senantiasa alpa mempraktekkannya dalam kehidupan nyata. Salah satu contohnya, yakni dalam hal kesantunan kita berlalu lintas.

    Code:
    http://public.kompasiana.com/2009/09/01/fenomena-polisi-tidur-antara-keamanan-dan-ketidaknyamanan/
    http://www.indowebster.web.id/signaturepics/sigpic13456_59.gif
    ‎"Nobody's Perfect"... artinya gak ada body yang sempurna

  2. #2

    Join Date
    Jan 2009
    Location
    PARADOX REALM
    Posts
    1,418
    Thank(s)
    0/5,267
    Rep Power
    6

    Default

    ah...

    kadang polisi tidur juga sering ditaruh di tempat yg gak tepat...

    pernah tu...

    polisi tidur ditaruh dijalan besar 'n jaraknya deket2an... sekitar 2 meteran...

    alhasil menjadi macet juga jalannya gara2 gak bisa ngevut...

    (tapi karena "inisiatif" masyarakat sekitar... polisi tidurnya di ancurin...)

    huehehehehe....

    (btw gw pertama neh!!!!! )
    ♪~aku ingin begini... aku ingin begitu...

    ingin ini, ingin itu, banyak sekali...~♪

  3. #3

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    -
    Posts
    6,521
    Thank(s)
    0/1,995
    Rep Power
    10

    Default

    iya nih di indo polisi tidur tuh gak main2

  4. #4

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Indonesia
    Posts
    9
    Thank(s)
    0/55
    Rep Power
    0

    Default

    Good post bos ;) Menurut gw sih sebetulnya polisi tidur ini diperlukan juga tapi enggak perlu sampe banyak jumlahnya, mungkin hanya tempat2 tertentu yang dianggap orang sering "nyelonong" yang berbahaya bagi semua pihak.

    Sorry ya buat yang naik motor disini kalo motor itu emang kadang kelewatan, kalo jalanan mulus dan enggak ada polisi tidur ngebut seenak jidatnye aje. Bahaya kali, buat orang2, buat diri sendiri juga & berisiknya itu motor juga ampun dah. Tapi gw percaya kalo yang naik motor di indowebster ini tidak demikian. Yang naik mobil juga kadang demikian, tapi tidak sebanyak yang motor.

    Memang betul, kita mau sampai di tujuan dengan cepat, tapi pikirkan faktor safetynya juga dong. Jangan "yang penting gw seneng orang laen mah bodo amat" .

    Yang enggak tahan tinggi gundukannya itu lho (bisa bikin kolong sedan kepentok itu bukannye kelewatan?) juga jaraknya yang kadang terlalu dekat..

    Sebetulnya sih kita memang enggak perlu polisi tidur terlalu banyak jika kesadaran pengendara baik roda 2 dan roda 4 itu tinggi. Maksudnya, semua pengguna jalan sama2 berhati2, tidak ngebut2 dan tidak asal "nyelonong" yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

    Just my opinion guys :onion-70:

  5. #5

    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Promised land
    Posts
    6,254
    Thank(s)
    0/114,953
    Rep Power
    0

    Default

    IMO, Iya padahl setiap pngguna jalan, khususny yg pke kndaraan brmotor motor/mobil tiap tahun mesti bayar pajak, tapi ttep aja jalanan dibuat gak nyaman..

    Apa ada izin dri PU atau ada standar dri PU bwt bkin polisi tdur, stau gw gak tuh.. CMIIW

    Tapi itu tgantung indvidu pgendara jg sih, msih bnyk jg sih yg ugal2an gak jelas..

  6. #6

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    middle heaven
    Posts
    1,131
    Thank(s)
    0/1,347
    Rep Power
    6

    Default

    wah betul tuh, emang polisi tidur dibutuhin . di depan rumah gw juga dipasang polisi tidur gara2 sering kecelakaan.
    tapi ploisi tidur juga bisa bikin kecelakaan. kalo ketinggian misalnya, bisa2 jatuh dari motor

  7. #7

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Parallel world
    Posts
    15
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by blacksheep View Post
    Bebas Polisi Tidur (http://asroimut.blogspot.com)
    [/LEFT]
    seandainya kita punya kesadaran berkendara, hal di atas juga kayaknya gak perlu deh :D, tapi keberadaan polisi tidur juga bisa membantu juga sih....terutama di jalan2 sekitar sekolah yang biasa nya banyak anak kecil atau daerah perumahan, tapi ya bikin polisi tidurnya juga jangan harus pake perhitungan jangan terlalu deket ataupun terlalu tinggi *jadi inget temen saya yang jatuh dari motor karena polisi tidur
    Last edited by Suke_tsuki; 01-09-2009 at 05:49 PM.

  8. #8

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    JKT
    Posts
    1,338
    Thank(s)
    0/1,337
    Rep Power
    6

    Default

    kebanyakan yg ngebut sih..
    apalagi motor dgn knalpot yg super berisik...gaya doank...

    saran...
    tulisan dlm thread lain lagi di edit kyknya
    bacanya sakit mata

  9. #9

    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Somewhere
    Posts
    1,300
    Thank(s)
    0/60
    Rep Power
    6

    Default

    Harus dipasang menurut gw. Apalagi di daerah yang rawan orang nyebrang. Mobil seh masih mendingan. Yang paling gawat itu motor, seringkali ngebut biarkata jalanan rame orang. Klo ampe ketabrak atau semacamnya gimana?

  10. #10

    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Inside My Home
    Posts
    2,587
    Thank(s)
    0/516
    Rep Power
    6

    Default

    Bener jg tuh....
    Sekarang banyak motor yang knalpot nya bising,ngebut2
    Mending mobil,agak keren

Page 1 of 4 1234 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia