Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Kisah Kopi Asin
http://idws.in/407643

  1. #1

    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    3,165
    Thank(s)
    1/6,737
    Blog Entries
    14
    Rep Power
    6

    Default Kisah Kopi Asin

    Show Monggo
    Seorang pria bertemu dengan seorang gadis di sebuah pesta. Sebutlah pria ini dengan Pram dan sebutlah sang gadis dengan Mita. Mita tampil luar biasa cantik, anggun dan menawan setiap pria yang hadir dipesta itu. Banyak lelaki yang mencoba mendekati Mita. Pram sebetulnya tampil biasa saja dan taka da yang begitu memperhatikan dia, tapi pada saat pesta selesai dia memberanikan diri mengajak Mita untuk sekedar mencari minuman hangat. Mita agak terkejut, tapi karena kesopanan dan keberanian Pram, Mita mengiyakan ajakannya walau dalam hati Mita masih sangat ragu.
    Pram dan Mita memutuskan sebuah Coffe Shopuntuk menjadi latar pebincangan mereka. Pram sangat gugup bahkan hanya untuk berkata. Mita mulai merasa tidak nyaman lalu akhirnya berkata, “Kita pulang aja yuk.” Tiba-tiba Pram meminta sesuatu pada salah satu pelayan coffe shop. “Mas, bisa minta garam buat kopi saya?”
    Semua orang yang mendengar memandang Pram dengan pandangan yang seolah-olah berkata, aneh sekali orang ini. Wajah Pram berubah merah, tapi tetap saja dia memasukkan garam tersebut ke dalam kopinya lalu meminumnya. Mita yang penasaran lalu bertanya, “Kenapa kamu bisa punya hobi seperti ini?”
    Pram menjawab, “Ketika saya kecil, saya tinggal didaerah pantai dekat laut. Saya suka bermain air laut, saya dapat merasakan rasanya laut, asin dan sedikit greget, sama halnya dengan kopi asin ini. Dan, stiap saya minum kopi asin, saya selalu ingat masa kanak-kanak saya, mengingat segalanya tentang kampung halaman saya. Merindukannya dan ingin sekali rasanya memeluk kedua orang tua saya yang masih tinggal disana.”
    Begitu berkata kalimat terakhir, mata Pram mulai berkaca-kaca dan Mita sangat tersentuh dengan perasaan tulus dari ucapan Pram. Mita berfikir jika seorang pria dapat bercerita bahwa ia rindu kampong halamannya pasti pria itu mencintai rumahnya, peduli akan rumahnya, dan mempunyai tanggung jawab terhadap rumahnya, dan mempunyai tanggung jawab terhadap rumahnya. Kemudian Mita juga mulai berbicara, bercerita juga tentang kampung halamannya yang sangat jauh, masa kecil, dan keluarganya. Suasana kaku seketika berubah menjadi sebuah perbincangan yang hangat juga akhirnya menjadi sebuah awal indah dalam cerita manis mereka berdua.
    Mereka akhirnya berpacara. Mita akhirnya menemukan bahwa Pram adalah seorang laki-laki yang mampu memenuhi segala permintaannya, dia sangat perhatian, berhati baik, hangat, humoris, sangat peduli. Betul-betul seseorang yang sangat baik, walaupun seringkali mereka berbeda paham. Ujung pertengkaran mereka berakhir dengan kopi asin yang berbalik semakin merekatkan hubungan manis mereka.
    Kemudian cerita Pram dan Mita berlanjut yang diiringi kopi asin sampai ke pelaminan. Setiap saat Mita selalu membuatkan kopi asin untuk Pram, karena Mita tau, kopi asin adalah hal yang sangat disukai Pram. Setelah 56 tahun pernikahan, Pram meninggal dunia dan meninggalkan sebuat surat yang berisi :

    Mita sayangku, mohon maafkan aku, maafkan kalau seumur hidupku adalah dusta belaka. Hanya sebuah kebohongan yang aku katakana padamu tentang kopi asin. Ingat sewaktu kita pertama kali jalan bersama? Aku sangat gugup waktu itu. Sebenarnya aku ingin meminta gula, tapi yang terucap olehku malah garam. Sulit sekali bagiku untuk mengubahnya karena kamu pasti akan tambah tidak nyaman, jadi aku maju terus. Aku tak pernah menyangka bahwa kopi asin itulah yang ternyata menjadi awal komunikasi kita. Aku mencoba untuk berkata sejujurnya selama ini, tapi aku terlalu takut melakukannya karena aku telah berjanji untuk tidak membohongimu untuk suatu apa pun.
    Sekarang aku sekarat, aku tidak takut lagi sayang. Sejujurnya, aku tak suka kopi asin, betul-betul aneh dan rasanya tidak enak. Tapi, aku selalu mendapat kopi asin selama hidupku sejak bertemu denganmu dan saya tak pernah sekalipun menyesal untuk segala sesuatu yang aku lakukan demi kamu. Memilikimu adalah kebahagiaan terbesar dalam hidupku. Bila aku dapat hidup untuk kedua kalinya, aku tetap ingin bertemu kamu lagi dan memilikimu seumur hidupku, meskipun aku harus meminum kopi asin setiap hari.
    Mitaku sayang, kopi asin buatanmu selalu manis untukku, bukan karena rasa dilidahku, tapi karena kau yang membuatnya, kopi ini juga penghubung kita dari awal sampai akhir, bagiku hidup bersamamu dan kopi asin ini adalah takdir manisku.
    Air mata Mita membuat surat dari Pram menjadi basah. Kemudian hari bila seseorang yang bertanya, apa rasanya minum kopi pakai garam? Mita selalu menjawab, “Rasanya manis.”



    Nilai moral :
    • Tambahkan cinta kurang benci, ubah garam menjadi lebih manis dari gula. Itulah cinta.
    • Lelaki itu harus pantang mundur, bagaimanapun harus mengambil resiko asal berdasar kejujuran walaupun awalnya hanya kebohongan.
    • Ketika hubungan retak atau merenggang cobalah mengingat masa-masa awal hubungan, apa yang membuat kalian terhubung, sebuah ingatan kecil yang menuntun pada kembalinya keharmonisan.


    kalau ya maaf

    Show Lapak Motivasi saya yang lain
    Rantai yang Mengikat Tali
    Kisah Petapa dan Kepiting
    Lupa Makan Permen
    Cerita 4 Buah Lilin
    Kisah Kopi Asin
    Cerita di Balik Jendela
    Aku Iri dengan Orang Tuaku
    Aku menangis Enam kali untuk Adikku
    Mantel Kuning dan Susu Coklat
    To All My Friend
    Last edited by dhachan_kun; 25-04-2013 at 12:13 PM.

  2. Who Said Thanks:


  3. #2
    Mirai to wa? valarze's Avatar

    Join Date
    May 2009
    Location
    Bali/Lombok
    Posts
    1,635
    Thank(s)
    0/4,072
    Rep Power
    7

    Default

    sebenernya aga gimana ya ceritanya... sweet sih...

    tapi kok kayanya aga ga enak yah fakta bahwa dia boong dan sudah ga takut karena dah mo mati... -___-

    sisi positifnya, dia bersedia "menderita" minum kopi asin tiap hari demi istrinya... pengorbanan ini yang mungkin istrinya hargai...

  4. #3

    Join Date
    Oct 2010
    Location
    bogor
    Posts
    50
    Thank(s)
    0/14
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by valarze View Post
    sebenernya aga gimana ya ceritanya... sweet sih...

    tapi kok kayanya aga ga enak yah fakta bahwa dia boong dan sudah ga takut karena dah mo mati... -___-

    sisi positifnya, dia bersedia "menderita" minum kopi asin tiap hari demi istrinya... pengorbanan ini yang mungkin istrinya hargai...
    betul betulll.... walopun cuma awalnya karena gugup, harusnya sih bisa jujur juga dalam 56 tahun itu...

  5. #4

    Join Date
    May 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    2
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    Apa setelah kejujuran ini, mita masih mau membuat kopi asin?
    Entahlah...bisa juga ditambahin lagi..............garamnya.
    Last edited by dhachan_kun; 04-05-2013 at 06:34 PM. Reason: dear, jangan titip lapak yah....

  6. #5

    Default

    Keren gan, sangat inspiratif

    kalau ditanya Kopi pakai garam itu rasanya gimana? | Manis
    Keren sumpah, mungkin yang manis itu kenangannya

  7. #6

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    15,156
    Thank(s)
    0/3,784
    Rep Power
    16

    Default

    sweet banget ceritanya.. demi menutupi dan menjaga perasaan istrinya, dia rela keasinan

  8. #7

    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Ngalam
    Posts
    6,461
    Thank(s)
    0/103,917
    Rep Power
    12

    Default

    kisah yg romantis berawal dr secangkir kopi..
    lagian klo dibuatkan ma istrinya d rumah kopi manis, tinggal nyebrang aja k warung pesen kopi manis..
    kan ga cari 'manis-manis' yg lain d luar rumah..
    baru tahu, cinta tnyata dahsyat bisa ngubah rasa kopi..
    masih mending Pram nya kisah kopi asin, lha saya Kopi Tubruk gimana..mana super pait lg..


    "Aku ini anjing. Aku bajing4n.
    Tapi akulah dirimu sebelum dibungkus dalam kejaiman dan kemunafikan.."
    # JancukJaranSakDokare

  9. #8

    Join Date
    Nov 2010
    Location
    pontianak
    Posts
    1
    Thank(s)
    1/1
    Rep Power
    0

    Default

    tragis ceritanya..
    meninggalnya kemungkinan besar karena penyakit darah tinggi yang ga disadari hingga berujung stroke
    tiap hari minum kopi asin sih

  10. Who Said Thanks:


  11. #9

    Join Date
    Jan 2013
    Location
    Black Hole
    Posts
    699
    Thank(s)
    0/1,804
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    2

    Default

    Entah kenapa setelah membaca jadi ingin merasakan kopi asin,,
    penasaran, sapa tau malah kejadian sama cerita di atas . .

  12. #10

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    World of BOT
    Posts
    13,173
    Thank(s)
    0/25,668
    Blog Entries
    14
    Rep Power
    16

    Default

    Cinta yg berangkat dari suatu kebohongan,

    mungkin kalo positif thinking ini adalah pelajaran yg baik,

    tapi di lain pihak ini adalah pembelajaran untuk menghalalkan kebohongan.


    Jika lelah jalani hidup ini gak usah ngomong, hal itu tidak bijaksana bagimu,
    tapi teriaklah yg keras, itu lebih bagus tuk menjadi alasan nimpuk kamu

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia