View Poll Results: Strategy apa yang sering kamu lancarkan dalam Permainan Asah Otak Ini??

Voters
109. You may not vote on this poll
  • Makan memakan... Asal makan buah catur lawan (mikirnya yang paling banyak prajurit dia yang menang)

    12 11.01%
  • Bertahan Abiss.... Mainnya sambil nunggu lawan menyerang (counter attack)

    8 7.34%
  • Serangan Total...... Ga mikir pertahanan lagi

    15 13.76%
  • Memikirkan dengan seksama bagaimana cara menumbangkan Raja pada saat kondisi apapun...

    26 23.85%
  • Bermain Saling Kunci.... Ga ada yang mau ngalah satu sama lain (biasanya ini makan waktu yang lama)

    16 14.68%
  • Sacrifice / Pengorbanan yang nekad hanya untuk Buka Posisi / menang posisi

    32 29.36%
  • Bermain Cantik dan Arisitik dengan mempertimbangkan skak mat yang tidak terduga

    30 27.52%
Multiple Choice Poll.
Page 1 of 8 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 80

Thread: main catur yuk...! (bahas catur lebih dalam, mulai dr cara main sampe taktik)
http://idws.in/43021

  1. #1

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    Ujung Dunia...
    Posts
    876
    Thank(s)
    11/287
    Rep Power
    5

    Talking main catur yuk...! (bahas catur lebih dalam, mulai dr cara main sampe taktik)

    sebelumnya maaf klo banyak yg re post
    Ini dasar dasar permainan catur
    Show dasar dasar catur
    sebelumnya saya ingin memberikan gambaran tentang catur (khusus yg sangat beginner)….ada orang bilang catur itu olah raga…benar!!...mereka ikut dalam kejuaraan catur untuk memperebutkan gelar juara yg memeras kalori sama dengan orang yg berlari …Ada juga orang yg bilang catur adalah seni…benar juga!!..ada sebahagian orang yang senang melihat kombinasi yang indah, setiap kali main catur mereka selalu berusaha membuat lawannya mat dengan posisi yang sengaja diciptakannya sedemikian rupa…atau istilah catur nya mati indah ( hehe…masa mati ada yang indah )..dan mereka akan senang apa bila bisa menciptakan langkah-langkah kyk itu..…Ada juga orang bilang catur itu science of logical thinking ( apa sih bhs indonya??)..ini pun benar !! coz catur bisa ngasah daya nalar dan kreatifitas yg tinggi...!!

    Sebelum kita bahas tentang permainan ini (bagi yg blom tau dasar 2 nya)... Saya berikan dulu bahasa catur, yg bisa dibilang Notasi...Ni kyk yg di bawah :




    PAPAN CATUR

    Papan catur terdiri dari 64 petak yang sama besarnya, dengan warna petak berganti-ganti hitam-putih-hitam-putih. Cara meletakan papan catur seperti gambar diatas, dan menurut ketentuan F.I.D.E ( Federation Internationale Des Echecs = Peraturan Federasi Catur Internasional ) petak putih terletak sebelah kanan pemain ( petak h1 dan a8, sedangkan petak hitam terletak disebelah kiri pemain ( petak a1 dan h8 ), yang saya maksudkan disini ialah petak sudut…. Saya pernah lihat kejuaran tingkat kecamatan ,mereka mengadakan kejuaraan catur…papan caturnya dibikin dari triplek…eh..saya lihat letak papan caturnya asal-asal aja…ada petak hitam sebelah kanan dan ada juga petak putih..ya amburadur dong….nah moga anda nggak melakukan kesalahan yang sama.

    LAJUR = sederetan petak-petak dengan warna selang-seling yang membujur dari hadapan kita kearah lawan petak A,B,C sampai H ( lihat gambar ), contoh petak a1.a2.a3.a4.a5.a6.a7 dan a8 ( ini dinamakan lajur A )

    BARIS =sederetan petak-petak sama seperti lajur tetapi membelintang dari kiri ke kanan ,yaitu baris 1,2,3 sampai 8 ( lihat gambar ), contoh petak a3,b3,c3,d3,e3,f3,g3 dan h3 ( ini dinamakan baris 1 )

    DIAGONAL = sederetan petak-petak yang sama warnanya ,contohnya petak a1,b2,c3,d4,e5,f6,g7 dan h8

    NAMA-NAMA PETAK DI PAPAN CATUR..lihat aja gambar diatas ada petak a1,a2,a3 dsb..e1,e2,e3 dsb ( setiap petak terdiri dari kombinasi huruf dan angka )



    NAMA BUAH CATUR

    K = King = Raja = R ( 1 buah ) terletak ditengah (kalo 2 buah lama beud menang nya)
    Q = Queen = Menteri = M ( 1buah ) terletak ditengah dekan dengan Raja (kalo lbih dr 1 pastinya gampang maenin nya)
    B = Bishop = Gajah = G ( 2 buah ) terletak disisi Menteri dan disisi Raja
    N = Knights = Kuda = K ( 2 buah ) terletak disisi Benteng
    R = Rook = Benteng = B ( 2 buah ) terletak di petak pinggir
    P = Pawn = Bidak ( 8 buah ) lihat gambar

    CARA LANGKAH MASING-MASING BUAH CATUR

    Aduh …gimana cara menerangkannya ya..ngak ada papan peraga sih…saya coba aja terangkan dengan kata-kata..mudah-mudahan bro sekalian bisa mengerti..

    Raja jalannya satu-satu langkah, kemana aja boleh kiri/kanan/atas/miring..ingat hanya satu langkah (nilai = infinite)

    Menteri jalannya seperti X ( kali ) dan + ( tambah ) atas/bawah/kiri/kanan/miring kanan atas/miring kiri atas/miring kanan bawah/miring kiri bawah, boleh dekat dan jauh…yang nggak boleh meloncati buah lain (nilai = 9)

    Benteng jalannya seperti + ( tambah ) atas/bawah/kiri/kanan, boleh dekat dan jauh…ngak boleh meloncati buah lain (nilai = 5)

    Gajah jalannya seperti x ( kali ) miring kanan atas/miring kiri atas/miring kanan bawah/miring kiri bawah, boleh jauh dan dekat..ngak boleh melompati buah lain (nilai = 3)

    Kuda jalannya seperti huruf L, bigini cara menjalankannya = maju dua petak lalu belok kiri atau kanan satu petak = mundur dua petak lalu belok kiri atau kanan satu petak = kekiri dua petak lalu keatas atau kebawah satu petak = kekanan dua petak lalu keatas atau kebawah satu petak….cara gampangnya ingat aja huruf L…dan kuda boleh melompat buah lainnya, contohnya kuda yang petak awalnya di b1 bisa dilangkahkan kepetak a3 atau c3 (nilai = 3)

    Bidak jalannya lurus kedepan satu petak dan ngak boleh mundur, khusus untuk Bidak yang belum pernah jalan boleh melangkah dua petak kedepan ( tergantung keinginan kita, ingin dijalan kan satu langkah atau dua langkah kedepan )tetapi untuk selanjutnya hanya satu petak aja ke depan….bidak yg belum pernah jalan artinya dia masih berada pada posisi awal ( lihat aja gambar diatas tu..Bidak belum lagi jalan ) (nilai = 1)

    Nilai yg saya maksud tuh nilai tukar... Misal : klo Menteri (9 point) anda dimakan lawan, tp anda dapat 2 benteng sebagai gantinya (masing 2 nilainya 5)... Mungkin anda masi tetep unggul dlm permainan...Gitu lo..iss:

    CARA MAKAN : Raja, Menteri ,Benteng, Gajah dan Kuda cara makannya sama dengan langkahnya….nah sekarang cara makan ( pukul )buah lawan , letakkan buah kita dipetak tempat buah lawan “duduk” dan buah lawan tersebut keluarkan dari papan…gampang khan !!
    o iya...Khusus untuk Bidak cara makannya beda sama jalannya, kalau jalannya satu petak kedepan dan makannya miring kekiri atau kekanan satu petak tetapi tetap maju ya…contohnya Bidak di petak d2 jalannya ke petak d3 atau d4, tetapi kalau mau makan bidak dipetak d2 dijalankan ke petak c3 atau petak e3

    Oke deh ! moga bro sekalian mengerti dengan uraian diatas..klo anda belum ngerti..ulang terus bacanya sampai anda paham…

    Yup..Sekian untuk posting belajar catur kali ini


    Ini ada beberapa tambahan untuk langkah istimewa...
    Show langkah istimewa
    LANGKAH ISTIMEWA

    kita telah mempelajari cara melangkah atau memukul setiap buah catur. Terapi semua itu baru mengaaangkut langkah yang umum. Masih ada beberapa lalngkah istimewa yang juga penting diketahui. Terutama yang berhubungan dengan bidak dan Raja.

    1) Memukul “en passant”

    Salah satu keistimewaan langkah bidak ialah memukkul “en passant” ( baca : ang pasang) atau memukul “sambil lalu”.

    Ketentuaannya demikian : bila satu bidak melangkah dua petak sekaligus ke depan dan melewati lawan, maka bidak lawan dapat memukul bidak itu seolah-olah bidak tadi hanya dimajukan selangkah saja. Lihat contoh di bawah

    jika pion hitam melangkah ke titik X, maka pion putih yg berada dalam posisi demikian bisa memakan pion hitam dan berpindah ke titik ep
    Demikian ketentuan mengenai pukulan “en passant”.

    2) promosi bidak

    Kita sudah mengenal cara bidak melangkah, yaitu lurus ke depan. Kalau memukul buah lawan maka jalannya menyerong ke kiri atau ke kanan, seperti huruf V. bidak tidak boleh mundur. Bagaimana jika bidak itu sampai pada baris terakhir perjalannannya?

    Bidak yang sudah mencapai baris terakhir harus naik pangkat. Atau dengan istilah catur yang populer : Promosi. Bidak itu tidak boleh tetap menjadi bidak. Dia harus segera diganti dengan salah satu perwira seperti Menteri, Benteng, Gajah atau Kuda yang sama warna dengan bidak itu (pastinya mau jd Mentri lah yg powerful). Bidak tidak boleh menjadi Raja. Raja setiap pemain hanya ada satu sejak awal sampai akhir. saya rasa uda pada tau deh aturan yg satu ini...


    Tujuan permainan :
    Show tujuan permainan


    Tujuan permainan catur ialah menangkap Raja lawan. Raja lawan tidak boleh dipukul atau dimakan. Raja hanya boleh diserang atau dikepung sehingga tidak bisa lari atau diselamatkan lagi.

    Bila Raja itu sudah tidak dapat menghindar dari ancaman, maka berarti Raja itu sudah tertangkap. Pihak yang mengkap Raja itu keluar sebagai pemenang.

    Syah atau Sekak

    Kalau Raja diserang oleh buah lawan, maka dikatakan Raja itu kena syah atau sekak. Serangan terhadap Raja harus segera ditangkis. Ada tiga cara untuk menangkis sekak itu.

    1. Memukul atau memakan buah lawan yang melakukan sekak itu dengan buah sendiri.
    2. Melarikan Raja dari arah serangan buah lawan.
    3. Menutup arah serangan buah lawan dengan buah sendiri. .

    Nah klo skak nya uda ga ada obat nya lg (raja nya uda ga bisa kemana mana), nama nya skak mat...Contoh :Putih menang..
    pastinya temen 2 uda pada tau aturan yg satu ini...deh


    Rokade...
    Show aturan rokade
    mungkin temen 2 masi ada yg blom tau tentang rokade ini... istilah asing nya (castling queen side)...



    Rokade (Castling) adalah menggerakkan dua buah biji catur sekaligus yaitu raja dan benteng dimana dalam melakukan rokade hanya diizinkan sekali saja

    Mekanisme rokade cukup sederhana, yaitu:
    1. Gerakkan raja ke arah benteng
    2. Gerakkan benteng raja dari sebelah kanan raja ke sebelah kiri raja. Gerakan ini ditandai dengan 0-0…….Sedangkan rokade dari sayap mentri ditandai dengan 0-0-0

    Pemain tidak dapat melakukan rokade apabila
    1. Raja dalam keadaan diancam skak
    2. Raja sudah melakukan gerakan sebelumnya
    3. Benteng yang akan di-Rokade sudah melakukan gerak sebelumnya
    4. Buah catur lawan mengancam petak yang akan ditempati Raja dalam Rokade (petak c1 atau g1 untuk putih, c8 dan g8 untuk hitam)
    5. Buah catur lawan mengancam petak d1 atau f1 yang akan dilewati Raja pada waktu Rokade (untuk hitam d8 dan f8)
    6. Buah catur lawan berada pada petak antara Raja dan Benteng yang akan di-Rokade-kan
    7. Buah catur kawan sendiri berada antara Raja dan Benteng yang akan di-Rokade-kan

    wah ternyata cukup banyak ya syarat rokade…..tapi mudah untuk dipahami kan…..??iss:


    Aturan Seri
    Show keadaan seri

    keadaan seri dalam catur bisa juga disebut remis...Remis/Seri adalah apabila dalam permainan itu dicapai suatu tahap tanpa keputusan, tidak menang dan tidak kalah

    Ada dua aturan yang memungkinkan permainan catur diakhiri dengan remis:
    1. Aturan “50 langkah”, artinya jika permainan telah melewati 50 langkah dan belum terjadi pemukulan serta gerakan bidak, salah satu pemain dapat mengajukan remis
    2. Jika suatu posisi tertentu diulang sebanyak 3 kali

    Dalam permainan sesungguhnya kedua aturan di atas jarang ditemukan. Pada umumnya remis terjadi karena skak abadi, pat dan materi yang sudah tidak mencukupi untuk permainan sampai mat

    Remis merupakan hasil draw untuk permainan catur, ditandai dengan skor ½ – ½

    Bentuk-bentuk remis dalam permainan catur adalah sebagai berikut.

    1. Stalemate
    bangunan dimana tidak ada lagi perwira lain selain raja, dan tidak ada lagi langkah yang sah untuk raja.... contoh :
    2. Pat (jalan buntu)
    suatu keadaan dimana Raja berada dalam tidak keadaan skak tetapi Raja dan buah/biji lainnya juga tidak dapat dilangkahkan secara sah...
    3. Kurang materi (insufficient material), misalnya:
    - Raja vs Raja
    - Raja Kuda vs Raja
    - Raja Gajah vs Raja
    - Raja dua Kuda vs Raja
    4. Rangkaian langkah berulang atau mencapai posisi tertentu sebanyak tiga kali (threefold repetion)


    Yup sekian The Rule Of Chess bagi yg blom tau sama se x....(pro- beginner)

    HIKMAH DIBALIK CATUR :
    Show hikmah catur

    Manfaat Bermain Catur

    Penelitian di berbagai negara, membuktikan bahwa permainan catur adalah sarana yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengembangkan kepribadian. Karena dengan bermain catur berarti melatih otak kanan dan kiri, melatih kepercayaan diri, kedisiplinan, kesabaran, daya tahan, serta keterampilan membuat rencana, strategi, dan pengambilan keputusan yang tepat dalam waktu terbatas.

    Banyak orang memandang permainan catur sangat membosankan. Gimana tidak??? Bayangkan…, gak ada sporter apalagi cheerleader atau umbrella girl, sepanjang permainan pemainnya hanya diem-dieman dan asik dengan pikirannya masing-masing, gak ada body contact, gak ada genderang atau trompet penyemangat pertandingan dan masih banyak lagi alasan yang membenarkan klo catur itu memang membosankan. Tapi jangan pernah pertanyaan itu anda tanyakan kepada para pemain/atlit dan penggemar/hobier-hobier catur. Maka jawaban yang anda dapat pasti bertolak belakang dengan pendapat sebelumnya. Permainan Catur itu sangat sangat…sangat mengasyikan. Meski tanpa umbrella girl, cheerleader maupun sporter yang menyemangati bahkan gak ada penontonya sekalipun….. , mereka bisa bertahan sampai berjam-jam. Benar-benar permainan yang aneh!!!! Di sini aku gak mo bicarakan mengapa orang bisa bertahan berjam-jam melototi balok-balok kayu bisu diatas papan segiempat hitam-putih yang disebut catur itu, tapi aku mo coba ngebahas tentang filosofi yg terkandung di dalam permainan catur yang mungkin bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    Dalam catur sudah diatur bagimana pergerakan dari bidak-bidaknya, misalnya pion hanya bisa bergerak maju (langkah petama boleh 2 petak setelah hanya boleh 1 petak), menteri/peluncur bergeraknya miring, kuda geraknya menyerupai huruf “L”, Benteng bisa 4 arah tapi tidak bisa miring, ster/patih bisa gerak arah mana aja dan raja/ratu bisa gerak segala arah tapi hanya 1 petak setiap langkah.

    "Dalam kehidupan…..setiap orang mempunyai peran dan cara hidup masing-masing yang terikat dalam aturan-aturan, baik yg dibuat Tuhan maupun oleh manusia sendiri. So….ikuti aturan dan pahami benar-benar apa peran yang sedang kita mainkan serta seyogyanya kita tahu apa yang seharusnya kita kerjakan."


    Dalam catur sebelum memulai permainan kita sudah menentukan cara bermain….. bertahan atau menyerang. Namun terkadang ditengah jalannya permainan ada kalanya kita ubah cara bermain kita karena adanya perubahan situasi dan posisi permainan. Tetapi tujuan tidak pernah berubah yaitu tetap mempertahankan raja kita agar tidak mati atau minimal bisa remis

    "Dalam kehidupan…..sedari awal kita harus tetap focus pada tujuan yang telah kita tetapkan dan bagaimana cara meraihnya. Jika ada perubahan situasi dan kondisi dalam kehidupan kita, maka yang perlu kita sesuaikan adalah caranya bukan tujuannya. Tujuan bisa kita rubah jika memang tidak ada cara lain lagi untuk meraihnya (jika tidak mungkin menang maka remis-lah yg kita usahakan)."


    Dalam catur setiap langkah yang kita buat harus kita perhitungkan benar-benar dan harus selalu mengandung tujuan yang jelas tanpa mengabaikan posisi sendiri ataupun lawan. Pendek kata, tanpa perhitungan yang matang dan tujuan yg jelas maka langkah yang kita buat akan menjadi sia-sia bahkan bisa menjadi blunder yg berujung pada kekalahan.

    "Dalam kehidupan…. memperhitungkan setiap gerak-langkah kita dengan tujuan yg jelas tanpa melupakan kondisi sendiri dan keadaan sekitar harus senantiasa kita lakukan agar bisa berakhir dengan kemenangan."

    Dalam catur kita tidak boleh lengah, apa lagi meremehkan lawan. Meski secara kuantitas jumlah bidak kita lebih banyak dan posisi sudah mau memenangkan permainan tetapi kalo kita ceroboh dan tidak focus maka kesalahan dan kecerobohan akan bisa dimanfaatkan lawan untuk mengambil alih atau merubah jalannya permainan. Karena, lawan akan berpikir lebih keras jika posisinya terdesak dan berusaha melepaskan diri dari keterdesakannya sehingga jika kita tidak focus dan bertindak ceroboh maka kemanangan yang sudah hampir ditangan akan musnah.

    "Dalam kehidupan….kita tidak boleh bertindak ceroboh dan seenaknya sebelum tujuan benar-benar tercapai. Tetap focus setiap saat dan jangan biarkan situasi/kondisi disekeliling kita mengubah track yang sudah kita bangun susah-susah dalam meraih tujuan. Kekayaan dan kepintaran yang kita miliki bisa mempermudah dalam meraih tujuan hidup tetapi jika kita tidak bijaksana dan salah menggunakan kekayaan dan kepintaran yang kita miliki maka kehancuran yang akan kita dapat."


    Dan satu lagi….., pion meski kadang hanya dipandang sebelah mata dan sering diremehkan perannya dalam permainan, tapi pada saatnya pion bisa berubah dan menjadi apa saja jika selamat melangkah dibatas akhir pertahanan lawan.

    “Jangan pernah meremehkan orang meski orang tersebut Nobody”


    ASAL USUL CATUR
    Show asal usul catur

    Permainan catur menurut Wikipedia pertama kali ditemukan di masyarakat Persia dan Arab. Kata 'catur' itu sendiri berasal dari kata 'chaturanga,' yang dalam bahasa Sanskrit berarti 'empat divisi ketentaraan.'

    Catur kemudian menyebar ke seluruh dunia dengan pelbagai varian permainan sampai kemudian kita kenal seperti sekarang.

    Permainan ini awalnya menyebar sampai ke Timur Jauh dan India dan menjadi salah satu pelajaran di keluarga kerajaan dan ningrat Persia. Pemuka agama Budha, pedagang yang lalu-lalang di Jalan Sutra mulai memperkenalkan papan catur untuk permainan ini.

    Chaturanga masuk ke Eropa melalui Kejaraan Byzantine Persia, dan menyebar ke Kekaisaran Arab. Pemeluk agama Islam kemudian membawa catur ke Afrika Utara, Sisilia, dan Spanyol pada abad ke-10.

    Permainan ini kemudian menjadi populer di Eropa. Dan, pada akhir abad 15, permainan ini lolos dari daftar permainan yang dilarang Gereja. Pada abad modern mulai lahir buku-buku referensi catur, kemudian penggunaan jam catur, serta sejumlah aturan permainan dan pemain-pemain hebat.

    India
    Asal-usul catur modern semula dikenal dengan nama Charuranga, yang berkembang di India pada abad ke-6. Sejak awal permainan ini sudah memperkenalkan dua pihak yang bermain, perbedaan buah catur dengan kekuataan yang berbeda, dan kemenangan tergantung pada buah terakhir, atau dalam catur modern ditandai dengan tumbangnya sang raja. Dalam catur kuno, papan catur memiliki 100 kotak atau malah lebih.

    Pada awal abad 19, sebuah pendapat disampaikan Kapten Hiram Cox dan Duncan Forbes bahwa dulu catur dimainkan 4 orang sekaligus, termasuk empat pemain dalam chaturanga.

    Dalam terminologi sanskrit, "Chaturanga" berarti "memiliki empat bagian" dan dalam puisi epos kepahlawanan kata itu juga berarti "tentara." Nama itu sendiri bersumber dari sebuah formasi pertempuran dalam epos Mahabrata yang terkenal di India. Chaturanga adalah sebuah simulasi permainan perang guna memperlihatkan kekuatan strategi militer India saat itu.

    Ashtāpada, kotak 8 x 8 di sebuah papan merupakan tempat bermain Charuranga. Papan lain yang dikenal di India adalah Dasapada 10 x 10 dan Saturankam 9 x 9.

    Ilmuwan Arab Abu al-Hasan 'Alī al-Mas'ūdī memberi rincian tentang penggunaan catur yakni sebagai sebuah alat strategi militer, matematik, perjudian dan terkadang dihubungkan dengan ramalan nasib di India dan tempat lainnya. Catatan Mas'ūdī juga menunjukkan Ivory di India merupakan daerah produsen alat permainan catur untuk pertama kali, menyebarkan serta memperkenalkan permainan ini dari Persia ke India semasa Kerajaan Nushirwan.

    Kemudian terjadi evolusi pada permainan chaturanga yang dikenal dengan nama Shatranj (chatrang), yakni sebuah permainan dua orang pemain yang kekalahan dan kemenangan ditentukan melalui pembersihan terhadap semua bidak lawan (kecuali raja) atau melalui penaklukan terhadap raja lawan. Posisi pion dan kuda tidak berubah, tapi bidak lain mengalami perubahan bentuk.

    Timur Tengah

    Karnamak-i Ardeshir-i Papakan, seorang pendiri Kekaisaran Sassanid Persian di Irak memperkenalkan permainan chatrang sebagai salah satu cara agar rakyat mengenangnya sebagai seorang pahlawan legendaris. Catatan tertua tentang permainan ini dibuat pada abad ke-10 yakni notasi permainan antara seorang sejarawan Baghdad dan muridnya.

    Pada abad ke-11, Ferdowsi menuturkan seorang Raja datang dari India untuk melakukan pertandingan di papan catur. Kisah ini diterjemahkan dalam Bahasa Inggris berdasar manuskrip British Museum.

    Suatu hari seorang duta besar Raja Hindu datang ke persidangan Persia di Chosroes, dan setelah berbasa-basi, duta besar itu mempersembahkan sebuah papan catur yang terbuat dari kayu eboni dan gading.

    Ia lalu melontarkan tantangan: "Oh raja yang besar, temukanlah orang-orang terpandai dan terbijak untuk memecahkan misteri permainan ini. Jika mereka berhasil sesembahan kami Raja Hindu akan memberikannya gelar. Namun jika ia gagal hal itu membuktikan tingkat kepandaian penduduk Persia lebih rendah dan kami akan meminta petunjuk dari Iran."

    Utusan itu kemudian menunjukkan papan catur yang ia bawa. Sehari kemudian, setelah berpikir keras, Buzurjmihir, berhasil memecahkan misteri itu dan kemudian mendapat gelar seperti yang dijanjikan.

    Eropa

    Variasi charunga masuk ke Eropa melalui Persia, seiring penyebaran pengaruh Kerajaan Byzantine dan perluasan Kekaisaran Arab. Catur masuk ke Eropa Selatan pada akhir milenium pertama.

    Terkadang catur juga dibawa oleh pasukan yang menduduki tanah jajahan baru, seperti saat Normandia memasuki wilayah Inggris. Catur semula kurang populer di Eropa Utara –yang tak terbiasa berpikir abstrak— namun perlahan-lahan menjadi populer saat bidak figuratif dikenalkan.

    Nilai sosial menjadi kelebihan permainan ini –pada masa lalu permainan ini dikaitkan dengan kehormatan dan kebudayaan tinggi— sehingga beberapa papan catur dibuat dari bahan istimewa dan berharga mahal. Popularitas catur melemah di masyarakat Barat antara abad 12 sampai 15 M. Saat itu buku catur biasanya ditulis dalam bahasa Latin.

    Pada perkembangannya catur kemudian dihubungkan dengan gaya hidup ksatria Eropa. Peter Alfonsi dalam bukunya Disciplina Clericalis, memasukkan catur ke dalam tujuh keahlian yang harus dimiliki seorang ksatria.

    Simbol-simbol perwira dan ketentaraan mulai masuk dalam catur. Raja Henry I, Raja Henry II dan Raja Richard I dari Inggris merupakan patron catur masa itu. Kerajaan lain yang menaruh perhatian serius pada permainan ini adalah Raja Alfonso X Spanyol dan Raja Ivan IV dari Rusia.

    Saat gereja mengeluarkan larangan terhadap berbagai permainan di masyarakat, catur lolos dari daftar hitam. Santo Peter Damian mengumumkan permainan ini menjauhkan dampak buruk bagi masyarakat. Bishop Florence itu membela permainan ini karena melibatkan keahlian serta "tidak seperti permainan lainnya."

    Pada abad ke 12, buah catur mulai tetap, menjadi raja (king), ratu (queen), gajah/patih (bishops), kuda (knights) dan benteng (rooks). Bidak/pion (pawn) mulai dihubungkan dengan pasukan infantri.

    Perbandingan terminologi catur menurut Sanskrit, Arabic, Latin dan English
    Sanskrit Arabic Latin English

    Raja (King) Shah Rex King
    Mantri (Minister) Firz Regina Queen
    Gajah (war elephant) Al-Phil Episcopus Bishop/Count/Councillor
    Ashva (horse) Fars Miles/Eques Knight
    Ratha (chariot) Rukh Rochus Rook
    Padati Baidaq Pedes Pawn

    Pada abad pertengahan, permainan ini berjalan lama, bahkan ada permainan yang baru selesai setelah diadakan berhari-hari lamanya. Peraturan tentang pembatasan waktu baru mulai diperkenalkan tahun 1.300. Aturan pion/bidak boleh melangkah dua bidak saat pertama kali melangkah juga diperkenalkan.

    Pada tahun 1.475 terjadi evolusi permainan catur. Mulai diperkenalkan konsep langkah Ratu –buah yang paling kuat—serta mulai diperkenalkan konsep promosi pion yang bisa berubah menjadi ratu. Gajah perang dalam chatunga juga berubah istilah menjadi bishop. Dengan demikian skak mat menjadi lebih mudah di permainan ini dan mengurangi secara drastis langkah-langkah yang diperlukan.

    Seorang pemain Italia, Gioacchino Greco, tercatat sebagai pecatur profesional pertama dalam sejarah permainan ini. Ia menulis buku catur dan menampilkan beberapa komposisi permainan serta analisis catur. Karya ini membuat catur menjadi permainan populer serta mulai menunjukkan teori, taktik dan strategi permainan ini.

    Karya pertama yang memuat berbagai variasi dan kombinasi kemenangan ditulis oleh François-André Danican Philidor dari Prancis. Ia menunjukan permainan catur terbaik selama 50 tahun terakhir dan buku itu dipublikasi pada abad 18. Bukunya berjudul L'Analyze des échecs (Analisa Catur), sebuah buku berpengaruh hingga dicetak ulang sampai 100 kali.

    Era Modern
    Kompetisi catur mulai digelar tahun 1.834 dan tahun 1.851 Turnamen Catur London mulai mengenalkan pembatasan waktu bagi setiap pemain.

    Dalam catatan pertandingan seorang pemain terkandang menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk menganalisa satu langkah. Tapi di turnamen catur London seorang pecatur hanya diperbolehkan menghabiskan waktu 2 jam 20 menit untuk mengambil satu langkah.

    Pada perkembangannya, mulai diperkenalkan catur cepat: catur 5 menit. Namun yang populer adalah aturan dua jam bagi setiap pecatur untuk melangkah sebanyak 30 kali. Pada varian akhir, seorang pemain yang gagal memenuhi kewajiban itu akan mendapat penalti.

    Di tahun 1.861 turnamen catur dengan pembatasan waktu mulai dimainkan di Bristol, Inggris. Alat waktu yang digunakan adalah jam pasir.

    Jam catur modern dengan dua tombol lalu ditemukan untuk memudahkan permainan ini. Seorang pemain bisa menghentikan jarum jamnya saat ia selesai melangkah. Jam catur yang dilengkapi tanda –bendera jatuh-- bagi pemain yang melampaui batas waktu sudah mulai dikenal pada akhir abad 19.


    Berita sekilas tentang :
    Gary Kasparov
    Show Gary Kasparov



    Gary Kasparov
    Garry Kasparov lahir dengan nama Gari Weinstein di Azerbaijan dengan orang tua keturunan Armenia-Yahudi. Ia mulai serius mempelajari catur sejak usia dini... Saat usia 12 tahun, ayahnya meninggal, dan sejak saat itu ia mulai ngegunain nama keluarga ibunya... Ibunya, Klara adalah seorang wanita Armenia dengan nama keluarga Kasparian, yang dalam dialek Rusia disebut sebagai "Kasparov".

    Garry Kasparov menjadi terkenal di dunia catur saat menyandang gelar grandmaster termuda di dunia pada jamannya. Debutnya dimulai pada tahun 1984 saat menantang juara dunia saat itu Anatoly Karpov dalam pertandingan catur paling kontroversial sepanjang sejarah...

    Saat mulai bertanding, Kasparov sempat tertinggal 4-0 dalam sebuah turnamen Catur pemenang yang terlebih dahulu mencapai angka 6 dinobatkan sebagai juara. Dalam pertandingan catur, satu kemenangan diberi nilai 1 sementara seri atau remis dan kalah tidak memperoleh nilai.

    Pertandingan Catur Dunia tahun 1984 ini menjadi menarik, karena sekalipun sempat tertinggal, Kasparov berhasil mendekati Karpov setelah melewati tujuh belas kali remis. Beberapa pertandingan selanjutnya, Kasparov memenangi dua pertandingan sehingga kedudukan menjadi 5-3 untuk keunggulan sementara di pihak Karpov. Pertandingan selanjutnya dihentikan oleh ketua FIDE saat itu, Florencio Campomanes dengan alasan stamina kedua pemain telah sangat menurun.


    Bobby Fischer
    Show Bobby Fischer


    Pada usia 13 tahun, Bobby Fischer berhasil mengalahkan master internasional (MI) Donald Byrne. Pertarungan melawan Byrne itu kerap disebut “petarungan abad ini”, karena langkah kemenangan Fischer sangat menakjubkan untuk anak seusia itu. Di Amerika belum ada yang menyamai rekornya: delapan kali menjadi pemenang US Championship. Tragisnya, Fischer bukan termasuk murid pandai di sekolahnya. Bahkan, pada 1959 ia dikeluarkan dari Erasmus Hall High School, Brooklyn.

    Kalangan catur menilai, kekurangannya di sekolah itu bukan berarti ia murid bodoh. Mereka yakin, “kebodohan” itu hanyalah akibat kecerdasannya yang jauh di atas rata-rata, yang kerap membuat Bobby Fischer bosan, atau tak peduli, pada pelajaran sekolah. Ketika itu, ia masih tinggal bersama ibu dan kakak perempuannya di kawasan Brooklyn. Regina, ibunya, kala itu berperan sebagai orang tua tunggal. Gaya hidup perempuan keturunan Yahudi sekuler ini sungguh berlawanan dengan Fischer.

    Tidak ada catur dalam kamus sang ibu. Hanya gaya Bohemian dengan aliran politik kiri dan gerakan sosial yang menarik hatinya. Inilah yang kerap membuat hubungan Bobby Fischer dengan ibunya sangat renggang. Itu pula pasalnya, begitu namanya mulai melesat sebagai pemain catur, Fischer memutuskan hidup berpisah dari sang ibu. Genap tiga tahun setelah keluar dari sekolah, pada 1962, ia mulai hidup sendiri, tinggal di apartemen keluarga. Ibu dan kakak perempuannya boyongan ke tempat lain.

    Sejak saat itulah ia dapat berkonsentrasi penuh pada catur. Tercatat, 14 jam sehari ia berlatih atau membaca buku dan majalah catur. Kala itu, ia mengoleksi tak kurang dari 200 judul buku dan ratusan majalah catur asing yang terserak-serak di lantai apartemennya. Malah, di sisi tiga ranjangnya ada papan catur yang buah-buahnya masih bertahan dalam posisi tertentu. Juga tiga papan tulis yang tergantung yang tergantung di dekat meja caturnya. Unik, memang, Bobby Fischer memiliki tiga ranjang dan selalu tidur berpindah-pindah, mengikuti langkah buah catur yang ia mainkan. :)

    Pada 1962, dalam Candidates Matches di Curacao, Karibia, Bobby Fischer dikalahkan pecatur Uni Soviet berdarah Armenia, Tigran Petrosian. Ia merasa terpukul. Langkahnya untuk segera maju ke kejuaraan dunia kandas. Sebab, pertarungan di Curacao itu merupakan penentuan masuk-tidaknya namanya dalam daftar kandidat peserta kejuaraan dunia. Sejak saat itu, ia menarik diri dari berbagai turnamen internasional selama beberapa tahun. Ia hanya bermain di Amerika Serikat.

    Di kemudian hari, pada 1971, namanya masuk sebagai kandidat, sampai akhirnya ia merebut gelar juara dunia pada 1972 dengan mengalahkan Boris Spassky. Dalam kurun masa absen dari turnamen internasional, kehidupan Bobby Fischer pernah berubah total. Ia sempat jatuh miskin, bahkan tak mampu lagi sekedar membayar tagihan telepon. Ia tinggal berpindah-pindah, menumpang sana-sini, dari satu apartemen ke apartemen lain kawannya.


    Grandmaster termuda
    Show grandmaster termuda


    Agaknya tak banyak yang tahu siapa pecatur asal Filipina yang membuat Grand Master (GM) asal Indonesia, Susanto Megaranto (21), kelimpungan di Japfa Chess Festival, di Gedung Pyramid, Senayan, bulan April lalu.

    Ya, dalam pertandingan enam babak itu, Susanto kalah 2-4 oleh So. Bahkan pada tiga babak pertama Susanto kalah berturut-turut 0-3 oleh GM Wesley So.

    GM Wesley So memang nama baru di dunia catur. Publik Indonesia mungkin lebih mengenal GM Eugenee Torres asal Filipina. Benar, Wesley So baru membuat debut akhir tahun lalu.

    Bocah ajaib kelahiran 9 Oktober 1993 ini memang memperoleh norma GM terakhirnya tanggal 7 Desember 2007. Ini menempatkan nama Wesley So dalam urutan 7 pecatur termuda dunia yang memperoleh gelar GM-nya sebelum ulang tahun ke 15.

    Daftar Pemain Peraih GM Termuda Dunia:
    1. Sergey Karjakin (Ukraina): 12 tahun 7 bulan
    2. Parimarjan Negi (India): 13 tahun 4 bulan 22 hari
    3. Magnus Carlsen (Norwegia): 13 tahun 4 bulan 27 hari
    4. Bu Xiangzhi (China): 13 tahun 10 bulan 13 hari
    5. Teimour Radjabov (Azerbaijan) 14 tahun 14 hari
    6. Ruslan Ponomariov (Ukraina) 14 tahun 17 hari
    7. Wesley So (Filipina): 14 tahun 1 bulan 28 hari
    8. Etienne Bacrot (Prancis): 14 tahun 2 bulan
    9. Maxime Vachier-Lagrave (Prancis): 14 tahun 4 bulan
    10. Péter Lékó (Hungaria): 14 tahun 4 bulan 22 hari
    11. Yuriy Kuzubov (Ukraina): 14 tahun 7 bulan 12 hari
    12. Nguyen Ngoc Truong Son (Vietnam) 14 tahun 10 bulan
    12. Fabiano Caruana (Italia) 14 tahun 11 bulan 10 hari

    Wesley So menancapkan kukunya di percaturan dunia saat mengalahkan 131 pecatur dari 25 negara di Kejuaraan Catur Dubai Terbuka, 5-15 April 2008. Ia menyelesaikan 9 partai dengan poin 7. Setelah itu Wesley juga kemudian meraih juara serupa di turnamen Sheikh Rashed Bin Hamdan Al Maktoum Cup.

    Kebetulan, saat mengikuti dua turnamen itu Wesley tengah menikmati libur musim panas di sekolahnya selama dua bulan. Bagi teman-teman sebanyanya di Filipina, libur musim panas adalah saat bergembira. Anak-anak Filipina biasa menghabiskan waktu libur dengan berenang atau bermain basket.

    Namun tidak demikian bagi GM Wesley So (2.540). Sejumlah jadwal pertandingan sudah menumpuk di depan mata. Tak terkecuali jadwal dwi tarungnya dengan salah satu pecatur terkuat Indonesia, GM Susanto Megaranto (2.561).

    Dalam sebuah wawancara dengan koran lokal di Dubai, Wesley So menyatakan kegembiraannya bisa menyabet gelar GM. Tapi setelah gelar itu tercapai, Wesley kini memiliki satu tujuan baru: meraih gelar Super-GM.

    Berikut tiga babak dwi tarung pertama antara GM Wesley So dan GM Susanto Megaranto di Japfa Chess 2008.

    Ini ada notasi pertandingan Wesley S Vs Susanto Magaronto :

    Wesley So (2540) – Susanto Megaranto (2561)
    JAPFA Chess Festival 2008 Match Game 1 Jakarta, Indonesia (1), tanggal 17.04.2008
    1.e4 c6 2.d4 d5 3.Nc3 dxe4 4.Nxe4 Bf5 5.Ng3 Bg6 6.h4 h6 7.Nf3 Nd7 8.h5 Bh7 9.Bd3 Bxd3 10.Qxd3 e6 11.Bf4 Qa5+ 12.Bd2 Qc7 13.0-0-0 Ngf6 14.Ne4 0-0-0 15.g3 Nxe4 16.Qxe4 Nf6 17.Qe2 Bd6 18.c4 c5 19.Bc3 cxd4 20.Nxd4 a6 21.Kb1 Rd7 22.Rc1 Qc5 23.Nb3 Qf5+ 24.Rc2 Bc7 25.Bxf6 gxf6 26.c5 Rd5 27.c6 b5 28.Qe3 Kd8 29.Qa7 Re8 30.Nc5 a5 31.Na6 Qe5 32.Rhc1 Qd6 33.Qa8+ Ke7 34.Qb7 Kd8 35.Rc5 Rxc5 36.Rxc5 f5 37.Rc2 Rg8 38.Nxc7 1-0.

    Susanto Megaranto (2561) – Wesley So (2540)
    JAPFA Chess Festival 2008 Match Game 2 Jakarta, Indonesia (2), tanggal 18.04.2008
    1.e4 c5 2.Nf3 Nc6 3.Bb5 e6 4.0-0 Nge7 5.Re1 Nd4 6.Nxd4 cxd4 7.d3 a6 8.Ba4 Nc6 9.Bf4 Be7 10.Nd2 0-0 11.Bxc6 bxc6 12.e5 c5 13.Qg4 Kh8 14.Ne4 Bb7 15.Qh5 Qb6 16.b3 f6 17.f3 Bd5 18.exf6 gxf6 19.Ng3 Rg8 20.Nf5 Bf8 21.Qf7 Qd8 22.Kh1 Bc6 23.Ng3 Rg6 24.Ne4 e5 25.Bg3 Qe7 26.Qxe7 Bxe7 27.Bh4 Rag8 28.g4 Kg7 29.Bg3 Kf7 30.Rg1 R6g7 31.Raf1 d6 32.Rf2 h5 33.Kg2 hxg4 34.fxg4 Rxg4 35.Kf3 f5 36.Ke2 Ke6 0-1.

    Wesley So (2540) – Susanto Megaranto (2561)
    JAPFA Chess Festival 2008 Match Game 3 Jakarta, Indonisia (3), tanggal 18.04.2008
    1.e4 d5 2.exd5 Qxd5 3.Nc3 Qa5 4.d4 c6 5.Nf3 Nf6 6.Bc4 Bf5 7.Bd2 e6 8.Nd5 Qd8 9.Nxf6+ gxf6 10.c3 Nd7 11.Nh4 Bg6 12.Qf3 Qc7 13.0-0 Bd6 14.g3 0-0-0 15.a4 f5 16.a5 a6 17.Rfe1 Nf6 18.Bg5 Be7 19.Ng2 Ne4 20.Bxe7 Qxe7 21.Nf4 e5 22.dxe5 Rd2 23.Re2 Rhd8 24.h4 h5 25.e6 Rxe2 26.Bxe2 Qf6 27.exf7 Bxf7 28.Qe3 Re8 29.Qa7 Rg8 30.Kh2 Rd8 31.Bd3 Nd2 32.Rd1 Ne4 33.Re1 Bd5 34.Re2 Qf7 35.f3 Nd6 36.Nxd5 Qxd5 37.Qe3 Qxa5 38.Qe5 Qxe5 39.Rxe5 b5 40.b4 Rf8 41.Re7 Rh8 42.Kg2 Rh6 43.Kf2 Kd8 44.Ra7 Kc8 45.Ke3 Re6+ 46.Kf4 Re1 47.Rxa6 Kb7 48.Ra2 Kb6 49.Rc2 c5 50.Bxf5 c4 51.Bg6 Kc6 52.Bxh5 Nc8 53.Bg6 Kd6 54.h5 Ne7 55.Be4 Rh1 56.g4 Ke6 57.Kg5 1-0.


    Magnus Carlssen, sang pembabat Super Grand Master
    Show magnus carlssen
    Usianya baru 17 tahun. Tapi Magnus Carlsen terus memukau sebagai bintang baru di dunia catur.


    Pada bulan Januari ia menempati peringkat pertama Corus Chess Tournament di Belanda. Dan sekarang di kejuaraan super grand master (GM) Morelia-Linares Chess Tournament 28 Februari-7 Maret 2008, Carlson menduduki peringkat dua.

    Tempat pertama masih diduduki juara dunia catur dari India, Viswanathan Anand. Anand memimpin setelah 15 babak dengan 8,5 poin. Namun Magnus Carlsen dari Norwegia berhasil mengalahkan super GM Vaslin Topalov dari Bulgaria kemarin, sehingga memperoleh 8 poin atau cuma selisih 0,5 poin dari sang juara dunia.

    Selasa (4/1/2008) waktu setempat kemarin, Anand hanya bisa bermain draw dengan Peter Leko dari Hungaria. Ini merupakan draw keempat Anand. Hal ini menunjukkan Anand berusaha memenangkan turnamen ini secara aman dan tanpa beresiko. Fakta itu tak mengejutkan. Sebab jika ia memenangkan turnamen ini, sebuah turnamen paling bergensi tahun ini, langkahnya akan lebih ringan bulan Oktober depan saat bertanding mempertahankan gelar juara dunianya melawan Vladimir Kramnik.

    Namun demikian Carlsen tak membuat tujuan Anand kali ini lebih mudah. Sudah dua kali Carlsen menempel pimpinan turnamen dengan selisih 0,5 poin. Kemenangan atas Topalov itu merupakan kemenangan Carlsen kedua di turnamen ini.

    Carlsen sedikit “beruntung” saat mengalahkan Topalov. Ia menang mudah setelah Toplaov melakukan blunder sehingga rajanya terjebak dalam sebuah perangkap skak mat yang mudah. Namun hal ini juga memperlihatkan mental pecatur belia ini semakin kuat dalam turnamen perang urat syaraf ini. Untuk kedua kalinya di turnamen ini, Carlsen dapat bangkit dan memenangkan partai setelah kalah sebelumnya. Di babak ke-7 ia juga mengalahkan Levon Arovian dari Armenia setelah dikalahkan Teimour Radjabov dari Azerbaijan di babak ke 6.

    Melalui prestasinya kali ini, Magnus Carlsen sekarang sudah terlihat sebagai pecatur ancaman bagi para super GM dunia manapun, tak terkecuali Anand. Dengan hasil turnamen ini dan gelar juara di Corus awal tahun ini, Carlsen akan menempati urutan lima besar pecatur top dunia.

    Berikut ini momen saat Carlsen mengalahkan Topalov.

    (Keterangan notasi K: King: raja, Q: Queen: ratu, N: Knights: kuda, B: Bishop: patih/gajah, R: Rooks: benteng, p: pawn: pion)

    Putih: Magnus Carlsen (2733) – Hitam: V. Topalov, (2780)
    XXV SuperGM Morelia/Linares MEX/ESP (babak ke 12), 4 Maret 2008

    1.c4 e5 2.Nc3 Nf6 3.Nf3 Nc6 4.d3 d5 5.cxd5 Nxd5 6.e4 Nb6 7.Be2 Be7 8.0-0 0-0 9.a4 Be6 10.Be3 Nd7 11.d4 exd4 12.Nxd4 Nxd4 13.Qxd4 c6 14.a5 Nc5 15.Qe5 Nb3 16.Ra4 Bd6 17.Qh5 g6 18.Qh6 Be5 19.Bg5 Qc7 20.Be3 Nxa5 21.f4 Bg7 22.Qh4 Bb3 23.Rd4 Rad8 24.e5 Rxd4 25.Bxd4 c5 26.Be3 f6 27.Nb5 Qd8 28.f5 fxe5 29.Bg5 Qb6

    Putih memiliki dua bidak yang berada di jantung pertahanan lawan. Magnus Carlsen meneruskan serangannya: 30.f6 c4+ 31.Kh1 Qxb5 32.fxg7 Rxf1+ 33.Bxf1

    Hitam semestinya melakukan konsolidasi posisi melalui 33…Qd7 or …Qe8 (or …Qd5). Tapi Topalov dapat memperoleh bidak ketiganya: 33…Kxg7?! 34.Bd8 Nc6?? Luar biasa, langkah ini mengarah pada skak mat. mengancam 38.Bh6#, maka 37…Kg7 38.Qf6+ Kg8 39.Bh6 Disusul 40.Qg7 mati. 1-0.


    Apa sih Elo Rating??
    Show Elo Rating

    1) Peringkat FIDE adalah peringkat nilai elo rating pemain catur perorangan

    2) Nilai Elo rating FIDE berdasar seluruh pertandingan yang dimainkan seumur hidupnya.
    Peringkat FIDE direvisi setiap 6 bulan, nilai elo rating pemain catur akan naik atau turun tergantung pada (a) Elo rating 6 bulan lalu dan (b)Hasil pertandingan 6 bulan terakhir.

    3) Setiap akan bertanding, maka pemain catur mempunyai resiko apakah elo ratingnya akan naik, tetap atau turun.
    Tiga kemungkinan itu adalah (a)Elo rating BERTAMBAH, bila menang. Bertambahnya elo rating akan semakin besar bila menang melawan pemain yang elo ratingnya jauh lebih besar.(b) Elo rating TETAP, bila draw menghadapi pemain yg elo ratingnya sama dan (c)Elo rating BERKURANG bila kalah bertanding. Berkurangnya elo rating akan semakin besar bila kalah melawan pemain yang elo ratingnya jauh lebih kecil.

    4) Ini perhitungan Elo RAting yg cukup rumit kyk rumus fisika bin matematik neh)

    Rumus nilai Elo rating pemain catur = Ea + delta E

    dengan Ea = elo rating pemain 6 bulan lalu; Tp untuk pemain yang baru masuk daftar rating, Elo rating awal dihitung berdasar rumus Eo = 25 x (Pr x N) dan delta E = tambahan atau pengurangan elo rating berdasar hasil pertandingan 6 bulan terakhir, dihitung berdasar rumus = K x N x (P - Pr).

    konstanta lainnya :
    K = 25 untuk pemain yg baru masuk daftar rating kurang dari 3 tahun; K=15 bila telah masuk daftar elo rating lebih dari 3 tahun dan elo ratingnya kurang 2400; K=10 bila elo ratingnya lebih 2400
    N = jumlah main selama suatu turnamen...
    P = persentase point yang didapat dalam turnamen (point yg didapat dibagi N; setiap menang point dihitung 1, draw = 0.5 dan kalah = 0)
    Pr = point referensi yang harus didapat, agar elo rating pemain setelah bertanding adalah tetap. Pr tergantung selisih antara elo rating pemain tersebut dengan elo rating rata-rata lawan yg dihadapi dalam turnamen. Kalo mo nyari nilai yg satu ini perlu tabel khusus yg di buat oleh Professor Elo...heheiss:... (saya juga ga tau tabel yg aslinya coz rahasia perusahaan kali ye??)

    Ni contoh perhitungannya :
    Contoh perhitungan

    X adalah seorang pemain catur yang pada 1 Januari 2008 memiliki elo rating 2625

    Antara 1 januari 2008 s/d 30 Juni 2008 hanya ikut dalam satu turnamen. Main 10 kali : menang 5 kali , draw 4 kali dan kalah 1 kali. Elo rating rata-rata lawan = 2553.

    Maka P = jumlah point yang diraih dalam turnamen dibagi jumlah kali main = (5 x1 + 4 x 0.5 + 1 x 0)/10 = 0.7

    Dilihat dari tabel yg dibuat oleh Prof ELO: untuk selisih elo rating sendiri dengan elo rating rata-rata lawan = 2625 - 2553 = + 72 menghasilkan Pr = 0,6 (ini nilai hasil tabel yg jadi bumbu rahasia...iss:)

    Maka delta E = 10 x (0.7 -0.6) x 10 = + 10

    Maka elo rating pada 1 Juli 2008 = 2625 + 10 = 2635 (peringkat 48 dunia saat itu)

    Pusing juga, ya?? mainnya pusing... perhitungannya pun ikut pusing...
    Yaaaah ini kan bagian dr juri, kita mah sekedar tau doang...



    yup cukup sekian sekilas beritanya tentang catur... selengkapnya (kalo ada yg lebih master)... tolong dibahas aja dan saling berbagi ilmunya...iss:iss:
    Last edited by tyann; 19-09-2009 at 06:44 PM.

  2. #2

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    Ujung Dunia...
    Posts
    876
    Thank(s)
    0/287
    Rep Power
    5

    Default

    Bro bro sekalian juga bebas ngobrolin tentang semua hal yg berkaitan dg catur...
    ga hanya taktik ato cara main... berita berita populer tentang tokoh, pengalaman ato serba serbi lainnya..
    Last edited by tyann; 18-09-2009 at 08:45 AM.

  3. #3

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    Ujung Dunia...
    Posts
    876
    Thank(s)
    0/287
    Rep Power
    5

    Default

    catur adalah game yg bisa mengembangkan pola berfikir kita dan meningkatkan nalar serta kreatifitas kita...mungkin klo ada yang mo nge catur secara OL....

    bro bro sekalian bisa masuk ke (yg paling populer) :
    di
    Show link OL catur
    http://games.yahoo.com/


    ato ga masuk ke situs ini :

    Show OL catur 2
    http://chesscube.com/
    Last edited by tyann; 18-09-2009 at 12:57 PM.

  4. #4

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    Ujung Dunia...
    Posts
    876
    Thank(s)
    2/287
    Rep Power
    5

    Default

    Nih, ada contoh taktik catur yg bisa diterapkan dari para master dunia:

    Kasparov lawan Miles (1986)

    Show contoh 1


    Kasparov lawan Radjabov

    Show contoh 2



    Kasparov lawan Viswanathan Anand

    Show contoh 3
    [youtube]<object width="425" height="344"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/jsKez8_jRi8&hl=en&fs=1&"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowscriptaccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/jsKez8_jRi8&hl=en&fs=1&" type="application/x-shockwave-flash" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true" width="425" height="344"></embed></object>[/youtube]


    Kasparov lawan Karpov (1985)

    Show contoh 5
    [youtube]<object width="425" height="344"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/8a9gVFXieT0&hl=en&fs=1&"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowscriptaccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/8a9gVFXieT0&hl=en&fs=1&" type="application/x-shockwave-flash" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true" width="425" height="344"></embed></object>[/youtube]
    Last edited by tyann; 15-06-2010 at 11:21 PM.
    If you re a Yu-Gi-Oh Duelist, please feel free to Join Our Forum..... An Academy Forum Specially for us as a Duelist in this link :
    ADVANCED FRIENDSHIP DUEL ACADEMY

  5. Who Said Thanks:


  6. #5

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Nomaden
    Posts
    706
    Thank(s)
    1/31
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    6

    Default

    Saia sering kalah kalo maen catur dipelajari dulu kk

  7. Who Said Thanks:


  8. #6

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    Ujung Dunia...
    Posts
    876
    Thank(s)
    0/287
    Rep Power
    5

    Default

    @Kazzel
    Yup...!! Disini forum edukasi.. blajar adalah prioritas utama..
    jiaaah.. mang nya kmu ajah... sy apalagi, kalah molo...makannya mo nyari master 2 yg mungkin bs ngajarin kita...iss:..
    If you re a Yu-Gi-Oh Duelist, please feel free to Join Our Forum..... An Academy Forum Specially for us as a Duelist in this link :
    ADVANCED FRIENDSHIP DUEL ACADEMY

  9. #7

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Vault 87
    Posts
    760
    Thank(s)
    0/8,488
    Rep Power
    6

    Default

    gw dari dulu,ga tau cara maennya,dgn baca ini moga2 jd ngertiiss:

  10. #8

    Join Date
    Aug 2008
    Location
    gajah tenggara
    Posts
    1,568
    Thank(s)
    0/277
    Rep Power
    7

    Default

    ajarin pembukaan2 dong
    kyk gambit, brankas, vian ceto, dll

  11. #9

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    Ujung Dunia...
    Posts
    876
    Thank(s)
    1/287
    Rep Power
    5

    Default

    @cahyo
    sori, kalo gambit gw ngerti... cuman dua lainnya ga tau...
    gambit bukannya cara pembukaan awal (opening) yg dilakukan oleh pemegang putih...?
    banyak sih gambit gambit kelas dunia yg sering di gunain, kyk Ruy lopez, Dannis Gambit, dsb...Gambit 2 yg dilakukan tuh biasanya pengaruh bgt ama perkembangan permainan selanjutnya...Makanya kalo kt lg megang putih, kt harus bs mimpin serangan dg pemilihan gambit terbaik...
    Ni gw kasi contoh gambit (video):

    Ruy Lopez opening :
    Show Ruy Lopez
    [youtube]<object width="425" height="344"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/41rPFNY_CAY&hl=en&fs=1&"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowscriptaccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/41rPFNY_CAY&hl=en&fs=1&" type="application/x-shockwave-flash" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true" width="425" height="344"></embed></object>[/youtube]



    queen's Gambit opening : (cara ini sring dilakukan oleh para GM di dunia)
    Show queens gambit
    [youtube]<object width="425" height="344"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/HdHWAuQRG7E&hl=en&fs=1&"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowscriptaccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/HdHWAuQRG7E&hl=en&fs=1&" type="application/x-shockwave-flash" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true" width="425" height="344"></embed></object>[/youtube]


    Hallowen gambit : (bahaya...khusus bagi yg bener 2 master)
    Show hallowen gambit
    [youtube]<object width="425" height="344"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/roz1YeJjvUY&hl=en&fs=1&"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowscriptaccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/roz1YeJjvUY&hl=en&fs=1&" type="application/x-shockwave-flash" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true" width="425" height="344"></embed></object>[/youtube]


    Dannis Gambit : (cara ini tergolong nekad, karna banyak ngorbanin bidak di awal permainan)
    Show Dannis Gambit
    [youtube]<object width="425" height="344"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/O1uZKg5tP_c&hl=en&fs=1&"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowscriptaccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/O1uZKg5tP_c&hl=en&fs=1&" type="application/x-shockwave-flash" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true" width="425" height="344"></embed></object>[/youtube]


    King's Gambit : (beresiko pertahanan raja terbuka)
    Show kings gambit
    [youtube]<object width="425" height="344"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/n5ImJ2row6E&hl=en&fs=1&"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowscriptaccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/n5ImJ2row6E&hl=en&fs=1&" type="application/x-shockwave-flash" allowscriptaccess="always" allowfullscreen="true" width="425" height="344"></embed></object>[/youtube]


    dan masi banyak lg model pembukaan lainnya... tp ya itu terserah sih. (maksudnya mo buka pake cara yg lain, hehe)..Cuman gambit 2 di atas tuh yg sering digunainama para atlet pro dunia...iss:
    Last edited by tyann; 20-09-2009 at 06:37 PM.
    If you re a Yu-Gi-Oh Duelist, please feel free to Join Our Forum..... An Academy Forum Specially for us as a Duelist in this link :
    ADVANCED FRIENDSHIP DUEL ACADEMY

  12. Who Said Thanks:


  13. #10

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Graveyard_Squad
    Posts
    613
    Thank(s)
    0/2,657
    Rep Power
    6

    Default

    wah ada juga treet catur yak
    sumpah seumur2 w klo maen catur ga prnh menangentanh kenapa juga w bingungpdahal w ngerti cara maennya
    apa rn w maen ga pke tik-tak ya

    ----------------------
    btw gan kok gambarnya ga keliatan ya,yg di spoiler,cuma putih aja.
    knp ya?apa kompi w doang?

Page 1 of 8 12345 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia