Page 1 of 10 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 97

Thread: Keunikan negara Jepang
http://idws.in/44135

  1. #1

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Central Borneo
    Posts
    4,624
    Thank(s)
    6/27,080
    Blog Entries
    43
    Rep Power
    10

    Thumbs up Keunikan negara Jepang

    Show
    1. Di Jepang, angka “4″ dan “9″ tidak disukai, sehingga sering tidak ada nomer kamar “4″ dan “9″. “4″ dibaca “shi” yang sama bunyinya dengan yang berarti “mati”, sedang “9″ dibaca “ku”, yang sama bunyinya dengan yang berarti “kurushii / sengsara.

    2. Orang Jepang menyukai angka “8″. Harga-harga barang kebanyakan berakhiran “8″. Susu misalnya 198 yen. Tapi karena aturan sekarang ini mengharuskan harga barang yang dicantumkan sudah harus memasukkan pajak, jadi mungkin kebiasaan ini akan hilang. (Pasar = Yaoya = tulisan kanjinya berbunyi happyaku-ya atau toko 800).

    3. Kalau musim panas, drama di TV seringkali menampilkan hal-hal yang seram (hantu).

    4. Cara baca tulisan Jepang ada dua style : yang sama dengan buku berhuruf Roman alphabet huruf dibaca dari atas ke bawah, dan yang kedua adalah dari kolom paling kanan ke arah kiri. Sehingga bagian depan dan belakang buku berlawanan dengan buku Roman alphabet (halaman muka berada di “bagian belakang”).

    5. Tanda tangan di Jepang hampir tidak pernah berlaku untuk keperluan formal, melainkan harus memakai hanko/inkan/ cap. Jenis hanko di Jepang ada beberapa, a.l. jitsu-in, ginko-in, dan mitome-in. Jadi satu orang kadang memiliki beberapa jenis inkan, untuk berbagai keperluan. Jitsu-in adalah inkan yang dipakai untuk keperluan yang sangat penting, seperti beli rumah, beli mobil, untuk jadi guarantor, dsb. jenis ini diregisterkan ke shiyakusho. Ginko-in adalah jenis inkan yang dipakai untuk khusus membuat account di bank. inkan ini diregisterkan ke bank. Mitome-in dipakai untuk keperluan sehari-hari, dan tidak diregisterkan.

    6. Kalau kita membubuhkan tanda tangan, kadang akan ditanya orang Jepang: ini bacanya bagaimana ? Kalau di Jepang saat diperlukan tanda tangan (misalnya di paspor, dsb.) umumnya menuliskan nama mereka dalam huruf Kanji, sehingga bisa terbaca dengan jelas. Sedangkan kita biasanya membuat singkatan atau coretan sedemikian hingga tidak bisa ditiru/dibaca oleh orang lain.

    7. Acara TV di Jepang didominasi oleh masak memasak.

    8. Fotocopy di Jepang self-service, sedangkan di Indonesia di-service.

    9. Jika naik taxi di Jepang, pintu dibuka dan ditutup oleh supir. Penumpang dilarang membuka dan menutupnya sendiri.

    10. Pernah nggak melihat cara orang Jepang menghitung “satu”, “dua”, “tiga”.... dengan jari tangannya ? Kalau agan-agan perhatiin, ada perbedaan dengan kebiasaan orang Indonesia. Orang Indonesia umumnya mulai dari tangan dikepal dan saat menghitung “satu”, jari kelingking ditegakkan. Menghitung “dua”, jari manis ditegakkan, dst. Kalau orang Jepang, setahu saya, kebalikannya. Mereka selalu mulai dari telapak tangan terbuka, dan cara menghitungnya kebalikan orang Indonesia. Saat bilang “satu”, maka jarinya akan ditekuk/ditutupkan ke telapak tangan. Kalo nggak percaya, coba deh… jikken dengan teman Jepang anda.

    11. Sepeda tidak boleh dipakai boncengan, kecuali yang memboncengkannya berusia lebih dari 16 tahun dan anak yang diboncengkan berusia kurang dari satu tahun dan hanya seorang saja yang diboncengkan. Bila dilanggar, dendanya maksimal 20 ribu yen.

    12. Kalo naik eskalator di Tokyo, kita harus berdiri di sebelah kiri, karena sebelah kanan adalah untuk orang yang terburu-buru. Jangan sekali-kali berdiri di kanan kalo kita ga langsung naik.

    13. Pacaran di Jepang sungguh hemat, traktir2an bukan budaya pacaran Jepang. Jadi selama belum jadi suami-istri, siapin duit buat bayar sendiri-sendiri.

    14. Nganter jemput pacar juga bukan budaya orang Jepang. Kalo mau ketemuan, ya ketemuan di stasiun.

    15. Jangan pernah sekali-kali bilang ke orang jepang : “Gue maen ke rumah lu ya”. Karena itu dianggap ga sopan. Ke rumahnya cuma kalo udah diijinin.

    16. “Aishiteru” yang berarti aku cinta kamu, jarang dipake sama orang pacaran, kecuali kalo mereka bener-bener udah mau nikah. Biasanya mereka make “Daisuke desu” buat ngungkapin kalo mereka sayang sama pacarnya.

    17. Sebelum bepergian, biasanya orang Jepang selalu ngecek ramalan cuaca. Dan 90% ramalan cuaca itu akurat. Itu sebabnya kalo ada orang bawa payung, pasti kita bakal liat orang yang lainnya lagi bawa payung juga. Dan perempatan Shibuya adalah tempat yang paling menarik ketika hujan, karena dari atas kita akan melihat lautan payung yang berwarna-warni.

    18. Bunga sakura adalah bunga yang spesial di Jepang, karena bunganya hanya tumbuh 2 minggu selama setahun. Ketika tumbuh, bunganya memenuhi seluruh pohon, tanpa daun. Setelah 2 minggu, ga ada satupun bunga sakura, yang ada hanyalah daun-daun hijau, tanpa bunga, dan jadi ga menarik lagi.

    19. Di Indonesia, kita bakal dapet duit kalo kita ngejual barang bekas kita ke toko jual-beli. Tapi di Jepang, kita malah harus bayar kalo mau naro barang kita di toko jual-beli. Itulah sebabnya kenapa orang Jepang lebih milih ninggalin TV bekas mereka gitu aja kalo mo pindah apartemen.

    20. Di perempatan jalan Kyoto, perempatan jalan yang kecil, ga ada mobil sama sekali, tapi ada lampu merah, pejalan kaki selalu berhenti ketika lampu tanda pejalan kaki menunjukkan warna merah. Mereka santai aja, baca koran, ngobrol, ngerokok, dan kemudian jalan lagi ketika lampu sudah hijau. Padahal ga ada mobil yang lewat satupun. Mungkin kalo mereka ngelanggar peraturan juga ga akan celaka.

    21. Mereka ga percaya Tuhan (mayoritas atheis), tapi mereka bisa disiplin dan taat sama peraturan. Mungkin karena itu negara mereka maju. Entahlah...

    Code:
    http://akudansekitar.blogspot.com/2009/09/keunikan-negara-jepang.html
    http://www.indowebster.web.id/signaturepics/sigpic13456_59.gif
    ‎"Nobody's Perfect"... artinya gak ada body yang sempurna

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    May 2009
    Location
    Lembongan
    Posts
    66
    Thank(s)
    0/25
    Rep Power
    0

    Default

    beda banget ma kita

    pantesan aja public servicenya bagus, orang2nya taat aturan semua.
    kpan ya kita bisa kyak gitu???

  4. #3

    Join Date
    Aug 2009
    Location
    indonesia
    Posts
    52
    Thank(s)
    0/4
    Rep Power
    0

    Default

    Di deket rumah gw, ada restoran seafood 94. Artinya seafood sengsara smp mampus dong kalo di jepang :D
    Tapi rame aja tuh restorannya.

    Untuk nomor 2, orang cina juga menganggap 8 itu nomor keberuntungan.

  5. #4

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Ice Sanctuary
    Posts
    998
    Thank(s)
    0/806
    Rep Power
    6

    Default

    kyknya repost deh

    anyway emang jepang disiplinnya tinggi kok..yah tahu diri lah istilahnya..
    kalo ketahuan korup bakal ngundurin diri tanpa diminta...lah kalo di indo?
    Jika kamu merasa paling benar maka kebenaran pun akan terlihat salah dimatamu. Everything always have its own scientific reason.

  6. #5

    Join Date
    Feb 2009
    Location
    kota kuda
    Posts
    197
    Thank(s)
    0/122
    Rep Power
    0

    Default

    kerenn..

    cuman yg terakhir rada aneh aja prasaan...hahha
    itu jalan yg ada lampu merahnya tp ga ada mobilnya..di jaga polisi ga???
    kalo nggak...hebat benerrr

  7. #6

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    depok
    Posts
    169
    Thank(s)
    0/7
    Rep Power
    0

    Default

    bedanya negara maju ama negara berkembang ga maju2
    atheis tapi cinta ama negaranya sendiri..
    beda banget rasanya

  8. #7

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    195
    Thank(s)
    0/4,412
    Rep Power
    0

    Default

    mudah2an kita bisa meneladani apa2 yang membuat Jepang maju, terutama soal disiplinnya. Asli, gw kesel banget ngeliat orang seenak udelnya aja akhir-akhir ini.
    Rabu kemaren naik pesawat, molor. Eh, Rabu kemaren, cuma nonton bioskop doang, molor ampe 15 menit.

  9. #8

    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Seireitei
    Posts
    503
    Thank(s)
    0/26
    Rep Power
    6

    Default

    oh? emank atheis ya?

    bukannya mereka menganut kepercayaan shinto sama buddha?

    tapi mau gimanapun juga, tertibnya itu emank harus ditiru!!

  10. #9

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Nomaden
    Posts
    706
    Thank(s)
    0/31
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    6

    Default

    Dejavu ni
    Intinya mereka punya budaya malu

  11. #10

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    classified info
    Posts
    3,368
    Thank(s)
    0/13,702
    Blog Entries
    100
    Rep Power
    15

    Default

    yang no 10. temen gw yg d jepang ada tuh yang dari kepal tangan dulu
    yang no 11. di Dorama suka banyak pasangan naik sepeda.. gmn tu..
    아 정말 한국 사람들은 씨발깥은새끼.





Page 1 of 10 12345 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia