Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 37

Thread: Guan Yu
http://idws.in/50840

  1. #1

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    PilangBango
    Posts
    346
    Thank(s)
    0/71
    Rep Power
    0

    Post Guan Yu

    Show




    Nama Lengkap: Guan Yunchang
    Lahir: A.D. 162
    Meninggal: A.D. 219
    Anak: Guan Ping (anak angkat, A.D. 182), Guan Xing (A.D. 193), Guan Suo (A.D. 194)
    Cucu: Guan Tong (anak dari Guan Xing, A.D. 224), Guan Yi (anak dari Guan Xing, A.D. 226)

    Ketua dari Lima Harimau Kerajaan Shu. Memiliki kesamaan dalam pandangan dan keinginan memulihkan keadaan, Guan Yu mengangkat saudara dengan Liu Bei dan Zhang Fei. Liu Bei sebagai saudara tertua, Guan Yu saudara nomor dua, sedangkan Zhang Fei menjadi saudara termuda.

    Selama masa Pemberontakan Selendang Kuning, Guan Yu bersama-sama Liu Bei dan Zhang Fei saling bahu membahu.

    Kemudian pada saat Liu Bei memerintah di Xuzhou, Cao Cao melancarkan serangan dan Liu Bei beserta Zhang Fei memimpin pasukan untuk melancarkan serangan tiba-tiba namun tidak berhasil. Guan Yu yang mempertahankan kota berusaha untuk menyelamatkan kedua saudaranya karena dia sangat risau dan tidak mendapat kabar berita.

    Guan Yu masuk dalam jebakan Cao Cao dengan meninggalkan kota, sehingga kota dapat dengan mudah dikuasai ketika Guan Yu tidak ada. Dengan istri Liu Bei yang masih berada di kota ketika kota jatuh ke tangan Cao Cao, Guan Yu merasa telah mengecewakan saudaranya dan ingin melakukan bunuh diri, namun berhasil dibujuk oleh Zhang Liao, salah seorang jenderal Cao Cao. Untuk menyelamatkan istri Liu Bei, Guan Yu bersedia menyerah kepada Cao Cao sementara waktu sampai dia mendapat kabar tentang Liu Bei.

    Sejak dikalahkan oleh Cao Cao, Liu Bei berlindung dibawah Yuan Shao dan akhirnya berhasil membujuk Yuan Shao untuk menyerang Cao Cao. Meskipun memiliki jumlah pasukan yang tidak seimbang, Cao Cao tetap memimpin tentara untuk menghadapi Yuan Shao.

    Meskipun pada awalnya Cao Cao tidak memberikan ijin kepada Guan Yu untuk maju bertempur, karena takut Guan Yu akan meninggalkan dirinya setelah memberikan kemenangan. Akhirnya Guan Yu diijinkan maju bertempur dan berhasil membunuh dua jenderal andalan Yuan Shao, Yan Liang dan Wen Chou.

    Bersama dengan kemenangan yang diraih dan pengembalian hadiah yang telah diberikan Cao Cao, Guan Yu setelah mendapat kabar tentang Liu Bei memulai perjalanan panjang untuk mengawal istri Liu Bei agar dapat bersatu kembali dengan Liu Bei. Dalam perjalanan ini, Guan Yu membunuh beberapa jenderal Cao Cao yang menghalangi dirinya meneruskan perjalanan.

    Pada masa pertempuran di Chibi, Zhuge Liang menugaskan Guan Yu menangkap Cao Cao pada saat melarikan diri. Adalah hal yang sangat mudah untuk menangkap Cao Cao, namun Guan Yu teringat akan perlakuan baik Cao Cao yang didapatnya pada saat dirinya dibawah Cao Cao, sehingga mengijinkan Cao Cao pergi. Malu terhadap dirinya, ketika pulang ke markas dia ingin bunuh diri, namun diberikan satu kesempatan untuk menebus kesalahan dengan menguasai Xiangyang.

    Zhuge Liang dan Liu Bei mempercayakan Jingzhou kepada Guan Yu ketika mereka pergi untuk menguasai Xichuan. Dengan Cao Cao yang berada di utara dan Sun Quan di timur, mempertahankan Jingzhou bukanlah hal yang mudah. Meskipun Guan Yu berhasil menghalau serangan Cao Cao, Jingzhou jatuh ke tangan Sun Quan ketika Guan Yu maju bertempur melawan Cao Cao.

    Dipaksa oleh pasukan yang tercerai berai dan luka yang dialami, Guan Yu dan anaknya, Guan Ping, bersama tentara yang setia melarikan diri ke Maicheng. Bala bantuan dari Chengdu mengambil waktu yang lama dan membuat Guan Yu tidak sabar. Bersama Guan Ping, Guan Yu berusaha menerobos kepungan musuh untuk kembali ke Chengdu. Mereka berdua tertangkap oleh serangan tiba-tiba sesaat setelah meninggalkan Maicheng. Guan Yu menolak untuk menyerah sehingga dia bersama anaknya dihukum mati.


    Show versi sejarah Raestloz

    Quote Originally Posted by Raestloz View Post
    Ini semua referensi dari novel

    lha kenyataan berbicara agak berbeda...

    Pertama: Wen Chou tidak diketahui siapa yang membunuh. Catatan sejarah menyebutkan Yan Liang memang dibunuh Guan Yu, tapi Wen Chou hanya disebutkan tewas tanpa dikatakan siapa yang membunuhnya

    kedua: Guan Yu, Zhang Fei, dan Liu Bei tidak pernah bersumpah menjadi saudara. Yang disebutkan dalam catatan sejarah adalah hubungan ketiga orang itu "sedekat kakak beradik"

    ketiga: dalam pertempuran di provinsi Xu dikatakan Guan Yu dipancing keluar kota. Kenyataannya Guan Yu kalah dalam pertempuran dan memilih untuk melayani Cao Cao untuk sementara

    keempat: diceritakan Guan Yu melewati 5 dataran dan menghabisi 6 jendral Cao Cao dalam upayanya bertemu Liu Bei. Catatan geografis sejarah menunjukkan kelima dataran itu letaknya saling berjauhan, dan keenam jendral tersebut: Kong Xiu, Meng Tan, Han Fu, Bian Xi, Wang Zhi dan Qin Qi tidak disebut-sebut dalam catatan sejarah

    kelima: dikatakan Guan Yu ditugaskan untuk menangkap Cao Cao saat mereka mundur dari pertempuran di Chi Bi, namun Guan Yu yang teringat budi Cao Cao melepaskannya. Ini adalah buatan pengarang semata, tapi Liu Bei memang mengirimkan pasukan untuk mengejar Cao Cao, tapi mereka terlambat dan Cao Cao sudah lari terlebih dahulu.

    keenam: diceritakan pengkhianatan dari Wu dan serangan dari Wei menyebabkan Guan Yu harus melarikan diri dari Provinsi Jing, dan akhirnya terkepung ke Maicheng, dimana dia menolak menyerah dan akhirnya tertangkap. Catatan sejarah tidak menyebutkan bahwa Guan Yu menolak menyerah, bahkan ada indikasi Guan Yu mencoba menghentikan gempuran dengan berpura-pura menyerah.
    Akan tetapi, saat tertangkap oleh Ma Zhong, Guan Yu memang menolak menyerah dan dihukum pancung
    Last edited by Lyco; 29-10-2009 at 07:36 PM.

  2. #2

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Maccazart
    Posts
    1,113
    Thank(s)
    0/137
    Rep Power
    6

    Default

    wah ini tokoh yg msk fav gw d shu....
    kekuatanx yg bsr tuh jarang di temui shg mjd slh 1 jendral besar
    mending bkn 1 thread aj gan... tumpukin dech smua yg dr shu,,wei, dan wu biar asik bcx..
    bbtw PERTAMAx

  3. #3

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    Dihatimu...
    Posts
    1,375
    Thank(s)
    0/21,045
    Rep Power
    6

    Default

    gila ini salah satu orang KUAT nih....

    katanya tombaknya...
    yang bantu ngangkat aja bisa ampe 3-4 orang....wakakakakkaa

  4. #4

    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Som3where
    Posts
    2,636
    Thank(s)
    0/229
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    9

    Default

    salah satu god of war dari china ni, keren bgt kk

  5. #5

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    sembarang
    Posts
    32
    Thank(s)
    0/2
    Rep Power
    0

    Default

    keluar juga guan yu..lord of magnificent beard

    fave gw klo d dw sama rotk

    btw itu jenggotnya beneran y segitu panjang nya apa cuman dilebih-lebihin...

  6. #6

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Medan
    Posts
    465
    Thank(s)
    0/115
    Rep Power
    0

    Default

    Benaran tuh jenggotnya. Katanya uda pelihara jenggot dari waktu muda. Umur 20an jenggotnya uda ampe perut panjangya.

  7. #7

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Sidoarjo
    Posts
    481
    Thank(s)
    0/20
    Rep Power
    0

    Default

    Sayang dia mati karena kesombongannya. Coba dia sedikit lebih rendah hati dan waspada, tentu ceritanya bakalan lain lagi. Kadang aku berpikir bahwa gara-gara kematian Guan Yun Chang inilah kerajaan Shu menjadi mundur.
    I don't mind betting on tough odds.

  8. #8

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Medan
    Posts
    465
    Thank(s)
    0/115
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by Virgo_shaka View Post
    Sayang dia mati karena kesombongannya. Coba dia sedikit lebih rendah hati dan waspada, tentu ceritanya bakalan lain lagi. Kadang aku berpikir bahwa gara-gara kematian Guan Yun Chang inilah kerajaan Shu menjadi mundur.
    Dia mati bukan karena kesombongannya. Sewaktu dia mempertahankan kota, dia telah meminta bantuan kepada saudara sepupu Liu Bei ( kalo gw gak salah ) tapi bantuan tidak kunjung datang meski telah berulang kali direquest. Sepupunya Liu Bei tidak mau mengirimkan bantuan.

    Liu Bei setelah mengetahui sepupunya tidak mau mengirimkan bantuan sehingga menyebabkan kematian Guan Yu dan Guan Ping kemudian marah besar dan menghukum mati sepupunya. CMIIW

    PS: Kerajaan Shu mundur sepeninggal tokoh tokoh perintisnya karena tidak ada pengganti yg sepandan. Di samping itu pengganti Liu Bei adalah pemimpin yg tidak cakap dalam memimpin.

  9. #9

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Sidoarjo
    Posts
    481
    Thank(s)
    0/20
    Rep Power
    0

    Default

    Bukan sepupu, tapi anak angkat (Liu Feng). Liu Feng sendiri sebenarnya mau aja mengirimkan bantuan, tapi sama Meng Da dihasut biar ga ngirim.

    Yang aku maksud kesombongan disini itu adalah Guan Yu pernah menghina utusan Sun Quan yang hendak menikahkan anaknya dengan puteri Guan Yu, tapi Guan Yu malah menghina Sun Quan habis-habisan. Yang kedua juga dia ditipu oleh Lu Xun dan menganggap Lu Xun bukan bahaya besar sehingga dia menarik hampir seluruh pasukan Jiang Ling untuk menggempur daerah Cao Cao. Jadi dia sebenarnya meninggal karena kesombongannya. Coba kalau dia menerima itikad baik Sun Quan atau menyelidiki terlebih dahulu siapa Lu Xun, tentu sejarah akan berkata lain.
    I don't mind betting on tough odds.

  10. #10

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,574
    Thank(s)
    0/10,581
    Rep Power
    8

    Default

    Betul, karena kesombongannya Guan Yu. Dan gua setuju kalo Shu hancur awalnya adalah di sini...

    Beberapa kesombongan Guan Yu yang jadi malapetaka Shu:
    1. Sifatnya sombong dan kasar pada bawahan
    Pada saat penyerangan ke Fan Castle, Guan Yu meninggalkan Mi Fang dan Fushi Ren yang sebelumnya diomelin abis2an oleh Guan Yu karena menurutnya mereka ga punya kemampuan, hal ini akhirnya dimanfaatkan oleh Wu menghasut mereka dan akhirnya mereka berkhianat.
    2. Mengacuhkan menara pengawas
    Guan Yu hanya sedikit menaruh menara pengawas karena menganngap panglima Wu, lu Xun, hanyalah pemuda yang belun pengalaman dalam perang sehingga Guan Yu merasa tidak perlu mendirikan menara pengawas terlalu banyak, alhasil Lu Xun berhasil menyusupkan pasukan dan menduduki benteng pada saat Guan Yu menyerang Fan Castle.
    3. Mengacuhkan pasukan bantuan Xu Huang
    Pada saat menyerang Fan Castle, Guan Yu mengacuhkan pasukan bantuan Xu Huang yang berdiam diri sementara pasukan Guan Yu terus maju ke Fan Castle, akhirnya sisi belakang Guan Yu diputus oleh pasukan Xu Huang yang memang menunggu Guan Yu maju.

    Memang benar kematian Guan Yu juga karena permintaan bantuan ke Liu Feng ditolak, namun tetap saja andai Guan Yu tidak melakukan 3 kesalahan fatal di atas, die tidak akan mati seperti ini.
    Last edited by Cio; 27-10-2009 at 03:47 PM.

    Please Be Gentle

Page 1 of 4 1234 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia