Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 37

Thread: 10 Teknologi Tenaga Surya
http://idws.in/51529

  1. #1

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    diatas tanah
    Posts
    5,343
    Thank(s)
    1/2,397
    Blog Entries
    38
    Rep Power
    10

    Post 10 Teknologi Tenaga Surya

    Show 10 Teknologi Tenaga Surya

    Teknologi tenaga surya saat ini sudah sangat maju, dengan beberapa kemajuan sedang dikembangkan agar dapat digunakan setiap harinya.



    Di bawah ini 10 Teknologi Tenaga Surya yang perlu diperhatikan:
    1. Panel Pemanas Air Tenaga Surya : Pyron Solar Triad menggunakan desain spesial, short focal-length, lensa konsentrasi acrylc untuk memantulkan dan menerima cahaya, secara efektif mengkonsentrasikan 6,500 tenaga surya dalam bentuk cahaya kecil. Lensa kedua menangkap cahaya ini dan memfokuskan pada sel PV. Menurut perusahaan terkait, HE Optics System menghasilkan 800 kali lebih banyak tenaga daripada sel solar dari silikon.

    2. Penyimpan Hidrogen Rumahan: Seorang professor MIT, Daniel Nocera, membentuk sebuah perusahaan tahun ini untuk memasarkan sebuah teknologi yang dapat memecah air dan menyimpan tenaga surya. Kunci dari perusahaan ini adalah untuk mencapai sebuah terobosan tenaga surya untuk membuat tenaga surya murah.

    3. Atap Panel Surya yang dapat dicetak dan dicat: Jika tenaga surya mudah untuk dipasang seperti mencat atap anda dengan cat tahan cahaya matahari, itu akan menurunkan standar untuk pemasangan tenaga surya di rumah. Teknologi ini disebut tinta silikon, dan menurut U.S. National Renewable Energy Laboratory, sel tenaga surya menunjukkan penghematan 18% tenaga.

    4. Panel Film Besar Tenaga Surya Sistem SunFab™: menggunakan teknologi film tipis silikon untuk memasarkan panel terbesar dan terkuat di dunia dan menggabungkan material murah.
    5. Organic Solar Concentrators: Insinyur di MIT telah membuat metode untuk merubah kaca menjadi sebuah high-tech solar concentrator, menggunakan kaca warna untuk mengumpulkan dan memancarkan cahaya di mana biasanya hilang dari permukaan panel. Teknologi ini dapat membuat bangunan untuk menggunakan jendela dengan kaca film untuk mengumpulkan tenaga. Perusahaan lain, GreenSun, telah mengembangkan panel warna terang di mana menangkap bagian lain dari spektrum matahari, dan tidak memerlukan cahaya matahari secara langsung untuk bekerja.
    6. Space Based Solar: Jepang sedang mengembangkan sebuah stasiun luar angkasa raksasa dengan generator tenaga surya untuk mentransmisi tenaga surya ke bumi dari 36,000km di atas bumi dalam 30 tahun ke depan. Pemerintah Jepang mendukung proyek $21 milyar, yang termasuk sebuah stasiun luar angkasa tenaga surya dengan 4km kibik panel surya, menyimpan tenaga elektrik sebesar 1 gigawatt, cukup untuk 300,000 rumah di Tokyo.

    7. Solar Roads: Konsep Solar Roadways, akan membuat jalan menggunakan panel kaca untuk mengumpulkan dan mendistribusikan tenaga surya untuk menerangi cahaya di malam hari dan panas di musim dingin, dengan cukup energi tersisa untuk menyalakan rumah-rumah dan bisnis-bisnis. Penemunya, Scott Brusaw, memperkirakan setiap mil panel tenaga surya dapat menerangi 500 rumah, dan diperkirakan untuk membuat panel sebesar 12x12 memerlukan biaya $5,000.
    8. Concentrated Solar: Stirling Energy System's SunCatcher, berisikan sebuah solar concentrator dalam struktur mangkuk didukung sebuah kaca cembung, dapat digunakan di Arizona segera. SunCatcher menggunakan sistem kaca dipasang dengan mangkuk parabola untuk mengkonsentrasikan tenaga surya pada high-efficiency Stirling Engine, dengan setiap mangkuk menghasilkan 25,000 watt.

    9. Nanotechnology Solar: Peneliti di McMaster University di Ontario telah mengembangkan light-absorbing nanowires terbuat dari material high-performance photovoltaic pada fabrik karbon tipis yang tahan lama. Mereka juga menggunakan partikel kecil di sebuah film polyster fleksibel di mana dapat menghasilakan tenaga surya yang murah dan fleksibel.
    10. Integrated Grid Ready Solar: Andalay AC solar panels, dibuat dengan teknologi Akeena Solar, diintegrasikan dengan komponen kabel dan elektrik ke dalam panel. Menurut perusahaan, ini dapat menahan akan kerusakan, menghasilkan banyak uang. Andalay AC solar panels menghasilkan tenaga AC yang aman, dan dapat proses pemasangan yang aman untuk pengguna.


    Code:
    sumber : http://udaramaya.com/berita/5180/0/10_Teknologi_Tenaga_Surya


    Last edited by smkosasih; 12-10-2011 at 12:02 PM.

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Blue Sky
    Posts
    752
    Thank(s)
    0/2,122
    Rep Power
    6

    Default

    Sayang yg memanfaatkan tenaga surya masih mahal yh..

  4. #3

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    Dihatimu...
    Posts
    1,373
    Thank(s)
    0/21,374
    Rep Power
    7

    Default

    wah yang ini saya sudah pernah pelajari waktu magang di suatu perusahaan nih... modalnya cukup gede mengingat alat2 yang diperlukan harus diimpor khusus... tapi yang semua itu demi kelangsungan umat manusia juga toh... kelemahannya cuma sewaktu musim hujan... makanya mesti punya aki yang banyak dan memiliki kapasitas yang cukup besar untuk persediaan jangka panjang....

  5. #4

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Tangerang
    Posts
    40
    Thank(s)
    0/2
    Rep Power
    0

    Default

    Meski mahal qt harus tetep mndukung proyek2 ini.. Harapannya akan ada teknologi solar cell masal yg murah d masa dpan..
    Nice inpow gan :-)

  6. #5

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    John Smith
    Posts
    2,132
    Thank(s)
    0/3,004
    Rep Power
    10

    Default

    teknologi alternatif masa depan, disaat cadangan minyak dunia sudah habis
    tp untuk saat ini, teknologi ini masih tergolong mahal, tidak banyak orang yg bisa dan mampu mendapatkannya
    perlu adanya inovasi yg lebih baik lagi dimasa depan

  7. #6

  8. #7

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    Indonesia
    Posts
    141
    Thank(s)
    0/9
    Rep Power
    0

    Default

    masalah efisiensi sel surya juga masih rendah, masih kisaran <20%, instalasinya juga mahal untuk daya besar, mesti pakai aki besar pula, paling cocok energi dari matahari digunakan untuk membuat hidrogen agar dipakai pada mobil bahan bakar bersih..

  9. #8

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    156
    Thank(s)
    0/5,324
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by thermistor View Post
    masalah efisiensi sel surya juga masih rendah, masih kisaran <20%, instalasinya juga mahal untuk daya besar, mesti pakai aki besar pula, paling cocok energi dari matahari digunakan untuk membuat hidrogen agar dipakai pada mobil bahan bakar bersih..
    Concentrated Solar Stirling Engine menurut para ahli lebih besar Effisiensinya s/d 23% dibanding Solar Panel hanya antara 8-15%( <20% untuk yg dalam research dan sangat mahal).

  10. #9

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    -=yooniverse=-
    Posts
    651
    Thank(s)
    0/1,205
    Rep Power
    5

    Default

    Solar Roads: Konsep Solar Roadways, akan membuat jalan menggunakan panel kaca untuk mengumpulkan dan mendistribusikan tenaga surya untuk menerangi cahaya di malam hari dan panas di musim dingin
    mw bikin jalan berlapis kaca?? ide yang gak terpikirkan..

    btw,, seandainya indonesia bisa memanfaatkan energi surya dengan baik, gw yakin tenaga listrik yg dihasilkan dari minyak bakal tergantikan...
    indonesia kn ada di garis khatulistiwa plus iklim tropis dan terkena sinar matahari sepanjang tahun..

  11. #10

    Join Date
    Jun 2010
    Location
    In Utero
    Posts
    966
    Thank(s)
    0/5,297
    Blog Entries
    11
    Rep Power
    5

    Default

    indonesia menyusul hehehehe abis mahal pastinya

Page 1 of 4 1234 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia