Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 24

Thread: Kekejaman Perang Dunia I & II
http://idws.in/57450

  1. #1

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Jakarta Barat
    Posts
    1,271
    Thank(s)
    0/4,921
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    7

    Default Kekejaman Perang Dunia I & II

    Kekejaman Perang Dunia I



    Perang Dunia I menandai mulai munculnya sejumlah besar gejala yang mematikan. Salah satu di antaranya adalah bahwa perang mulai menyerang tidak hanya pasukan tentara, tetapi juga rakyat sipil. Pengeboman pertama yang ditujukan kepada penduduk sipil adalah serangan pada tahun 1915 ke Inggris oleh pesawat zeppelin Jerman. Bom yang dijatuhkan dari pesawat zeppelin ini meminta korban nyawa banyak orang tak berdosa.

    Kapal selam Jerman U-boat memulai operasi untuk menembaki kapal-kapal sipil yang melintasi Samudera Atlantik. Pada tanggal 7 Mei 1915, kapal lintas-atlantik terbesar di dunia, Lusitania, tenggelam tepat di dekat pantai Irlandia karena serangan kapal U-boat. Dari 2.000 orang penumpang Lusitania, sejumlah 1.195 orang tenggelam atau tewas dalam serangan tersebut.

    Bencana perang lainnya adalah senjata kimia. Gas beracun, senjata yang pertama kali digunakan oleh Prancis dan kemudian juga oleh Jerman, menyebabkan kematian menyedihkan ribuan serdadu. Banyak serdadu menjadi buta karena gas tersebut, dan pasukan harus membagikan topeng anti gas sebagai alat pelindung. Rakyat sipil pun diberikan topeng anti gas untuk melindungi mereka dari ancaman yang seringkali mematikan ini.

    Pada tahun 1918, Perang Dunia I akhirnya berakhir, setelah empat tahun serangan tanpa guna di tangan tentara Jerman, Prancis, dan Inggris. Namun perdamaian ini, yang dinyatakan pada jam 11 pagi, hari kesebelas dari bulan kesebelas, tidak membawa kebahagiaan untuk siapa pun. Ratusan ribu serdadu menjadi cacat. Sebagian lainnya terbukti tidak mampu mengatasi dampak kejiwaan karena perang setelah tinggal di dalam parit yang penuh dengan lumpur, kotoran, dan mayat. Bentuk trauma yang dikenal sebagai “shell shock” atau “kejutan bom” sangat umum di antara para veteran perang, dan hal ini menyebabkan penderitanya mengalami serangan ketakutan dan goncangan yang berat. Rasa takut akan dibom, yang mereka alami setiap hari selama empat tahun berturut-turut, telah terukir di benak mereka. Ada beberapa penderita yang merasa harus segera bersembunyi hanya karena kata 'bom' disebutkan. Beberapa veteran bahkan merasa ngeri setiap kali mereka melihat seragam. Puluhan ribu serdadu juga kehilangan satu atau lebih anggota badannya dalam perang ini. Serdadu ini adalah tentara yang mata, dagu, atau hidungnya menjadi cacat selama pengeboman, sehingga topeng khusus diciptakan di Eropa untuk menyembunyikan wajah mereka yang cacat.

    Derita yang parah akibat Perang Dunia I juga tercermin di dalam karya seni. Hasil karya sesudah perang menggambarkan kesakitan dan penyakit jiwa. Karya-karya ini tidak hanya mencerminkan keadaan jiwa sang seniman, namun juga keadaan jiwa seluruh generasi tersebut. Generasi yang merasakan akibat kesengsaraan perang yang sangat mendalam ini kemudian dijuluki "Generasi yang Hilang."

    Sebagaimana yang telah kita saksikan, perang adalah perantara kekejaman yang besar yang tidak bermanfaat bagi pribadi atau pun masyarakat.Perang adalah malapetaka sosial yang menimbulkan kepedihan besar dan menorehkan luka yang dalam kepada manusia, yang akan perlu waktu lama, jika dapat disembuhkan.

    ===

    Kekejaman Perang Dunia II



    Perang Dunia ke-2 lebih dari sekadar perang, perang ini juga sebuah upaya menyeluruh untuk melakukan pembantaian dan pemusnahan bangsa. Dimulainya perang ini ini didasarkan pada kebijakan "ruang hidup" rasis Hitler.

    Hitler menyatakan bahwa wilayah Jerman saat itu tidak cukup lagi bagi bangsa Jerman dan bahwa ras Aria tengah terhimpit di wilayah ini. Dia kemudian berpendapat bahwa mereka harus menduduki negara-negara Eropa Timur dan menjadikan tempat tersebut Lebensraum, atau "ruang hidup," bagi rakyat Jerman. Puluhan juta orang yang sudah menghuni tempat ini menghadapi pembantaian kejam.

    Tentara Nazi melakukan pembantaian besar-besaran di setiap wilayah yang mereka duduki di Eropa Timur. Terutama sekali, mereka melakukan tindakan tanpa kenal ampun terhadap bangsa Yahudi, Gipsi, Polandia, dan Slavia, kelompok yang mereka anggap lebih rendah daripada mereka.

    Satuan SS Nazi khusus yang dibentuk terutama untuk mengadakan pembantaian ini mulai membunuh semua kelompok sasaran mereka, terutama bangsa Yahudi. Semua wilayah yang sudah diduduki dipenuhi jenazah yang tewas dan orang-orang selamat yang meratapi mereka. Para pendeta dan tempat-tempat ibadat merupakan sasaran yang paling disukai oleh Nazi. Mereka membakar dan menghancurkan semua gereja dan membunuh para agamawan.

    Kekejaman Nazi benar-benar tampak di pusat-pusat tawanan mereka. Bangsa Yahudi, Gipsi, tahanan perang, dan pendeta Katolik dipaksa bekerja keras layaknya budak. Barak tawanan ini tak ubahnya rumah pejagalan manusia. Berjuta-juta lelaki, perempuan, dan anak-anak yang tak bersalah dibantai secara kejam dengan cara yang dirancang untuk membunuh manusia secara massal. Saat barak tersebut dibebaskan, Sekutu disambut oleh puluhan ribu mayat yang diletakkan berdampingan dengan tahanan yang menunggu di pintu kematian. Di dalam barak tawanan Nazi, sejumlah 11 juta orang tidak bersalah kehilangan nyawa mereka.

    Pada tahun 1943, makin jelas bahwa Nazi akan kalah perang. Di Stalingrad, bala tentara Hitler menderita kekalahan telak di tangan angkatan bersenjata Soviet. Setelah bencana ini, bangsa Jerman juga kalah dalam perang lainnya di wilayah Kursk, peristiwa yang dikenal sebagai perang tank terbesar dalam sejarah. Kekalahan kini tidak dapat dielakkan. Namun para anggota Nazi, walaupun menarik diri, tetap meneruskan pembantaian. Bertindak atas perintah Hitler, mereka menghancurkan semua wilayah yang mereka lewati dan membunuh rakyat sipil. Pasukan Jerman meninggalkan jutaan mayat dan orang yang selamat yang meratapi saudaranya.

    Saat pasukan Sekutu mencapai Berlin, jatuhnya Nazi tidak dapat lagi dielakkan. Namun, pasukan Tentara Merah yang memasuki Berlin menjadi wakil paham kekerasan yang lain lagi. Dalam tahun-tahun berikutnya, sudah demikian jelas bahwa tentara Stalin tidak kalah kejam dan bengisnya dibandingkan dengan tentara Hitler. Hampir sama saja jumlah orang yang binasa di barak tawanan Stalin. Di wilayah yang mereka duduki, serdadu-serdadu Stalin melakukan pembantaian yang serupa dengan kekejian serdadu Nazi.

    Tindakan gila yang dikenal sebagai Perang Dunia II meminta korban nyawa 55 juta orang. Dunia telah menjadi saksi bagi bentuk lain upacara setan yang menumpahkan darah.

    Sumber:
    http://www.dibalikperangdunia.com/
    Last edited by Nebunedzar; 04-12-2009 at 06:58 PM. Reason: lupa mencantumkan sumber saking terbawa perasaan saat baca artikel ini

  2. #2

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    793
    Thank(s)
    0/20,536
    Rep Power
    6

    Default

    pas baru tadi nonton WW2 : Apocalypse di discovery. katanya belakangan hitler kena parkinson yah? gara-gara stress kalah di rusia kali ya? memang agak konyol jerman berpikir negeri segede gaban macam rusia. meskipun dia berhasil membujuk beberapa divisi rusia untuk membelot (termasuk pasukan elit Cossack), tetep aj. yah nasibmulah. terlalu banyak bunuh orang, makanya kalah mengenaskan. bahkan gara-gara ini orang, negara jerman sampai sekarang tidak boleh punya tentara dalam jumlah besar.

  3. #3

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    Prontera
    Posts
    92
    Thank(s)
    0/5
    Rep Power
    0

    Default

    wah, pelajaran sejarah saya.. ww2
    wah, yg ngebantai yahudi itu ya?
    dia ngebangun kamp kamp tempat ngebantai para musuh
    yg terkenal buchenwald ama auschwitz
    pas berlin di kuasai hitler bunuh diri =_=

  4. #4

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    depok... :dead:
    Posts
    5,751
    Thank(s)
    0/4,178
    Blog Entries
    12
    Rep Power
    20

    Default

    perang selalu kejam, ga cuma hitler aja, sekutu pun juga, cuma gak keekspos aja, karena mereka adalah pemenangnya

    trus gini deh...
    kalo anda jadi pemimpin negara yang sedang dalam darurat perang, terus ada komunitas tertentu dalam negara anda yang menyatakan menentang anda dan memberikan dukungan ke negara lain yang sedang berperang kedalam negara anda, apa yang anda lakukan????

    Nothing's going to disappear just because you can't see what's going on

    T-SHIRT Rock In JAPAN 2013 Modified Version



  5. #5

    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Pangkalpinang
    Posts
    56
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    setuju bro ilcloud, sejarah dibuat oleh jenderal yang menang.. makanya, holocoust pun masih kontroversi..
    Jadi ingat kasus supersemar di tempat kita. Yang asli ga ketahuan rimba nya...

  6. #6

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    793
    Thank(s)
    0/20,536
    Rep Power
    6

    Default

    trus gini deh...
    kalo anda jadi pemimpin negara yang sedang dalam darurat perang, terus ada komunitas tertentu dalam negara anda yang menyatakan menentang anda dan memberikan dukungan ke negara lain yang sedang berperang kedalam negara anda, apa yang anda lakukan????
    yang sedang anda bahas ini apa? dukungan ke negara musuh berupa apa? kalo memang demikian, maka tindakan itu termasuk treason dan memang boleh dihukum mati. tetapi tentu yang dihukum mati individu nya, bukan seluruh komunitas si traitor itu. bisa tolong lebih jelas?

    makanya, holocoust pun masih kontroversi
    sebenernya uda gak kontroversi lagi. di wikipedia juga sudah diakui koq. yang menolak mengakui hanya iran dan sekutu-sekutunya. jerman aja ngakuin koq. kan ada mantan nazi yang memberikan kesaksian.

  7. #7

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Jakarta Barat
    Posts
    1,271
    Thank(s)
    0/4,921
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    7

    Default

    Quote Originally Posted by heavencomp View Post
    Adhu Aku buta banget masalah sejarah about Hitler
    Mau baca jadi pusink
    kalo bisa di sertain gambar donk, biar baca nya jadi semangat
    iss:
    Kan udha ada dua itu kk...

    Bacanya pelan2 aja kk...

    .. klo misalnya bikin pusing.

  8. #8

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Hakurei Shrine
    Posts
    8,765
    Thank(s)
    0/6,427
    Rep Power
    44

    Default

    yah yang paling merasakan ya penduduk sipilnya
    btw yang wa tahu bagian terkejam WW2 selain kamp pembantaian milik Nazi, tentara Jepang juga nggak kalah kejamnya saat PD2.
    Banyak tawanan perang & warga sipil yang sengaja dibunuh (eksekusi)

    Even if you do not forgive the world, I will forgive you.
    So please tell me. What will it take for you, to forgive me?

  9. #9

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Bay City, MI
    Posts
    4,082
    Thank(s)
    1/14,221
    Rep Power
    13

    Default

    kasian para penduduk sipil...gk bersalah tapi ikut terlibat
    apalagi yahudi, sampe 6 juta yg tewas krn holocaust...

  10. Who Said Thanks:


  11. #10

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Palembang
    Posts
    420
    Thank(s)
    0/73
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by RenX View Post
    kasian para penduduk sipil...gk bersalah tapi ikut terlibat
    apalagi yahudi, sampe 6 juta yg tewas krn holocaust...
    kasian ya rakyat indonesia yg tewas gara2 holocaust (ditangan belanda)..mungkin puluhan juta ya

Page 1 of 3 123 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia