Results 1 to 8 of 8

Thread: Saat Monster dan Naga Menghantui si Kecil
http://idws.in/57543

  1. #1

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    whateverlah
    Posts
    1,194
    Thank(s)
    0/1,002
    Rep Power
    6

    Default Saat Monster dan Naga Menghantui si Kecil

    Jakarta, Anak kecil terkadang menjadi penakut setelah menonton film atau animasi yang menggambarkan monster, naga atau karakter menyeramkan lainnya. Orangtua perlu memberikan pengertian soal makhluk-makhluk halus ini agar anak bisa melawan rasa takutnya.

    Seperti yang dilakukan seorang ibu bernama Melinda Roberts yang menonton film animasi bersama anak-anaknya yang berusia 7 tahun, 9 tahun dan 11 tahun. Melinda mencoba membantu anak-anak untuk mengenali suara aktor dan bagaimana proses film tersebut dibuat sehingga anak-anak tidak takut dengan monster, naga atau bentuk menyeramkan lainnya.

    Hal itu sesuai dengan sebuah penelitian dari jurnal Child Development yang menyatakan bahwa meyakinkan anak-anak gambar-gambar tersebut tidak nyata sangat membantu anak usia 7 tahun ke atas menjadi tidak takut. Tapi untuk anak di bawah usia 7 tahun hal ini tidak terlalu berhasil dan cenderung kurang disukai anak-anak.

    Jika seorang anak percaya adanya makhluk raksasa di tempat tidurnya, maka orangtua harus mengatakan bahwa makhluk tersebut hanya ingin bermain bersamanya. Saat anak sudah merasa sedikit tenang, orangtua bisa menjelaskan bahwa makhluk raksasa tersebut sebenarnya tidak ada dan tidak nyata.

    Dawn Huebner, seorang psikolog dari Exeter, New Hampshire mengungkapkan jika anak sudah bisa memahami perbedaan antara khayalan dan kenyataan, maka anak harus bisa mengatasi ketakutan tersebut dengan pikiran bahwa gambar yang menghantuinya adalah tidak nyata, seperti dikutip dari CNN.

    Orangtua bisa mengajari anak cara membedakan ketakutan di kepalanya dengan bahaya yang sebenarnya. Anak yang sudah bisa memahami konsep "false alarm" dapat membantunya memahami bahwa rasa takut tersebut tidak berarti ada ancaman dan dapat meyakinkan dirinya sendiri untuk menjadi lebih berani.

    Jika anak belum bisa membedakan antara khayalan dengan kenyataan, maka orangtua bisa menggunakan strategi "raksasa yang ramah" pada anak-anaknya saat masih kecil dan cara ini terbilang cukup berhasil. "Ini bukan menekan pikiran negatif, tapi berusaha membingkai sesuatu menjadi sedikit lebih positif," ujar psikolog Liat Sayfan dan Kristin Hansen Lagattuta.

    Tapi sebuah penelitian sebelumnya menunjukkan anak usia 3 sampai 4 tahun tidak dapat menggunakan penalaranannya untuk bisa membuat dirinya merasa lebih baik. Untuk itu Huebner menyarankan agar mematikan televisi jika program atau filmnya terlalu menakutkan bagi anak yang masih sangat kecil.

    "Lebih baik bagi anak-anak untuk meninggalkan ruangan atau penutup matanya jika menonton karakter yang menakutkan, karena melihat sekilas tontonan tersebut dapat meninggalkan kesan yang lebih dalam daripada melihat terlalu lama," ungkap Huebner.

    Sebagai contoh, beberapa anak bahkan ada yang merasa takut saat melihat sampul DVD. Bagi anak yang sudah lebih besar, mengajaknya berpikir tentang proses pembuatan film dapat membantunya mengatasi ketakutannya pada gambar-gambar yang menyeramkan. Karena nantinya anak-anak akan lebih terpesona dengan berbagai efek khusus yang dihasilkan dari gambar tersebut.

    Untuk bisa mengatasi ketakutan anak terhadap monster, naga atau raksasa lainnya, sebaiknya orangtua sesuaikan dengan usia si anak apakah sudah bisa membedakan antara fantasi dengan kenyataan atau harus menjauhkannya dari gambar atau tontonan tersebut.

  2. #2

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    N-Field
    Posts
    409
    Thank(s)
    0/370
    Rep Power
    0

    Default

    Hohoho..................
    Persiapan untuk masa depan nih kalau udah berkeluarga
    Moga2 aja kagak lupa

  3. #3

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    land of sound
    Posts
    4,016
    Thank(s)
    0/31,855
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    15

    Default

    ajak main ular naga panjang aja deh

  4. #4

    Join Date
    Nov 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    169
    Thank(s)
    0/38
    Rep Power
    0

    Default

    trauma waktu kecil saya di takutin ama setan krudung, pocong

    mpe sekarang masih terasa takutnya


  5. #5

    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Posts
    15,413
    Thank(s)
    0/39,255
    Blog Entries
    79
    Rep Power
    39

    Default

    Anak-anak perlu diajari untuk membedakan khayalan dan kenyataan supaya nantinya tidak terus terlena dengan khayalannya dan cenderung menjadi orang yang pemimpi.

    世界が平和でありますように

  6. #6

    Join Date
    Jan 2009
    Location
    clasified
    Posts
    809
    Thank(s)
    0/359
    Rep Power
    6

    Default

    klo gitu kasigh film tentang naga yg lucu ato imut aj
    __________________________________

  7. #7

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    494
    Thank(s)
    0/8
    Rep Power
    0

    Default

    sejak kecil di takut2in sih, jadi trauma deh

  8. #8

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    PIN BB PM aja
    Posts
    729
    Thank(s)
    0/27,877
    Rep Power
    6

    Default

    gw dolo juga sering parno2 gara2 nonton horor.. tapi makin gede makin berkurang...

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia