Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16

Thread: Cara Kerja Pesawat Terbang
http://idws.in/57660

  1. #1

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    997
    Thank(s)
    1/5,394
    Rep Power
    6

    Thumbs up Cara Kerja Pesawat Terbang

    sebelum ngomongin cara terbangnya
    mending liat sejarahnya dulu iss:
    Show sejarah

    Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910. Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.


    Prinsip dasar dari cara pesawat terbang untuk mengudara sama untuk semua pesawat, baik pesawat capung maupun pesawat super jumbo seperti Airbus A380.

    Yang mempengaruhi pesawat unutk terbang adalah gaya - gaya aerodinamis yang mengenainya yaitu, gaya angkat (lift), gaya hambat (drag), gaya berat (grafitasi), dan gaya dorong (trust).
    Show lebih jelasnya



    Gaya dorong pesawat kedepan didapat dari baling-baling yang berputar pada ujung pesawat (lihat gambar). Sedangkan gaya hambat merupakan pergesekan pesawat udara dengan angin. Karena pesawat udara mempunyai massa, maka gaya grafitasi akan membawa pesawat kebawah, untuk itulah gaya angkat diperlukan. Gaya angkat dihasilkan dari sayap pesawat udara.

    Sayap pesawat udara ini yang memegang peranan kunci untuk mengkat badan pesawat. Penampang sayap ini biasanya disebut " aerofoil" Selama penerbangan udara mengalir ke atas dan bawah sayap. Udara yang megalir diatas sayap lebih cepat dari udara yang mengalir dibawah sayap, sehingga tekanan udara diatas pesawat lebih rendah.

    Disaat yang bersamaan udara dibawah sayap dibelokan kebawah, sehingga terjadi gaya angkat (udara yang terdorong kebawah akan mendorong sayap keatas- gaya aksi reaksi).
    Show lebih jelasnya



    Gaya dorong terhadap sayap dan tekanan udara yang rendah diatas sayap inilah yang di butuhkan untuk pesawat terbang di udara.

    Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pesawat dapat terbang, diantaranya :
    Show sayap

    Show sayap

    bukan sayap yang ini gan iss:


    Show sayap

    bukan yang ini juga iss:


    Show sayap



    sayap
    Sebuah pesawat memerlukan gaya angkat atau lift yang di butuhkan untuk terbang. Lift dihasilkan oleh permukaan suatu sayap (wing) yang berbentuk airfoil.

    Bentuk penampang airfoil pada suatu sayap pesawat terbang


    Gaya angkat terjadi karena adanya aliran udara yang melewati bagian atas dan bagian bawah di sekitar airfoil. Pada saat terbang, aliran udara yang melewati bagian atas airfoil akan memiliki kecepatan yang lebih besar daripada kecepatan aliran udara yang melewati bagian bawah dari airfoil. Maka, pada permukaan bawah airfoil akan memiliki tekanan yang lebih besar daripada permukaan di atas. Perbedaan tekanan pada bagian atas dan bawah inilah yang menyebabkan terjadinya gaya angkat atau lift pada sayap pesawat. Oleh karena tekanan berpindah dari daerah yang bertekanan besar menuju ke daerah yang bertekanan kecil, maka tekanan pada bagian bawah airfoil akan bergerak menuju bagian atas airfoil sehingga tercipta gaya angkat pada sayap pesawat. Gaya angkat inilah yang membuat pesawat dapat terbang dan melayang bebas di udara.



    Show Powerplant Tenaga Penggerak

    Untuk bergerak ke depan (baik di darat maupun di udara), pesawat memerlukan daya dorong yang di hasilkan oleh tenaga penggerak atau yang biasa di sebut dengan mesin (engine). Daya dorong yang nantinya di hasilkan oleh engine ini biasa di sebut dengan thrust.
    Terdapat beberapa jenis engine dari pesawat, diantaranya :
    -Piston Engine
    -Turbojet Engine
    -Turboporop Engine
    -Turbofan Engine
    -Turboshaft Engine
    Show Piston Engine

    Piston engine atau biasa di sebut dengan mesin torak, merupakan mesin yang menggunakan piston (torak) sebagai tenaga penggerak. Piston yang bergerak naik turun di hubungkan dengan crankshaft melalui connecting rod untuk memutar propeller atau baling-baling. Piston dapat bergerak naik turun karena adanya pembakaran antara campuran udara dengan bahan bakar (fuel) di dalam ruang bakar (combustion chamber). Pembakaran di dalam combustion chamber menghasilkan expansion gas panas yang dapat menggerakkan piston bergerak naik turun.
    Show Piston Engine



    Pesawat yang menggunakan mesin piston umumnya menggunakan propeller sebagai tenaga pendorong untuk menghasulkan thrust. Bentuk penampang dari propeller itu sendiri sama seperti sayap, yaitu juga berbentuk airfoil. Sehingga pada saat propeller berputar maka akan menghasilkan gaya dorong atau thrust sehingga pesawat dapat bergerak ke depan. Pesawat dengan mesin piston ini merupakan jenis pesawat ringan atau biasa di sebut dengan light aircraft. Pesawat ini mempunyai daya jelajah yang kecil dan ketinggian terbang yang tidak terlalu tinggi.


    Show Turbojet Engine

    Pada dasarnya, prinsip kerja dari semua engine pesawat sama. Yaitu memanfaatkan energi pembakaran antara campuran bahan bakar dengan udara yang menghasilkan expansion gas yang terjadi di dalam ruang bakar cc (combustion chamber).
    Dinamakan turbojet engine karena mesin ini menggunakan turbin dalam membangkitkan tenaga, dan jet yang artinya semburan/pancaran. Yaitu semburan hasil pembakaran di dalam cc keluar menuju turbin dan memutar turbin, lalu turbin memutar compressor dan menggerakkan komponen engine lainnya.
    Show Turbojet Engine



    Show Turboprop Engine

    Prinsip kerja dari Turboprop engine sama dengan proses kerja dari turbojet engine. Yang membedakannya adalah terdapat propeller pada engine ini. Propeller terhubung dengan turbin dan compressor melalui shaft.
    Show Turboprop Engine



    Show Turbofan engine

    Sama dengan turboprop, prinsip kerja turbofan sama dengan turbojet engine. Perbedaannya adalah pada turbofan engine terdapat fan di depan compressor. Fan berfungsi untuk menghisap udara masuk ke dalam compressor.
    Show Turbofan engine



    Show Turboshaft Engine

    Prinsip kerja dari turboshaft engine juga hampir sama deng an turbojet engine. Engine ini di gunakan pada helikopter. Pada turboshaft engine, terdapat shaft yang terhubung dengan turbin. Shaft ini menghubungkan ke main rotor atau baling-baling pada helikopter. Rotor pada helikopter mempunyai penampang berbentuk airfoil.
    Show Turboshaft Engine




    Show Bidang Kendali Flight Control Surface

    Bidang Kendali (Flight Control Surface)
    Untuk menggerakkan pesawat (berbelok, menukik, dan rolling atau berbalik), seorang pilot memerlukan bidang kendali atau control surface .

    Primary control surface
    Primary control surface atau bidang kendali utama adalah bidang kendali pesawat yang dapat mengatur pergerakan pesawat pada saat terbang di udara.
    Aileron, elevator, dan rudder merupakan bidang kendali utama pada pesawat.
    1). Aileron terletak pada sayap, digunakan pesawat pada saat melakukan rolling (berbalik) di udara dan pergerakannya berada pada sumbu longitudinal pesawat, aileron dikendalikan dengan menggunakan stick control yang berada pada cockpit.
    2). Elevator terletak pada bagian ekor (empenage) atau bagian horizontal stabilizer, digunakan pesawat untuk melakukan piching (mengangguk) dan pergerakannya pada sumbu lateral pesawat, elevator di kendalikan dengan menggunakan stick control yang berada di ruangan cockpit.
    3). Rudder terletak di pada bagian ekor tepatnya di bagian vertical stabilizer, di gunakan pesawat untuk melakukan yawing (berbelok) diudara dan pergerakannya pada sumbu vertical pesawat, rudder di kendalikan dengan menggunakan rudder pedal yang terletak pada ruang cockpit.
    Show Bidang kendali pesawat dengan sumbu dan arah pergerakannya



    Show Bidang kendali pesawat dengan sumbu dan arah pergerakannya



    Show Bidang kendali pesawat dengan sumbu dan arah pergerakannya



    Show pasti pengen tau sumbernya

    SUMBER 1
    SUMBER 2
    SUMBER 3


    sory klo

    ane cuma mw bagi2 ilmu aja nie

    klo Delete aja om Momod iss: iss:
    Last edited by icham; 06-12-2009 at 01:39 AM.

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Aug 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    40
    Thank(s)
    0/3
    Rep Power
    0

    Default

    owh begitu toh mesin nya liat di musium iptek TMII emang gitu sayapnya klo kena angin malah naik ke atas

  4. #3

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    418
    Thank(s)
    0/219
    Rep Power
    0

    Default

    pusing bro bacanya, teknis banget hahaha
    maklum biasanya cuma maen pesawat dari kertas di lipat2 jadi deh hehe
    iss:

  5. #4

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    sarang penyamun
    Posts
    3,545
    Thank(s)
    0/14,126
    Rep Power
    11

    Default

    lebih cocok di education ni, gw pindah ya

  6. #5

    Join Date
    Dec 2008
    Location
    aurora beam
    Posts
    230
    Thank(s)
    0/1,361
    Rep Power
    0

    Default

    Jadi pada intinya, pesawat itu terbang dengan mengandalkan wing trus di bantu dengan tenaga dorong (thrust). Berati klo gag ada tenaga dorong, pesawat gag bisa terbang karna gag ada daya angkatnya lagi gt? tp karna masih ada wing.. pesawat masih bisa melayang di udara y?
    nice post bro..
    btw.. klo bisa bikin post yg ky gnian lagi.. hehe..

  7. #6

    Join Date
    Nov 2009
    Location
    depok
    Posts
    8
    Thank(s)
    0/2
    Rep Power
    0

    Default

    ad istilah yg ane gk ngerti.... yaitu, "airfoil"... airfoil mang ap sh???

    btw, nice post gan :onion-106:

  8. #7

    Join Date
    Nov 2009
    Location
    depok
    Posts
    8
    Thank(s)
    0/2
    Rep Power
    0

    Default

    ad istilah yg ane gk ngerti.... yaitu, "airfoil"... airfoil mang ap sh??? iss:

    btw, nice post gan

  9. #8

    Join Date
    Nov 2009
    Location
    U.S of Eurasia
    Posts
    295
    Thank(s)
    0/170
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by embahJambronk View Post
    ad istilah yg ane gk ngerti.... yaitu, "airfoil"... airfoil mang ap sh??? iss:

    btw, nice post gan
    Airfoil itu kalau gak salah maksudnya adalah lapisan2 udara. Lihat gambar berikut:

    Nah, lihat kan ada garis2 berwarna merah dan biru. Itu dia lapisan2 udaranya atau airfoil.

    Kalau salah mohon dikoreksi. Terima kasih.iss:

    Oiya, kita patut bangga nih. Salah seorang penyempurna sayap pesawat terbang berasal dari bangsa kita, yaitu Pak B. J. Habibie. Beliau menemukan Rumus Habibie yang digunakan untuk menghitung retak/crack pada sayap pesawat terbang. Sampai sekarang rumus ini masih dipakai di pabrik Boeing dan pabrik pesawat terbang lainnya.

  10. #9

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Time & Space
    Posts
    59
    Thank(s)
    0/2
    Rep Power
    0

    Default

    Waktu naik pesawat kebetulan duduk dekat jendela bagian sayapnya, bagian belakang sayapnya bisa bergerak waktu pesawat turun, ternyata gitu toh cara kerjanya. Manteb postnya

  11. #10

    Join Date
    May 2009
    Location
    bekasi
    Posts
    324
    Thank(s)
    0/37,885
    Rep Power
    0

    Default

    wah keren banget baru tau cara kendaliin sayap belakangnya jadi cuma belok - belok doang...tapi kalo helikopter gimana ya???? kan beda tuh

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia