Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16

Thread: Sudut istimewa 45 derajat
http://idws.in/64516

  1. #1

    Join Date
    Feb 2009
    Location
    indonesia
    Posts
    339
    Thank(s)
    0/3,838
    Rep Power
    0

    Thumbs up Sudut istimewa 45 derajat

    Jika anda ingin mengukur tinggi suatu bangunan, pohon, tiang listrik atau apapun juga yang berhubungan dengan ketinggian suatu obyek, ada kaidah dasar yang mudah dan tepat juga cepat untuk perhitungannya.
    Yaitu menggunakan kaidah sudut 45 derajat. Dalam hal ini kita menggunakan operasi Tagen 45 derajat, dimana tangen 45 derajat adalah 1.
    Hasil perhitungan tangen 45 derajat = 1 (bisa di cek pakai Kalkulator scientific), dari hasil ini maka tinggi obyek yang akan diamati adalah sama dengan jarak kita dengan obyek pengamatan. (gampang kan!!!)

    "DENGAN SUDUT TANGEN 45 DERAJAT, MAKA TINGGI OBYEK PENGAMATAN SAMA DENGAN JARAK MENDATAR KITA DENGAN OBYEK TERSEBUT."


    Bagaimanakah cara mengukur sudut 45 derajat tersebut??? tentu saja ada alatnya. secara sederhana bisa menggunakan clino meter. Gambar alat tersebut adalah sebagai berikut :


    atau :


    atau bisa dibuat secara sederhana dengan menggunakan busur derajat seperti ini :


    ilustrasi gambarnya seperti ini :


    Dimana total tinggi pohonnya adalah jarak kita ke pohon + tinggi pembacaan alat.

    Semoga bermanfaat dan bukan repost.

    iss:

  2. #2

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    classified info
    Posts
    3,390
    Thank(s)
    0/13,722
    Blog Entries
    100
    Rep Power
    16

    Default

    swt pelajaran anak SD

    hmm... infonya dikit banget... coba d tambah

    ini lagi pake pertamax segala..
    아 정말 한국 사람들은 씨발깥은새끼.





  3. #3

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    9x-7i>3(3x-7u)
    Posts
    5,354
    Thank(s)
    0/7,318
    Rep Power
    13

    Default

    ^

    wah gw ud lupa pelajaran SD...tp gk guna juga sama pekerjaan gw sih...iss:


    btw...

    Quote Originally Posted by perdana_182 View Post
    nice info......

    PERTAMAX GAN....iss:iss:
    no Pertamax yah....
    We're all made of star-stuff
    - Carl Sagan

  4. #4

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    545
    Thank(s)
    0/64
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    6

    Default

    gambar yg nomor 2 itu aku pernah liat org pelaut jaman dulu pernah pake yah? klo iya untuk apa tuh dilaut?

  5. #5

    Join Date
    Jan 2009
    Location
    ladang belalang
    Posts
    4,067
    Thank(s)
    0/731
    Blog Entries
    56
    Rep Power
    8

    Default

    gw dulu ga mudeng di ajarin ngukur tinggi kayak ginian, kirain pake rumus pitagoras, ternyata bukan...

    tapi kalau dilihat tinggi pohon=jarak pengamat+tinggi pengamat itu menurut gw terlalu spekulatif...
    visit my blog -> http://dejivrur.blogspot.com/
    twitter : @dejivrur instagram : @dejivrur

  6. #6

    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Ga tau gw juga
    Posts
    629
    Thank(s)
    0/12,026
    Rep Power
    6

    Default

    Ini kan juga bisa sbagai kompas klo ga salah. Klo orang jaman dulu cuman ngiket batu yang digantungin di tangan, trus ngira2 deh mana sudut 45 derajatnya. Ribet.

  7. #7

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    New World
    Posts
    1,073
    Thank(s)
    0/28
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    6

    Default

    hahaha pelajaran SD nih.. jadi terkenang masalalu.. masa di mana gag ngerti apa apa tentang Matematika.. sampe sekarang juga sama sih..

  8. #8

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    Semarang
    Posts
    21
    Thank(s)
    0/4
    Rep Power
    0

    Default

    bentar......
    abis d pikir2 ternyata bener jg yah
    tangen 45 = 1
    tangen = y/x jadi bisa dikatakan y = x
    wuih....cerdas tuh yg nemu

    o y kl g salah sudut 45 juga menghasilkan jarak tembak terjauh

  9. #9

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    490
    Thank(s)
    0/17,070
    Rep Power
    0

    Default

    YAh, ga hanya 45 derajat tuh yang sudut istimewa..
    90, 30, 60, 0 derajat juga istimewa kan??

    Sampe2 waktu kita sekolah SD ngapalin tuh nilai sin, cos, tan 5 sudut istimewa itu pake bantuan jari.. masih pada inget ga? ;)
    Regards,
    wiwi.22

  10. #10

    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    102
    Thank(s)
    0/9
    Rep Power
    0

    Default

    jadi inget pelajaran pramuka waktu SMP
    cara mengukur tinggi pohon, ngukurnya pake tongkat pramuka lagi hihihii

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia