Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 30

Thread: Kehancuran Titanic ( Dari sisi Science )
http://idws.in/66562

  1. #1
    Why u So Seriously hayasegawa's Avatar

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    Indonesia
    Posts
    927
    Thank(s)
    17/3,563
    Blog Entries
    5
    Rep Power
    5

    Thumbs up Kehancuran Titanic ( Dari sisi Science )

    TITANIC

    Show
    Well ini thread pertama ane gan,,skalian belajar nulis..sumpah ane ga copas dari mana2,tapi ane juga belom ngecek kalo2 ..but the most important is the info, right??
    Langsung aja,pasti agan2 skalian udah tau donk kecelakaan kapal Titanic?Bahkan sampai dibuat film documentary nya kan di tahun 90an..Ane mau bahas dari segi Engineering/Teknologinya kenapa tuh kapal bisa hancur.

    Show Sejarah Titanic

    Desainnya emang dibuat untuk kapal mewah (besar) dengan kecepatan rendah (21-22 knots). Kapal ini menghabiskan sekitar 650 ton per hari untuk berlayar, tapi yang gilanya, kapal ini sanggup membawa batubara untuk persediaan 10 hari pelayaran (bayangin seberapa gede nya gan).
    Titanic dibuat sama perusahaan kapal terkenal waktu itu, namanya Harland and Wolff. Pada jaman itu, ada 3 kapal terkenal dan besar yang dibuat sama perusahaan ini, yang pertama Olympic, kedua Titanic, ketiga Britanic. Dan Titanic sendiri diresmikan pada 31 Mei 1911.
    Desainnya menggunakan besi tempa sebagai penyambung (sejenis paku) antar pelat steel yang menjadi body kapal. Ada sekitar 3 juta penyambung di seluruh kapal. Dan semuanya dihitung detil dan teliti.
    Akhirnya pada 2 April 1912 Titanic melakukan pelayaran percobaan, dari Belfast (Irlandia) ke Southampton mengarungi Laut Irlandia. 2 hari kemudian sampe deh di Southampton. Beberapa hari kemudian dinyatakan siap untuk melakukan pelayaran perdana (pesiar).
    Show gambar pembuatan





    Show Pesiar

    10 April 1912 pagi, semua penumpang dan awak Titanic siap melakukan pelayaran perdananya. Pada siangnya, Titanic hampir bertabrakan dengan kapal penumpang the New York. Kemudian Titanic beristirahat sejenak di Cherbourg (Prancis) sore hari. 11 April 1912 pagi Titanic ngetem di Queenstown (Irlandia) buat naekin penumpang (mungkin kejar setoran kali yak). Terus kemudian baru berlayar meninggalkan Laut Irlandia.

    Show berangkat coy




    Di malam yang gelap, 14 April lautan sangat tenang. Pukul 11.40 waktu Greenland, sekumpulan bongkahan es tiba-tiba muncul di depan kapal, anjungan kapal segera disiagakan. Petugas memerintahkan kapal untuk mundur. Sekitar 40 detik, ketika Titanic berusaha merespon untuk merubah haluan, kemudian Titanic bertabrakan dengan bongkahan es yang diperkirakan bermassa 150,000-300,000 ton. Hufffffffff…..singkat kata Titanic mengalami kerusakan hebat di lambung kapal. Tercatat 6 kerusakan hebat pada Titanic. 15 April 1912 pukul 2:20 Titanic tenggelam dan menewaskan sekitar 1,500 orang.

    Show tabel kerusakan





    Show Penyeledikan

    Berikut investigasi yang dilakukan pada bangkai kapal Titanic.
    Show tabel investigasi para teman ahli





    Show SteelBaja

    Ini buat pengetahuan aja gan. Steel (baja) itu besi dengan kandungan karbon (C) tertentu. Biasanya kandungannya sebagai berikut nih :
    Baja karbon rendah ( low carbon steel)
    Baja karbon rendah mengandung maksimal 0,3% C, maks 1,5% Mn

    Baja karbon menengah (medium carbon steel)
    Baja karbon menengah mengandung karbon 0,3 – 0,6% dan Mangan 0,6-1,65%

    Baja karbon tinggi (High carbon steel)
    Baja karbon tinggi mengandung karbon 0,6 – 1,00% dan mangan 0,3 -0,9%

    Baja karbon supertinggi (ultrahigh carbon steel)
    Baja karbon supertinggi mengandung karbon 1,25 – 2%

    Dan ini pengaruh unsur-unsur di dalam baja:
    C (karbon)
    Logam baja ditambahkan dengan unsur karbon akan meningkatkan kekerasan dan kekuatan melalui perlakuan pemanasan tapi penambahan karbon dapat memperlebar range nilai kekerasan dan kekuatan bahan.

    Mn (Mangan)
    Mangan ditambahkan ke dalam baja akan memperbaiki sifat hot working dan meningkatkan kekuatan, ketangguhan dan mampu keras.
    Besi degan kandungan karbon di bawah 0,3 % masih digolongkan besi murni, tapi kalau sudah di atas 2,5% disebutnya besi tuang (besi cor).

    Show diagram fasa besi-karbon





    Dari kuliah ane (metalurgi), orang-orang jaman dulu karena masih kuno mikirnya kalo mau bikin besi yang keras dan kuat, ditambahkan unsur karbon sebanyak-banyaknya. Seperti misalnya juga pembuatan keris, yang dibakar pake arang (arang ini menghasilkan karbon).

    Namun yang belum mereka tahu, kalo kebanyakan karbon, besi malah jadi getas (brittle), mudah patah (sifatnya jadi kaya kaca/ genting, tapi kaca sangat amat getas, makanya disebut fragile). Coba agan-agan liat deh besi dragon yang buat pompa atau linggis, yang biasa dipatahin sama orang-orang beladiri. Itu smua termasuk golongan besi tuang/ cor dengan kandungan karbon sangat tinggi, makanya bisa dipatahin. Coba kalo orang-orang beladiri dikasih batang baja yang buat konstruksi jembatan, belum tentu bisa patah.

    Dan kemudian, mari kita lihat kandungan karbon dalam baja dari badan kapal Titanic. Jengjengjeng….. Buset, kandungannya sekitar 21% (0,21). Ini melebihi kandungan karbon dalam baja karbon supertinggi atau mendekati besi cor. Wuih pantesan aja mudah patah…

    Show Faktor lain DimensiUkuran

    Dimensi ato ukuran juga berpengaruh sama mudah tidaknya suatu struktur patah/pecah. Agan coba perhatiin, kalo ada orang mau patahin besi/linggis dalam atraksi beladiri, ga mungkin pakai besi yang ukurannya tinggal 10cm kan?karena sulit patahnya. Pasti pakenya besi yang agak panjang. Terus juga kalau mau patahin genting, ga mungkin pake genting yang udah bekas patahan ukuran kecil kan?Pasti pake genting ukuran lebar (dan kalo bisa setipis mungkin).

    Begitu juga kapal Titanic. Kebayang kan gan, pelat baja untuk badan kapal? Walopun mungkin tebalnya sangat tebal, tapi tetap aja bagian itu jadi bagian “tipis” yang mudah dipatahkan karena dimensi/ukurannya memang demikian. Sama aja kaya pelat baja yang dipake buat mobil, biar bagaimanapun, kalo nabrak pasti penyok-penyok juga.

    Show Pendekar Sakti





    Show Faktor lain TemperaturSuhu

    Temperatur atau suhu yang tercatat saat pelayaran itu adalah -2 C. Wuih rendah banget kan tuh.. dan itu bukan cuma berlaku buat manusia, tenyata logam juga bisa kedinginan. Dan material kalo kedinginan sifatnya berubah, dan jadi lebih getas/mudah patah. See? udah liat kan pengaruhnya? Badan kapal Titanic memang udah bersifat getas/mudah patah karena menggunakan baja dengan kardungan karbon supertinggi. Nah terus masih ditambah pengaruh suhu yang bikin tambah getas/mudah patah lagi.

    Dan sebenernya ini faktor yang penting banget. Karena pengaruh suhu ini ternyata cukup besar bikin si logam brittle atau mudah patah. Coba agan bayangin aja kalo di temperatur ruangan (kira-kira 27 C), kalo agan mukul balok es ke linggis, dalam logika aja pasti tau donk yang hancur esnya. Tapi kenapa Titanic yang (notabene) lebih keras dari linggis bisa hancur karena bertabrakan dengan bongkahan es? Ini jawabannya gan..hehehehehe…Mungkin bisa dicoba, mukulin balok es ke linggis tapi pastikan suhu linggisnya kira-kira -2 C. Apa yang terjadi?

    Sama seperti coklat. Coba agan beli Silverqueen dan taruh di meja (suhu ruangan) dalam keadaan telanjang bulat. Dan yang satu lagi taruh di freezer kulkas. 3 jam kemudian patahin dua-duanya. Mana yang lebih “garing”?


    Show Gambar rekayasa manusia





    Sekian nih gan investigasi saya. Harusnya ga repost, karena saya menterjemahkan sendiri, merangkum sendiri dan coba menggabungkan dengan ilmu dalam kepala saya hasil kuliah. Terlampir juga daftar pustaka.

    Show Referensi

    http://www.tms.org/pubs/journals/jom...kins-9801.html
    http://gadang-e-bookformaterialscien...-dan-baja.html
    http://1.bp.blogspot.com/_2TkYOUKjCi...sa_fe_fe3c.jpg
    http://www.thefabricator.com/article...d-alloy-steels
    http://resources.metapress.com/pdf-p...3&size=largest
    http://www.materialstoday.com/view/1...k-the-titanic/




    kalo bisa bagi ijo2 ama yah kk buat upah nulis....

  2. #2

    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Nu Gundam
    Posts
    1,257
    Thank(s)
    0/63
    Rep Power
    5

    Default

    Kekuatan alam emang gak bisa dianggap remeh... zaman modern gini aja tetap bencana alam segimana juga sulit dicegah. Paling juga di minimalisir kerusakannya atau di prediksi... selain itu juga ada yg gk bisa di prediksi..

  3. #3

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Between YoonSic
    Posts
    6,859
    Thank(s)
    0/55,753
    Rep Power
    10

    Default

    ngeri lah....sambil bawa2 bahan kuliah....

    yang jelas, titanic celaka gara2 Jack Dawson ama Rose DeWitt Bukater cipokan di geladak
    hal ini bikin orang di tiang pengawas teralihkan perhatiannya dari yang seharusnya ngeliatin jalur titanic di depan, jadinya malah nontonin orang cipokan
    akibatnya...pas ada gunung es, taunya telat.

    jadi sekarang tau kan siapa yg salah?
    iss:iss:iss:

  4. #4

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    Emptiness
    Posts
    560
    Thank(s)
    0/1,313
    Rep Power
    5

    Default

    anu kaka
    boleh ikut nambahin ga?
    sy prnah nonton acara apa gitu, ngebahas kehancuran titanic juga
    katanya, faktor utamanya tuh ada di sambungan bajanya itu
    jd sambungan yg waktu itu dibuat dengan asal-asalan dengan alasan menghemat biaya
    ternyata musibah itu berawal dari KORUPSI!!!
    dasar manusia2 busuk

  5. #5

    Join Date
    Dec 2008
    Location
    ۞PLG
    Posts
    1,648
    Thank(s)
    0/5,126
    Blog Entries
    5
    Rep Power
    7

    Default

    Quote Originally Posted by deathscythe666 View Post
    anu kaka
    boleh ikut nambahin ga?
    sy prnah nonton acara apa gitu, ngebahas kehancuran titanic juga
    katanya, faktor utamanya tuh ada di sambungan bajanya itu
    jd sambungan yg waktu itu dibuat dengan asal-asalan dengan alasan menghemat biaya
    ternyata musibah itu berawal dari KORUPSI!!!
    dasar manusia2 busuk
    ane juga pernah ntn national geografi di tv cable
    emang musibahnya terjadi di paku sambungan antar platnya..
    disitu bahan yang digunakan tidak dengan semestinya...
    hanya kira2 80%an dah...

  6. #6

    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Krystal's AF
    Posts
    856
    Thank(s)
    0/2,029
    Rep Power
    6

    Default

    iya, jgn mremehkan kekuatan alam, dan harusnya kapal pesiar semegah titanic harus benar2 diperhatikan segala sesuatunya... sngat tdk professional tuh

  7. #7

    Join Date
    May 2009
    Location
    bandung
    Posts
    1,555
    Thank(s)
    0/780
    Rep Power
    7

    Default

    betul kan titanic hancur oleh bongkahan es itu karena ulah manusia sendiri yaitu KORUPSII

  8. #8

    Join Date
    Nov 2009
    Location
    ontopoftheworld
    Posts
    5,026
    Thank(s)
    0/2,205
    Rep Power
    9

    Default

    Quote Originally Posted by dawerzzzz View Post
    betul kan titanic hancur oleh bongkahan es itu karena ulah manusia sendiri yaitu KORUPSII
    nah yg ini ane setuju bro
    dari dlu ampe skrang tu pnyakit gak ilang2 ya
    The sound of an old guitar is saving you from sinking

    that song you softly sing is keeping you from breaking

  9. #9

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    9x-7i>3(3x-7u)
    Posts
    5,231
    Thank(s)
    0/7,278
    Rep Power
    13

    Default

    hmmm...kl mnurut gw sih mereka gk meremehkan kekuatan alam..malah justru mereka belajar dr alam

    hanya saja pikiran atau pengetahuan yg beranggapan bahwa C (carbon) adalah unsur yg paling pokok sehingga dengan menambahkan banyak unsur tersebut kedalam komposisi dalam membuat kapal anti kandas pada zaman itu dianggap sangat benar...

    kini seiring berjalan nya waktu, anggapan itu pun berubah..dan memang terbukti salah..
    dan memang yg namanya sesuatu yg ditambahkan secara berlebihan itu pasti akan berdampak negatif..
    Last edited by keemchee; 02-02-2010 at 09:16 AM.
    If I just waiting, nothing will happen

  10. #10

    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Lolitannia ~
    Posts
    4,642
    Thank(s)
    0/2,587
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    11

    Default

    nice article

    sampe bawa-bawa bahan kuliah

    bener-bener ngasih gw pengetahuan baru soal karbon sama baja

    cendol lah bwat lw
    "If They are Good Enough, They're Old Enough" - Sir Matt Busby
    too lazy to upload ~

Page 1 of 3 123 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia