Page 1 of 22 1234511 ... LastLast
Results 1 to 10 of 216

Thread: Kekuatan Raksasa Militer Indonesia 1960
http://idws.in/71727

  1. #1

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Central Borneo
    Posts
    4,621
    Thank(s)
    30/27,665
    Blog Entries
    43
    Rep Power
    10

    Thumbs up Kekuatan Raksasa Militer Indonesia 1960

    Show

    1960-an, Era Presiden Sukarno.
    kekuatan militer Indonesia adalah salahsatu yang terbesar dan terkuat di dunia. Saat itu, bahkan kekuatan Belanda sudah tidak sebanding dengan Indonesia, dan Amerika sangat khawatir dengan perkembangan kekuatan militer kita yang didukung besar-besaran oleh teknologi terbaru Uni Sovyet.

    1960, Belanda masih bercokol di Papua. Melihat kekuatan Republik Indonesia yang makin hebat, Belanda yang didukung Barat merancang muslihat untuk membentuk negara boneka yang seakan-akan merdeka, tapi masih dibawah kendali Belanda.

    Presiden Sukarno segera mengambil tindakan ekstrim, tujuannya, merebut kembali Papua. Sukarno segera mengeluarkan maklumat "Trikora" di Yogyakarta, dan isinya adalah:
    1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan kolonial Belanda.
    2. Kibarkan Sang Saka Merah Putih di seluruh Irian Barat
    3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum, mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air bangsa.

    Berkat kedekatan Indonesia dengan Sovyet, maka Indonesia mendapatkan bantuan besar-besaran kekuatan armada laut dan udara militer termaju di dunia dengan nilai raksasa, US$ 2.5 milyar. Saat ini, kekuatan militer Indonesia menjadi yang terkuat di seluruh belahan bumi selatan.

    Kekuatan utama Indonesia di saat Trikora itu adalah salahsatu kapal perang terbesar dan tercepat di dunia buatan Sovyet dari kelas Sverdlov, dengan 12 meriam raksasa kaliber 6 inchi. Ini adalah KRI Irian, dengan bobot raksasa 16.640 ton dengan awak sebesar 1270 orang termasuk 60 perwira. Sovyet, tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat ini pada bangsa lain manapun, kecuali Indonesia. (kapal-kapal terbaru Indonesia sekarang dari kelas Sigma hanya berbobot 1600 ton).







    Angkatan udara Indonesia juga menjadi salahsatu armada udara paling mematikan di dunia, yang terdiri dari lebih dari 100 pesawat tercanggih saat itu. Armada ini terdiri dari :
    1. 20 pesawat pemburu supersonic MiG-21 Fishbed.
    2. 30 pesawat MiG-15.
    3. 49 pesawat tempur high-subsonic MiG-17.
    4. 10 pesawat supersonic MiG-19.




    Pesawat MiG-21 Fishbed adalah salahsatu pesawat supersonic tercanggih di dunia, yang telah mampu terbang dengan kecepatan mencapai Mach 2. Pesawat ini bahkan lebih hebat dari pesawat tercanggih Amerika saat itu, pesawat supersonic F-104 Starfighter dan F-5 Tiger. Sementara Belanda masih mengandalkan pesawat-pesawat peninggalan Perang Dunia II seperti P-51 Mustang.

    Sebagai catatan, kedahsyatan pesawat-pesawat MiG-21 dan MiG-17 di Perang Vietnam sampai mendorong Amerika mendirikan United States Navy Strike Fighter Tactics Instructor, pusat latihan pilot-pilot terbaik yang dikenal dengan nama TOP GUN.



    Indonesia juga memiliki armada 26 pembom jarak jauh strategis Tu-16 Tupolev (Badger A dan B). Ini membuat Indonesia menjadi salahsatu dari hanya 4 bangsa di dunia yang mempunyai pembom strategis, yaitu Amerika, Rusia, dan Inggris. Pangkalannya terletak di Lapangan Udara Iswahyudi, Surabaya.

    Bahkan China dan Australia pun belum memiliki pesawat pembom strategis seperti ini. Pembom ini juga dilengkapi berbagai peralatan elektronik canggih dan rudal khusus anti kapal perang AS-1 Kennel, yang daya ledaknya bisa dengan mudah menenggelamkan kapal-kapal tempur Barat.

    Indonesia juga memiliki 12 kapal selam kelas Whiskey, puluhan kapal tempur kelas Corvette, 9 helikopter terbesar di dunia MI-6, 41 helikopter MI-4, berbagai pesawat pengangkut termasuk pesawat pengangkut berat Antonov An-12B. Total, Indonesia mempunyai 104 unit kapal tempur. Belum lagi ribuan senapan serbu terbaik saat itu dan masih menjadi legendaris sampai saat ini, AK-47.

    Ini semua membuat Indonesia menjadi salasahtu kekuatan militer laut dan udara terkuat di dunia. Begitu hebat efeknya, sehingga Amerika di bawah pimpinan John F. Kennedy memaksa Belanda untuk segera keluar dari Papua, dan menyatakan dalam forum PBB bahwa peralihan kekuasaan di Papua, dari Belanda ke Indonesia adalah sesuatu yang bisa diterima.

    Code:
    http://beritanyata.blogspot.com/2010/02/kekuatan-raksasa-militer-indonesia-1960.html
    http://www.indowebster.web.id/signaturepics/sigpic13456_59.gif
    ‎"Nobody's Perfect"... artinya gak ada body yang sempurna

  2. #2
    usshole Wiii~ gundamkeren's Avatar

    Join Date
    Aug 2009
    Location
    #touhou
    Posts
    4,088
    Thank(s)
    0/1,861
    Blog Entries
    8
    Rep Power
    8

    Default



    wah gk nyangka bisa jadi salah satu terkuat didunia


    tapi kalo skarang malah


    brarti rusia dulu baik bgt ya sama indo koq skarang gk ad kabarnya y


    ttthriiickk oorbb bbb....

  3. #3

    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    359
    Thank(s)
    0/154
    Rep Power
    0

    Default

    blum rusia kk waktu itu klo gak salah masih uni soviet n masih lekat dgn paham komunis, oleh krn itu dia loyal bgt sama indonesia CMIIW

    presiden Soekarno pada jaman itu emang paling disegani.

    mungkin krn melihat kekuatan besar itu makanya musuh2 indonesia berupaya utk menghancurkannya dgn memusnahkan partai komunis di indonesia n melengserkan presiden Soekarno. ktanya sih bener gaknya terserah yg baca aja deh iss:

  4. #4

    Join Date
    Nov 2009
    Location
    bandung
    Posts
    1,840
    Thank(s)
    0/6,341
    Rep Power
    6

    Default

    intinya kekuatan Indonesia udah m'ngalami k'munduran
    jagain daerah pertahanan aja udah ketar ketir
    jadi ng'ness gu ng'bandinginnya

  5. #5

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Graveyard_Squad
    Posts
    616
    Thank(s)
    0/2,739
    Rep Power
    6

    Default

    bah jagan tanya dah kalo sekarang gimana kekuatan militer Indonesia,itu kapal selem dari banyak gitu sekarang tinggal 2, uda gitu katanya yg satu mogok mlo
    parah dah parahhhh...
    btw itu pesawat pembom ama heli terbesar masih aktif gan sekarang

  6. #6

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Between YoonSic
    Posts
    6,978
    Thank(s)
    0/56,124
    Rep Power
    10

    Default

    Quote Originally Posted by hiro View Post
    blum rusia kk waktu itu klo gak salah masih uni soviet n masih lekat dgn paham komunis, oleh krn itu dia loyal bgt sama indonesia CMIIW

    presiden Soekarno pada jaman itu emang paling disegani.

    mungkin krn melihat kekuatan besar itu makanya musuh2 indonesia berupaya utk menghancurkannya dgn memusnahkan partai komunis di indonesia n melengserkan presiden Soekarno. ktanya sih bener gaknya terserah yg baca aja deh iss:
    yup masih sovyet yg berhaluan komunis
    karena PKI waktu itu merupakan partai terbesar di Indonesia, makanya sovyet deket bgt ama Soekarno n Indonesia
    tapi soeharto yg pro barat melakukan 'KUDETA MERANGKAK' (istilah dunia barat)
    http://www.indowebster.web.id/signaturepics/sigpic116346_12.gif

    TIDAK MELAYANI PERMINTAAN LINK DAN REUPLOAD FILE SOSHIFIED

  7. #7

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Bhumi Arema
    Posts
    281
    Thank(s)
    1/750
    Rep Power
    0

    Default

    mo koreksi bro
    bandara iswahyudi itu di madiun bukan di surabaya ...
    klo surabaya namanya Juanda

    btw ... nice story ...
    semoga militer Indonesia bisa jadi kuat lagi kaya taon 60'an, biar ga diremehin bangsa lain ...

  8. Who Said Thanks:


  9. #8

    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Midle Earth
    Posts
    188
    Thank(s)
    0/39,057
    Rep Power
    0

    Default

    he eh shrsnya kita udah jadi negara komunis besar dunia
    bersama2 dgn china, soviet (waktu itu) dan kuba dgn soviet sbg 'investor utama'.

    tapi apa lacur ternyata soekarno lebih dulu di kudeta dalam selimut sblm terlaksana.

  10. #9

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    indonesia
    Posts
    154
    Thank(s)
    0/7
    Rep Power
    0

    Default

    dengarnya sich...... katanya biaya pembelian peralatan militer yg disebutin tadi, katanya pake acara barter ( pernah baca waktu sd klo kg salah barternya pake minyak, entah minyak tambang ato minyak goreng)......

    tapi yg jelas dulu indonesia itu negara yg sangat menakutkan...... saking hebatnya pernah buang sampah pake bomber tu-16 badger di australia (baca di angkasa klo kg salah.....)

  11. #10

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Palembang
    Posts
    420
    Thank(s)
    0/73
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by mentor View Post
    he eh shrsnya kita udah jadi negara komunis besar dunia
    bersama2 dgn china, soviet (waktu itu) dan kuba dgn soviet sbg 'investor utama'.

    tapi apa lacur ternyata soekarno lebih dulu di kudeta dalam selimut sblm terlaksana.
    ingat nasakom....nasionalisme, agama dan komunis.....jika itu digabungkan
    gak ada kejelekan faham kita....Sempurna

Page 1 of 22 1234511 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia