Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 23

Thread: Honda Tiger REVO - 2008
http://idws.in/76291

  1. #1

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    C:\Local Disk
    Posts
    228
    Thank(s)
    2/411
    Rep Power
    0

    Question Honda Tiger REVO - 2008


    Meski akhir akhir ini produk keluaran Astra Honda Motor mendapat kritikan tajam disana sini, sebenarnya ada beberapa sisi positif yang dimiliki produk keluaran Honda, salah satunya dari varian Tiger Revo. Meski memiliki teknologi usang dan hanya berganti cassing, tapi masih ada juga yang membeli motor nya kan? Berarti dengan segala kekurangan di sana sini masih ada sisi positif yang bisa diambil dari produk AHM yang satu ini.

    Teknologi dan penampilan Honda Tiger Revo

    Tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh pihak AHM ketika mempensiunkan Honda Tiger 2000 dan menggantinya dengan Honda Tiger Revo. Bahkan perubahan yang dilakukan oleh AHM pada penampilan bisa dihitung dengan sebelah tangan. Tapi ternyata perubahan tersebut cukup efektif, terutama dimata orang awam. Perubahan yang paling terlihat jelas adalah pada bentuk panel, yang tadinya minimalis, kini menjadi lebih maximalis bahkan bisa dikatakan menjadi mirip dengan Honda CBF 250. Pemasangan velg CW dan rem cakram belakang memang sepintas langkah sederhana, namun itu sudah cukup untuk membuat penampilan Tiggy Revo menjadi lebih kekar. Suspensi belakang standar diganti oleh suspensi Air Cushion, membuat motor menjadi sedikit terlihat hi-tech. Dengan perubahan yang dilakukan tersebut membuat Tiger Revo memiliki tampilan yang cukup sangar dan wibawa terutama di banding motor lainya yang sekelas.

    Untuk urusan mesin, dan sasis memang tidak berubah. Tetapi ada hal positif yang dapat diambil disini. Sasis Tiger 2000 terbukti cukup andal, terutama untuk di pakai di perkotaan. Meskipun mesin Tiger dikenal tidak lincah dan cenderung lamban, namun untuk pemakaian di dalam kota dengan kisaran kecepatan 60 - 80 km/jam dijamin mesin rancangan awal tahun 90an ini masih cukup memadai. Apalagi mengingat kesamaan dasar rancangan dengan Tiger 2000 baik mesin maupun sasis membuat konsumen dan mekanik AHM tidak kesulitan untuk mengganti suku cadang ataupun memperbaiki Tiger Revo. Yang bisa dijadikan catatan adalah, AHM membuat motor dengan penampilan yang cukup sangar sekaligus untuk menutupi performa mesin yang agak kurang. Barang kali AHM menarik kesimpulan dari moge. Karena umumnya moge memiliki penampilan yang besar dan berwibawa, moge tidak perlu sprint atau ngebut untuk menunjukan performanya, cukup hanya dengan melihatnya saja sudah bisa menjelaskan performa yang dimiliki moge tersebut. Atas dasar pemikiran inilah AHM merasa cukup hanya merubah penampilan luar Tiger Revo dan mengabaikan peningkatan teknologi dan performa mesinya.

    Kenapa Membeli Tiger Revo ?

    Ada tiga alasan Tiger Revo masih memiliki banyak konsumen. Pertama adalah kesetiaan pada brand Honda. Kedua adalah alasan ekonomi, dan yang terakhir adalah karena ketidak tahuan akan perkembangan teknologi.

    *

    Kesetiaan pada Brand Honda.

    Untuk alasan yang satu ini memang sering terjadi. Tapi umumnya hanya terjadi pada konsumen motor besar (moge) Eropa atau Amerika seperti Harley-Davidson, Ducati atau Mv Agusta. Hal ini bisa dimaklumi karena umumnya konsumen moge membeli motor hanya untuk having fun dan bukan digunakan untuk kendaraan harian. Namun kita tidak boleh mengabaikan fakta bahwa Honda memiliki sejarah panjang pada dunia roda dua di Indonesia, sehingga tidak sedikit orang yang menggunakan motor Honda secara turun temurun, sehingga memiliki ikatan emosional pada brand Honda. Jangan lupa meski tidak didukung penuh oleh ATPM Honda, Tiger memiliki fans club yang cukup besar di tanah air dengan anggota ribuan orang, yaitu HTML.

    *

    Faktor alasan Ekonomis

    Dengan luasnya jaringan servis dan suku cadang Honda di Indonesia, membuat konsumen Honda Tiger Revo merasa tenang bahwa motornya tidak akan mendapat kesulitan apabila mereka mengalami kerusakan dimanapun mereka berada. Apalagi kesamaan mesin dan sasis Tiggy Revo dan Tiggy 2000 yang sudah teruji ketahananya juga akan memudahkan mekanik dalam memperbaiki kerusakan dan mengganti suku cadang. Semuanya berimbas pada harga jual kembali Honda Tiger Revo yang cukup tinggi bila dibanding motor dari merk lainya yang sekelas.

    *

    Ketidak tahuan konsumen akan teknologi.

    Kalau yang terakhir ini mungkin sangat relatif. Namun bagi orang yang tinggal di daerah terpencil ataupun bagi mereka yang baru memulai menjadi bikers, memiliki motor berpenampilan jantan dan gagah adalah hal yang lumrah. Sehingga penampilan luar Honda Tiger Revo yang lebar dan kekar bagaikan gayung bersambut. Asumsi bahwa motor dengan tampilan sangar biasanya memiliki performa dahsyat pun turut mempengaruhi pilihan mereka. Ambil contoh termudah, ketika berhenti di lampu merah, jika kita lihat penampilan Tiggy Revo yang lebih kekar jika dibandingkan motor lainya semakin membuat terpesona para konsumen awam tersebut. Sayangnya jika konsumen awam tersebut membeli Tiger Revo dengan tujuan tidak hanya untuk penampilan, namun juga untuk performa tentunya mereka akan merasa kecewa dengan motor barunya.

    Kesimpulanya : Beli Tiger Revo atau pilih motor merk lain?

    Jika anda merupakan orang yang setia dengan produk Honda dan mengedepankan faktor ekonomi, kenapa tidak? Ikatan emosional antara bikers dengan merk motor tidak bisa dikesampingkan. Jaringan purna jual AHM yang luar biasa luas dan harga jual kembali yang tinggi pun tidak bisa dilewatkan begitu saja. Penggunaan mesin lama yang sudah teruji kemampuanya juga menambah faktor “aman” dalam membeli motor. Apalagi jika anda membeli Tiggy Revo untuk menjadikanya kuda besi harian dan tidak berniat memakainya untuk kebut kebutan, dijamin anda tidak akan kecewa dengan pilihan anda. Tiger Revo memang motor yang berpenampilan elegan untuk konsumen yang mapan…setuju?

    Tetapi jika anda bikers yang masih mencari bentuk, dalam arti masih mencari motor yang sempurna dari segi penampilan dan performa sebaiknya anda menjauhi showroom motor berlambang sayap. Karena dijamin anda akan kecewa berat. Masih ada ATPM lain yang menawarkan produk yang jauh lebih bermutu dibanding Tiger Revo. Bajaj contohnya, kesampingkan image Bajaj yang masih minus. Namun Pulsar 180 DTSi menawarkan penampilan yang tidak kalah sangar dibanding Tiggy. Dari sisi performa apalagi, Pulsar dengan kapasitas mesin lebih kecil dan harga yang jauh lebih murah dijamin lebih superior dari Tiggy. Atau mungkin jika anda masih kurang yakin dengan Bajaj masih ada kok Yamaha V-ixion dan Suzuki 150 FU. Meski V-ixion terlihat kurus dan FU adalah bebek, namun dengan performa yang mereka miliki dijamin dapat mempermakukan Tiger Revo dengan sangat sangat mudah.
    1st post. maaf apakah seperti ini yg dimasud otomotif?.

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Retirement
    Posts
    40,805
    Thank(s)
    0/24,599
    Blog Entries
    66
    Rep Power
    70

    Default

    Keknya sich bener

    Sepeda motor kan penting banget brandnya.
    Kalo brandnya tidak terlalu dikenal bingung dah nyari tempat servisnya kalo ada apa2.
    Oh ya, ni sepeda motor berapa cc yah mesinnya
    We're (not) so unusual

  4. #3

    Join Date
    Feb 2010
    Location
    Solofornia
    Posts
    123
    Thank(s)
    0/333
    Rep Power
    0

    Default

    motor keren....

  5. #4

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    White House
    Posts
    616
    Thank(s)
    0/2,810
    Rep Power
    6

    Default

    Quote Originally Posted by zz11 View Post
    Keknya sich bener

    Sepeda motor kan penting banget brandnya.
    Kalo brandnya tidak terlalu dikenal bingung dah nyari tempat servisnya kalo ada apa2.
    Oh ya, ni sepeda motor berapa cc yah mesinnya
    180 cc klo gk salah....

  6. #5

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    JAKARTA
    Posts
    37
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    Sayangnya perawatan lumayan mahal, pengalaman pake tiger tahun 1998 udah ganti rante 2X, kenalpot 3X,
    tengki bahan bakar 2X( penyakitnya suka bocor harus dikuras 3 bulan sekali kata bengkelnya )
    harus rajin service deh intinya...

  7. #6

    Join Date
    Nov 2009
    Location
    eX-c
    Posts
    500
    Thank(s)
    0/799
    Blog Entries
    5
    Rep Power
    6

    Default

    yup.. AHM sangat jeli ngeliat "keuntungan" dari komunitas/club.
    padahal teknologinya ga ada perubahan sama sekali cuman tampilan aja yg baru.
    blom sparepartnya ga kuat laah... imo

  8. #7

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    C:\Local Disk
    Posts
    228
    Thank(s)
    0/411
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by zz11 View Post
    Keknya sich bener

    Sepeda motor kan penting banget brandnya.
    Kalo brandnya tidak terlalu dikenal bingung dah nyari tempat servisnya kalo ada apa2.
    Oh ya, ni sepeda motor berapa cc yah mesinnya
    Di stnk ane sih tertulis 196cc bro, itu nyang revo baru yg 2 lampu........
    Quote Originally Posted by lanankz View Post
    motor keren....
    harganya juga keren
    Quote Originally Posted by natands View Post
    Sayangnya perawatan lumayan mahal, pengalaman pake tiger tahun 1998 udah ganti rante 2X, kenalpot 3X,
    tengki bahan bakar 2X( penyakitnya suka bocor harus dikuras 3 bulan sekali kata bengkelnya )
    harus rajin service deh intinya...
    Bengkel mna yak.....AHAS?, klo menurut saya bro, asal tidak dibelikan bensin eceran(kualitas campuran minyak gas) dan ga keseringan kehabisan bensin, dan kadang2 sekali2 di isi full tank,Insyaallah ga ada masalah, ane juga punya dulu yg Tiger 2000 th.2000 ga pernah sekalipun tanki bocor. klo masalah rantai...klo pengen awet coba gunain rante sepada motor satriya, dijamin suara kemracak ilang........
    Rajin service?... tergantung pemakaian bro klo rata2 tuh motor jarak jelajah jauh2...service 3bulan sekali its ok, klo jarak tembuh cma 3-5km perharinya.... 6bulan baru ane service, dan kata bengkelnya juga its ok.
    Quote Originally Posted by azkareza View Post
    yup.. AHM sangat jeli ngeliat "keuntungan" dari komunitas/club.
    padahal teknologinya ga ada perubahan sama sekali cuman tampilan aja yg baru.
    blom sparepartnya ga kuat laah... imo
    Itulah kekurangan Honda TIGER revo ini, ga ada spect yang menonjol, coba ajah monoshock, spedo digital, cc ditambah pasti Honda akan lebih unggul

  9. #8

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    BANDUNG
    Posts
    28
    Thank(s)
    0/2,165
    Rep Power
    0

    Default

    untuk cc klo g salah 196 cc

    asal tw diameter x langkah piston bisa dicari qo cc`y..

    itung aja pake rumus


    kapasitas (cc)=π/4×〖Diameter piston〗^2×Langkah piston

    piston`y pke satuan cm y...(biasa`y dlm mm)
    iss:

  10. #9

    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    118
    Thank(s)
    0/121
    Rep Power
    0

    Default

    Capeeeee!!!
    Dolo gosip2ny...
    Katany mo make monoshock,,
    katany mo upside down shock depan,,,
    Bo'ong ah... g beli gw....
    zzzzzzzzzz

    (alesan sebenarny: G PUNYA DUIT BWT GNTI K TIGER REVO!!!)
    masih make tigi lama taon 2004..
    cuma bs ngiri liat orang2 yang bw tigi revo dgn cakram blkng.....

  11. #10

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    RS-05V5Bo2ter
    Posts
    4,249
    Thank(s)
    1/76,193
    Rep Power
    21

    Default

    Quote Originally Posted by azkareza View Post
    yup.. AHM sangat jeli ngeliat "keuntungan" dari komunitas/club.
    padahal teknologinya ga ada perubahan sama sekali cuman tampilan aja yg baru.
    blom sparepartnya ga kuat laah... imo
    kalau bicara masalah teknologi, gag selamanya teknologi yg kelewat pesat bakal cocok untuk semua rider bro.
    buat rider di daerah, ketersediaan sparepart sangat amat menjadi prioritas. mereka akan berfikir berkali-kali sebelum membeli Motor keluaran dan teknologi terbaru karena mikir ketersediaan sparepartnya.

    sebagai contoh: gw make Jupiter-MX 2009, blocknya bolong (terbentur batu), mesti nunggu 3 bulan untuk bisa mendapatkan penggantian.
    contoh lain: RX-King yg notabene dari generasi-kegenerasi gag ada perubahan signifikan masih banyak melintas, salah satunya ya karena kemudahan untuk penggantian sparepartnya.
    Hacking = retired, Cracking = retired, Phreaking = retired, Carding = retired

    need CWM/TWRP? vm aje, i'm happy to help u

  12. Who Said Thanks:


Page 1 of 3 123 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia