Page 1 of 18 1234511 ... LastLast
Results 1 to 10 of 179

Thread: Tips Menggunakan Earphone Supaya Tidak Tuli
http://idws.in/81487

  1. #1

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    BOGOR-JAKARTA
    Posts
    2,366
    Thank(s)
    23/5,203
    Blog Entries
    4
    Rep Power
    7

    Default Tips Menggunakan Earphone Supaya Tidak Tuli

    Ini caranya menggunakan 'earphone' pada alat pemutar musik dengan baik dan benar..
    Slamat menyimak Gan...


    (maaf bukan maksud menyinggung salah satu merk, hanya ilustrasi saja..)

    Pemakaian 'earphone' atau alat pendengar secara tidak tepat dan berlebihan bisa menyebabkan ketulian. Masalah ini banyak diderita oleh para remaja. Dan, berdasarkan penemuan Komnas Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian, hal ini telah dialami oleh beberapa remaja yang menggunakan 'earphone' pada alat pemutar musik dalam pesawat dari Bangkok ke Jakarta dan dari Amerika ke Jakarta.

    “Saat sampai di Bandara Cengkareng, telinga mereka menjadi tuli dengan derajat ketulian 110 decibel (db). Sedangkan normal pendengaran kita 0-25 db,” kata Ketua Komnas Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian, Damayanti Soetjipto pada pencanangan Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran di SDN 05 Rawasari, Jakarta Pusat, Rabu 3 Maret 2010.

    Menurutnya, jika telah terjadi gangguan seperti ini akan sulit untuk diobati dan disembuhkan. Bahkan hal terburuk yang akan terjadi adalah mengalami tuli permanen. Pengobatan yang dilakukan pun hanya bisa mengembalikan derajat ketulian menjadi 55 db dan ini termasuk dalam kategori ketulian derajat sedang-berat yang tidak akan mungkin kembali normal.

    Dan perlu diketahui, gejala awal gangguan ini hanya di nada tinggi sehingga sering tidak dirasakan karena umumnya kita bercakap-cakap dalam nada rendah. Setelah semua frekwensi terkena, baru terasa bahwa pendengaran terganggu dan sudah terlambat untuk diobati.

    Untuk itu, agar terhindar dari ketulian, gunakan alat pemutar musik dengan baik dan benar. Bagimana caranya, berikut tipsnya :

    - Volume tidak boleh lebih dari 80 db atau tombol volume dipasang pada 50-60 % total volume.

    - Jangan terlalu lama mendengarkan musik melalui earphone, apalagi terus menerus. Beri istirahat telinga setiap -1 jam. Sebab jika organ dalam koklea merasa capek, pendengaran bisa mengalami rusak permanen.

    - Gunakan alat pemutar musik yang memiliki volume control

    - Jangan gunakan alat pemutar musik dalam pesawat terbang atau pada lingkungan ramai, sebab di situasi itu Anda cenderung menaikkan volume yang akan merusak pendengaran.


    Sumber

    Show Sumber Lainnya Mengatakan Sebagai Berikut

    Penggunaan earphone yang masuk sampai ke dalam telinga ternyata berbahaya bagi telinga, terlebih jika digunakan dalam waktu yang lama dan volume yang melebihi batas toleransi pendengaran.

    Bahaya pengguaan earphone mulai dari suara mendenging atau tinnitus sementara sampai pada kerusakan saraf pendengaran pada telinga. Oleh karena itu, berikut beberapa tips sehat menggunakan earphone bagi telinga:

    1. Usahakan copot earphone setiap 20 menit

    2. Pasang volume yang tidak terlalu besar, jika anda sudah tidak dapat mendengar suara di sekitar anda, sebaiknya kecilkan volume earphone

    3. Pastikan ada label ‘CE’ atau ‘SNI’ pada earphone yang anda beli

    4. Jangan pasang earphone sampai menusuk ke dalam telinga

    5. Pilih pemutar musik yang suaranya tidak lebih dari 95 desibel


    Sumber : informasikesehatan.com
    Sumber


    Show Sumber Lainnya Lagi Mengatakan Sebagai Berikut


    Perkembangan teknologi elektronik dan kompresi audio maupun video saat ini semakin canggih, hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya produk pemutar file digital portabel. Music Player 3 (MP3), MP4, atau handphone player (iPod) adalah beberapa contoh alat pemutar musik yang sekarang ini digemari masyarakat.

    Disamping kualitas yang selalu membaik, bentuk dan ukurannya pun juga semakin beragam dengan harga terjangkau. Umumnya, untuk mendengar lagu favorit orang menggunakan earphone (headset) yang dikenakan di telinga. Tak hanya dalam waktu 1 atau 2 jam, bahkan saat santai orang biasanya betah mendengarkan musik hingga lebih dari lima jam, padahal sebenarnya dalam jangka panjang alat tersebut dapat mengganggu telinga.

    Dalam sebuah perangkat pemutar file digital yang didengarkan melalui earphone, energi suara yang dihasilkan adalah berada di atas 90 dB (desibel). Suara dengan intensitas energi sebesar ini kurang lebih sama dengan yang dimiliki oleh mobil atau mesin pemotong rumput. Sehingga dapat dibayangkan berapa besar intensitas energi suara yang masuk ke dalam telinga. Berdasarkan standar kesehatan telinga yang diakui nasional maupun dunia internasional, seseorang hanya diperbolehkan menerima energi suara maksimal 80 dB secara terus menerus selama maksimal delapan jam.

    Jika intensitas energi suara yang diterima menjadi dua kali lipatnya atau 83 dB (dalam skala dB), maka maksimal waktu yang diperbolehkan adalah hanya empat jam. Kemudian jika intensitas naik menjadi 86 dB maka durasi waktu yang diperbolehkan hanya dua jam, terlebih jika di atas 90 dB tidak boleh mendengarkan lebih dari satu jam. Hal ini dimaksudkan agar telinga tidak mengalami gangguan pendengaran, baik yang bersifat permanen maupun sementara.

    Menurut dr Erlangga Eka G, MKes, Sp.THT, spesialis telinga, hidung dan tenggorokan dari Rumah Sakit dr Oen Surakarta, efek penggunaan dari earphone yang terlalu sering akan muncul dalam jangka panjang. “Radiasi maupun frekuensi yang ditimbulkan oleh earphone yang digunakan secara terus-menerus terlebih dengan suara yang keras akan mengganggu syaraf-syaraf pada telinga, akibatnya orang dapat mengalami gangguan fungsi pendengaran,” papar Erlangga.

    Mengubah Energi

    Dalam proses pendengaran, bunyi yang keluar dari berbagai macam benda ditangkap kemudian dapat didengar oleh telinga melalui sejumlah proses. Saat suara masuk, tulang-tulang pendengaran akan bergetar kemudian diteruskan ke bagian koklea (rumah siput) yang terletak di tengah telinga.

    Pada bagian koklea terdapat sel-sel rambut yang berfungsi menangkap rangsangan atau frekuensi suara. Sel ini juga berfungsi mengubah energi akustik menjadi rangsang listrik untuk diteruskan ke pusat persepsi pendengaran di otak.

    Menurut Erlangga, suara yang berfrekuensi lebih dari 80 dB dapat membuat sel-sel rambut mengalami kelelahan, jika terus mengalami kelelahan maka lama-kelamaan akan mengalami kerusakan. Kerusakan pada sel rambut menyebabkan terganggunya proses mendengar, akibatnya terjadinya penurunan fungsi pendengaran.

    “Jadi perlu waspada bagi masyarakat yang gemar mendengarkan musik hingga berjam-jam dengan earphone karena ketulian dapat menyerang lebih awal. Pada awalnya, telinga yang sering menggunakan earphone tidak merasakan apa-apa. Tetapi ketika hendak mencabut earphone, telinga terasa panas dan berdengung (titinus).

    Itu terjadi akibat kelelahan dan kekakuan tinggi koklea yang disebabkan oleh suara musik yang terjebak di dalam telinga bagian tengah. Kelelahan koklea yang terjadi terus-menerus dan tak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pendengaran menetap,” paparnya.
    Titinus sebenarnya adalah hal yang normal karena merupakan tanda telah terjadi kerusakan di dalam sel rambut.

    Namun, akibat seringnya terjadi kerusakan, akan menjadi permanen karena sel-sel yang rusak tidak dapat memperbaiki diri sendiri atau mati. Tak hanya dari earphone, gangguan fungsi pendengaran juga dapat timbul dari penggunaan handphone dan sumber kebisingan lain seperti konser musik, mesin pabrik atau ledakan yang dapat menyebabkan trauma akustik. “Jika terjadi gangguan tuli syaraf, maka salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan mengenakan alat bantu pendengaran,” pungkasnya. (Ikrob Didik Irawan)

    Sumber


    Smoga bermanfaat... iss:

    Show BONUS

    -Akibat Menelepon Terlalu Lama
    -Benarkah Oatmeal Terampuh Tekan Kolestrol?
    -Fakta Lain Seputar Nikotin
    -Fakta Oral Seks yang Belum Banyak Diketahui
    -Hamil Bikin Hilang Ingatan?
    -Ibu Merokok Pengaruhi Kualitas Sperma Anak!!
    -Kenali Penyebab Mudah Lupa..
    -Kenapa Habis Makan Terus Ngantuk?
    -Kismis Manis Bermanfaat
    -Kuning Telur Vs Kesehatan Jantung
    -Lensa Kontak Khusus Obati Berbagai Penyakit
    -Lima Makanan Pendongkrak Seksualitas
    -Lima Mitos Kanker Payudara
    -Obat Melawan Rasa Takut akan Segera Muncul
    -Obat Seks 'Madu Gila' Ternyata Beracun..!!
    -Pasien Kanker Testis dan Ovarium Masih Bisa Punya Anak..
    -Penyebab Bayi Lahir Kekurangan Oksigen
    -Sakit Kepala Bisa Sembuh Tanpa Obat..
    -Seberapa Aman MSG Dikonsumsi?
    -Sindrom Takut Mr.P Hilang...
    -'Smart Pain', Ancaman Baru Bagi Para Pengguna Ponsel
    -Soda dan Kualitas Sperma
    -Tanda-tanda Orang Ingin Bunuh Diri
    -Tanda-tanda Overdosis Vitamin
    -Teflon (Lapisan Anti Lengket) itu Berbahaya!!!
    -Tidurlah dengan Lampu Mati..
    -Tips Menggunakan Earphone Supaya Tidak Tuli
    -Tombol Lift Lebih Kotor dari Dudukan Toilet!!
    Attached Images Attached Images
    Last edited by finoeci; 18-11-2010 at 08:28 PM.

  2. #2

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    on EARTH
    Posts
    223
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    hooo,,,,
    kebiasaan ane dengerin musik sambil dijalan
    klo diluar brisik, ane gedein volume.
    bnr2 kebiasaan buruk

  3. #3

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    BOGOR-JAKARTA
    Posts
    2,366
    Thank(s)
    0/5,203
    Blog Entries
    4
    Rep Power
    7

    Default

    @zeinkawaii : ati2 Bro dobel post....bahaya nanti

  4. #4

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    ndarjo
    Posts
    281
    Thank(s)
    0/26
    Rep Power
    0

    Default

    kebanyakan ndengerin pake earphone nih.
    sakit banged rasanya telinga, padahal paling lama cuman 1 jam

  5. #5

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    279
    Thank(s)
    0/46
    Rep Power
    0

    Default

    Wah ane biasanya maen game n nonton film di PC soundnya pake earphone or headphone neh dengan suara 20%, berarti masih aman dong yah ???

  6. #6
    -=Lucky Bastard=- kulocaki's Avatar

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Malang
    Posts
    5,142
    Thank(s)
    0/48,557
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    10

    Default

    woh gila... wa bisa maen game pake headset bisa ampe 12jam lebih

    gimana neh....

  7. #7

    Join Date
    May 2009
    Location
    surabaya
    Posts
    1,586
    Thank(s)
    0/1,104
    Rep Power
    6

    Default

    biasanya kalau aku sering terlalu lama pakai earphone masalahnya yaitu kupingku jadi cepet kotor
    bakterinya ikut joget kali ya
    Last edited by josher; 09-06-2012 at 08:09 PM.
    I hate You, God, for i'm being born

  8. #8

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    BOGOR-JAKARTA
    Posts
    2,366
    Thank(s)
    0/5,203
    Blog Entries
    4
    Rep Power
    7

    Default

    Quote Originally Posted by xenan View Post
    kebanyakan ndengerin pake earphone nih.
    sakit banged rasanya telinga, padahal paling lama cuman 1 jam
    ati2 Gan,takutnya emg bukan karna pake earphone,coba cek ke dokter...
    pokoknya yg penting jgn ampe pol volumnya,jaga dibawah 50% kalo bisa, truz istirahat tiap 1 jam..

    Quote Originally Posted by Rei78 View Post
    Wah ane biasanya maen game n nonton film di PC soundnya pake earphone or headphone neh dengan suara 20%, berarti masih aman dong yah ???
    Kalo menurut artikel yg ane kutip, masih aman qo Gan... ^^

    Quote Originally Posted by kulocaki View Post
    woh gila... wa bisa maen game pake headset bisa ampe 12jam lebih

    gimana neh....
    yg penting ttp dibawah 50% aja Bro volumnya, truz istirahatin kuping ente tiap 1 jam ^^
    Quote Originally Posted by darkpsycho View Post
    mati gw bisa 2 jam lebih gw, mana volmenya gede yg diputer musik metal kaya Children of Bodom
    jgn sering2 Bro kalo bisa, gw aja lgsg ngeri abis baca ni berita

    Quote Originally Posted by josher View Post
    biasanya kalau aku sering terlalu lama pakai earphone masalahnya yaitu kupingku jadi cepet kotor
    bakterinya ikut joget kali ya
    bisa aja ni Bro....
    mungkin juga x ya....

  9. #9

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Gyeonggi-Do
    Posts
    5,609
    Thank(s)
    0/1,184
    Rep Power
    29

    Default

    saya sih biasa pakai headphone daripada earphone..

    karena dari dulu sudah diberitau orang klo mo dengerin musik,

    mending pake speaker / headphone.. lebih aman katanya..
    외국에살은 김에 난 작년부터 온라인을수없었어요

  10. #10

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    BOGOR-JAKARTA
    Posts
    2,366
    Thank(s)
    0/5,203
    Blog Entries
    4
    Rep Power
    7

    Default

    Quote Originally Posted by dizza View Post
    saya sih biasa pakai headphone daripada earphone..

    karena dari dulu sudah diberitau orang klo mo dengerin musik,

    mending pake speaker / headphone.. lebih aman katanya..
    Emg gitu ya Gan,kalo headphone lebih aman?bisa tlg jelasin ga Gan?soalnye ane juga make headphone dirumah,tapi gara2 baca ni berita jadi rada parno gitu..

Page 1 of 18 1234511 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia