Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 14

Thread: Teflon (Lapisan Anti Lengket) itu Berbahaya!!!
http://idws.in/83885

  1. #1

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    BOGOR-JAKARTA
    Posts
    2,365
    Thank(s)
    0/5,298
    Blog Entries
    4
    Rep Power
    8

    Exclamation Teflon (Lapisan Anti Lengket) itu Berbahaya!!!

    Apakah lapisan antilengket (nonstick coating) itu?

    Lapisan antilengket kita kenal sehari hari dengan nama Teflon. Teflon sendiri adalah merk lapisan antilengket dari perusahaan Du Pont. Teflon sudah menjadi merek generik untuk lapisan antilengket di berbagai Negara, termasuk Indonesia.

    Lapisan antilengket mempunyai nama kimia Polytetrafluoroethylene (PTFE) yang merupakan bahan sintetic fluoropolymer dari tetrafluoroethylene.

    Penggunaan PTFE juga sangat beragam karena sifatnya yang antilengket dan tidak menghantar listrik. PTFE digunakan antara lain pada :

    1. Penggorengan atau Frying Pan.
    2. Rice cooker dan Rice Warmer Jar pada pancinya.
    3. untuk melapisi tapak dasar dari setrika agar lebih licin dalam menyetrika
    4. Melapisi Pipa pipa zat kimia yang sangat sensitive seperti pada uranium hexafluoride.
    5. sebagai insulator pada kabel dan konektor perakitan Microwave.
    6. menjadi membran pori pori pada kain sintetic
    7. penggunaan pada spare part mesin dan alat alat elektronik
    8. pada peralatan laboratorium karena sifatnya yang anti korosi

    Sejarah Lapisan antilengket

    Tahun 1938 PTFE ditemukan secara tidak sengaja oleh Roy Plunkett dari Kinetic Chemical saat mencoba membuat CFC jenis baru.

    Tahun 1941 Kinetic Chemical mematenkannya dan mendaftarkan Teflon tahun 1945 sebagai merk dagang. Kinetic Chemical merupakan perusahaan yang didirikan oleh Du Pont dan General Motors tahun 1930 untuk memproduksi zat CFC yang kita kenal sebagai Freon ( merk dagang dari Du Pont).

    Tahun 1954, seorang insinyur dari Perancis bernama Marc Gregoire membuat penggorengan pertama yang mengunakan lapisan antilengket dengan merk TEFAL.

    Tahun 1961 Marion A. Trozzolo, memasarkan Penggorengan pertama yang menggunakan Lapisan antilengket The Happy Pan, di Amerika Serikat tepatnya di Kansas City.

    Tahun 2004 -2005 US Environmental Protection Agency s (US EFA), menemukan beberapa kasus dalam penggunaan PFOA yang menyebabkan masalah lingkungan dan kesehatan.

    Januari 2006, Du Pont menyetujui untuk mengeliminasi PFOA ditahun 2015, walaupun Du Pont mengatakan PTFE tidak dapat diproduksi tanpa menggunakan zat kimia PFOA, dan mereka sedang mencari penggantinya.

    Mengapa Lapisan Antilengket (nonstick Coating) berbahaya?

    Penggunaan Lapisan antilengket ini akhir akhir terusik dan menjadi perhatian dari pengamat kesehatan dan lingkungan.

    Lapisan antilengket menggunakan Perfluorooctanoic acid (PFOA) atau Ammonium Perfluorooctanoate (APFO) atau juga sering disebut C-8, dalam proses produksinya. Dan proses produksinya menyebabkan terjadinya polusi yang dapat merusak lingkungan, bahkan membunuh burung.

    Hasil penelitian dari US EPA (Lembaga Perlindungan Lingkungan Amerika, 09 Juli 2004), dan juga Canada Cancer Society menyebutkan

    1. Lapisan antilengket yang terbuat dari PTFE (polytetrafluoroethylene) apabila dipanaskan lebih dari 300o Celcius akan melepaskan zat zat berbahaya terhadap kesehatan yang dapat membunuh seekor burung.

    2. Bahwa zat kimia/metal yang terkandung dalam lapisan antilengket adalah perfluorooctanoic acid(PFOA), apabila termakan sangat berbahaya. Karena bersifat karsinogen yang dipercaya oleh US EPA dapat menyebabkan kanker.

    3. menyebabkan kelahiran dengan berat yang kurang dan mengurangi system kekebalan pada hewan percobaan di laboratorium.


    http://www.cancer.ca/canada-wide/pre...spx?sc_lang=en
    http://www.cancer.ca/canada-wide/pre...spx?sc_lang=en

    Sampai saat ini penggunaan lapisan antilengket masih dalam perdebatan, dan diawal th 2006 Lembaga Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (US EPA) meminta 8 perusahaan Amerika yang menggunakan dan memproduksi antilengket ini untuk mengeliminasi PFOA s/d th 2015.

    Termasuk Dupont perusahaan terbesar yang memproduksi Teflon- Merk peralatan masak yang menggunakan Lapisan Antilengket.

    Meskipun antilengket memberikan perubahan pada cara memasak, namun penggunaan yang salah dapat berakibat pada kesehatan keluarga dan lingkungan kita.

    Penggunaan Lapisan Antilengket di Indonesia

    PTFE atau lapisan antilengket di Indonesia banyak digunakan pada peralatan rumah tangga sehari hari. Peralatan yang sering kita lihat adalah seperti Penggorengan (frying pan), kuali (wok), penanak nasi electric (rice cooker) dan juga setrika ( Iron). Lapisan ini sangat menolong karena kegunaanya dalam memasak yaitu :

    1. mengurangi penggunaan minyak goreng atau margarine yang berlemak tinggi.
    2. mudah dibersihkan, pada peralatan setelah digunakan.

    Namun tingkat perekonomian dan pendidikan yang belum tinggi menyebabkan masyarakat tetap menggunakan peralatan rumah tangganya meskipun sudah rusak atau tidak layak pakai.

    Lebih memprihatinkankan lagi kurangnya minat baca dan juga perhatian pemerintah terhadap isu kesehatan menyebabkan informasi mengenai bahaya penggunaan lapisan antilengket ini belum banyak diketahui.

    Bahaya penggunaan lapisan antilengket di Indonesia
    Bahaya penggunaan antilengket di Indonesia lebih dikarenakan antilengket tersebut mudah tergores dan terkelupas dan digunakan pada peralatan masak. Lapisan yang terkelupas ini apabila tercampur pada makanan sangat berbahaya.

    Karena itu zat kimia pada lapisan antilengket mengandung berbagai logam yang berbahaya seperti mercuri dan zat PFOA yang bersifat karsinogen.
    Penggunaan lapisan antilengket yang terkelupas sering tidak kita sadari terjadi pada Panci Rice Cooker, karena biasanya kita kurang memperhatikan panci rice cooker kita dibanding dengan penggorengan. Rice Cooker sekarang merupakan alat masak wajib ada didapur karena makanan pokok penduduk Indonesia adalah nasi.

    Apabila beras bercampur dengan air yang terkontaminasi zat dari Lapisan antilengket yang terkelupas akan menjadi satu ketika menjadi nasi. Nasi itu yang dimakan keluarga kita setiap hari dan minimal 2 kali sehari.

    Demikian juga pada penggorengan dan kuali, meskipun mungkin tidak tiap hari dipakai namun tingkat kemungkian bahayanya sama dengan penggunaan pada rice cooker.
    Langkah yang dapat kita lakukan memberikan informasi yang benar pada masyarakat tentang bahayanya antilengket yang terkelupas apabila digunakan untuk masak.

    Sebaiknya menggunakan peralatan masak yang food grade, yang aman bagi kesehatan dan aman bagi keluarga kita.
    Mari Selamatkan keluarga dan kesehatan generasi muda Indonesia..

    Sumber:
    http://stopantilengket.com/news.php?halaman=1

    Walopun ada pesen sponsor di sumber yang ane camtumin di atas, insyaallah isinya dapat dipertanggungjawabkan, soalnya dah banyak artikel yang beredar soal ini, tapi karena sumbernya kebanyakan bahasa inggris jadi ane coba cari yg bahasa indonesia dan dapetnya yang ini,,
    Kalo emg hoax, maafkan ya ,
    langsung apus aja untuk Moderator atau Admin bila tidak berkenan..
    Maaf juga kalo ternyata repost...
    Smoga bermanfaat...
    Last edited by finoeci; 02-06-2010 at 08:39 AM.

  2. #2

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Jaksel
    Posts
    1,840
    Thank(s)
    0/171
    Rep Power
    15

    Default

    mana nih DEPKES RI, kayanya DEPKES RI kerjaannya ga jelas yah
    BATA BOMBER

  3. #3
    -=Lucky Bastard=- kulocaki's Avatar

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Malang
    Posts
    5,149
    Thank(s)
    0/49,546
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    11

    Default

    wah klo begini mah bakalan banyak barang teflon dsb. bakal ditarik dari pasar dan akibatnya bisa fatal karena hanpir semua barang rumah tangga dll terbuat dari bahan tersebut

  4. #4

    Join Date
    Apr 2010
    Location
    Hong Kong
    Posts
    503
    Thank(s)
    0/7
    Rep Power
    5

    Default

    Wah,,,para ahli, cpt temukan bhn br yg bs gantiin si teflon ini :)

  5. #5

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    234
    Thank(s)
    0/22
    Rep Power
    0

    Default

    klo ga salah, di negara2 maju, peralatan masak teflon udah diganti pake marmer.. lebih ga bahaya dan licin, jadi klo masak ga pake minyak ga bakalan lengket..

    dulu pernah liat iklannya di tv,. produk korea.. cuman harganya mahal..

  6. #6

    Join Date
    Apr 2008
    Location
    West Bekasi
    Posts
    3,184
    Thank(s)
    0/754
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    13

    Default

    bukannya seharusnya ada standarisasi penggunaan teflon dan masa pakainya selama masih belum melewati umur pemakaian yang ditentukan harusnya aman2 aja dong, buktinya blum dengar ada kasus besar di tv tentang masalah teflon ini..

  7. #7

    Join Date
    Nov 2009
    Location
    unknown
    Posts
    3,141
    Thank(s)
    0/557
    Rep Power
    7

    Default

    nice info gan....

  8. #8

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    pengen di korea
    Posts
    111
    Thank(s)
    0/9
    Rep Power
    0

    Default

    sebenernya g papa kok.. asal lapisan teflon pada permukaan alat masak jangan sampe ngelupas. Soalnya itulah yang bsa bikin zat berbahaya keluar kalo dipanasin. Makanya kalo masak di atas peralatan yang ada teflon (lapisan anti lengket), jangan pake bahan yang keras dan kasar untuk ngaduk makanan. pas nyucinya juga kudu ati2. jangan pake sabut besi ato sejenisnya..

    Biar aman.. begitu terlihat goresan di alat masak, mending langsung ganti aja. lebih baek mahal dikit darpada kena kanker sekerluarga.

  9. #9

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Nyan~space
    Posts
    283
    Thank(s)
    0/38
    Rep Power
    0

    Default


    bisa calon kanker kalo penggunaannya ga ekstra hati"

  10. #10

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    7
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    walah.. makin gag beres aja nih barang-barang... x( makin gag percaya sama barang yang katanya berkualitas plus plus.. ujung2nya malah berbahaya buat kesehatan... astaga.... -____-

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia