Page 1 of 7 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 62

Thread: Kenapa Habis Makan Terus Ngantuk?
http://idws.in/86702

  1. #1

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    BOGOR-JAKARTA
    Posts
    2,365
    Thank(s)
    3/5,299
    Blog Entries
    4
    Rep Power
    8

    Default Kenapa Habis Makan Terus Ngantuk?

    Banyak orang yang jadi mengantuk dan ingin sekali tidur sehabis makan padahal sedang dalam kondisi kerja. Sebenarnya kondisi ini tidak normal, karena setelah makan seharusnya tubuh menghasilkan energi yang membuatnya segar. Tapi jika Anda selalu ngantuk sehabis makan, sebaiknya ketahui sebab-sebabnya.

    Mengantuk adalah salah satu tanda yang diberikan oleh tubuh agar seseorang beristirahat. Tapi jika selalu mengantuk sehabis makan itu pertanda ada yang salah dalam makanannya, enzimnya atau kondisi kadar gula darahnya.

    Seperti dikutip dari Helium dan Steadyhealth, Selasa (20/4/2010) ada tiga alasan yang menyebabkan seseorang mengantuk setelah makan, yaitu:

    1. Kekurangan enzim

    Enzim bisa diibaratkan sebagai pekerja dalam tubuh, seperti rumah yang tidak akan bisa dibangun tanpa adanya pekerja meskipun bahan-bahannya sudah lengkap. Enzim memecah makanan yang dikonsumsi menjadi unit-unit yang lebih kecil sehingga dapat diserap oleh tubuh. Selain itu enzim juga bisa berfungsi sebagai katalis untuk membuat sesuatu bisa terjadi.

    Terdapat tiga jenis enzim yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan yaitu enzim pencernaan yang disekresikan oleh kelenjar ludah, perut, pankreas, sel-sel endokrin dan juga usus kecil. Kedua, enzim yang ditemukan pada seluruh makanan mentah yang dikonsumsi. Ketiga, enzim metabolik yang berfungsi sebagai katalis, memproduksi energi, membuang kotoran dan detoksifikasi racun.

    Saat sedang makan, enzim tubuh bekerja sangat keras agar dapat mencerna semua makanan yang masuk. Karena terlalu keras bekerja, tubuh merasa lelah dan seharusnya saat lelah makanan yang dimakan bisa memberikan energi.

    Tapi bagi orang yang kekurangan enzim, makanan yang dimakan tidak bisa jadi energi karena ada gangguan penyerapan zat gizi. Akibatnya saat enzim lelah, tidak ada asupan energi sehingga membuat seseorang menjadi mengantuk.

    2. Penggabungan makanan yang tidak tepat

    Kebanyakan dari masyarakat tidak mengetahui mengenai penggabungan makanan (food combining) yaitu cara menggabungkan makanan agar dapat digunakan oleh tubuh sebagai nutrisi.

    Beberapa jenis makanan membutuhkan enzim tersendiri agar bisa dicerna seperti protein memerlukan protease, karbohidrat memerlukan amilase dan lemak memerlukan lipase. Ketika seseorang mengonsumsi protein dan karbohidrat secara bersamaan, maka bisa menimbulkan konflik enzim dalam pencernaan.

    Usahakan untuk menggabungkan protein dengan sayuran non-pati (sayuran berwarna hijau, tapi bukan kentang atau wortel), menggabungkan karbohidrat dengan sayuran, biji-bijian, mengonsumsi buah saja atau mengonsumsi 60-80 persen makanan mentah atau dikukus. Penggabungan makanan ini bisa membuat seseorang merasa kurang mengantuk dan menambah lebih banyak energi.

    3. Pengaruh salah satu neuron

    Alasan seseorang mengantuk setelah makan adalah neuron orexin. Neuron ini berada di hipotalamus yang merupakan bagian dari otak yang mengatur banyak proses serta hampir semua hormon.

    Ketika kadar gula darah meningkat, hal ini mengakibatkan kerja dari neuron orexin dihambat. Akibatnya seseorang akan merasa mengantuk karena kinerja neuron orexin yang bertanggung jawab untuk mengontrol seseorang agar tetap terjaga dihambat.

    Sumber

    Show Sumber Lain Mengatakan Sebagai Berikut

    Ngantuk Setelah Makan Siang


    Ilustrasi aja gitu...,hehehe

    Ngantuk setelah makan siang, problema banyak orang ne. Ketika waktu menunjukkan istirahat siang di kantor, perut terasa lapar dan tanpa banyak ba-bi bu kita menyikat makan siang yang ada. Setelah itu , lega dan kenyang plus ....ngantuk..Hooaaaahemmm...

    Ini penyakitnya. katanya istilahnya disebut gejala food coma. Yaitu rasa kantuk yang menyerang setelah makan kenyang. Padahal setelah makan siang , kerjaan masih ada dan perlu konsentrasi tinggi. Sepertinya banyak orang yang mengalami kebiasaan ngantuk setelah makan siang, nggak cuma saya.. heheh.
    Apa sebabnya ya ? Katanya makanan memberikan energi .. Ada yang salah? ternyata tidak. Ini adalah sifat alamiah manusia dan kinerja metabolisme tubuhnya.

    Dari pendapat para ahli, ada banyak sebab kita mengantuk setelah makan siang . Berikut penjelasannya :
    Masa produktif manusia berkisar dari pagi hari sampai menjelang waktu makan siang. Setelah makan siang, produktivitas kita biasanya segera menurun. Padahal tubuh terisi penuh makanan, tetapi kenapa malah produktivitas menurun ?

    Menurut ahli nutrisi Dr. Allan Spreen, yang harus dilakukan adalah menyesuaikan waktu makan dengan bioritme tubuh kita. Kita biasanya memiliki jadwal mkan rutin yaitu waktu mkan utama adalah sarapan pada jam 8.00, makan siang pada jam 12.00 dan makan malam pada jam 19.00. Dengan jadwal makan seperti ini, food coma sering terjadi pada jam 10.00 (2 jam setelah sarapan), jam 14.00 (2 jam setelah makan sian) dan jam 16.00 (3 jam sebelum makan malam).

    Sehingga dua jam setelah waktu sarapan dan makan siang, tubuh terasa lebih lemah dan mengantuk akibat aktivitas seluruh tubuh mengolah dan menyerap makanan. Sementara tiga jam sebelum makan malam, tubuh terasa lemas akibat kadar gula darah yang menurun.Agar tetap fit dan tidak mengantuk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

    - Jangan lewatkan sarapan pagi. Tanpa sarapan, tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas sampai siang.

    - Hindari makanan yang mengandung gula cukup tinggi seperti tart, coklat. Karena makanan yang berkalori cukup tinggi akan menimbulkan rasa kenyang.

    - Khusus untuk makan siang pilihlah porsi sedang, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

    - Sambil menanti waktu makan malam, kita bisa makan cemilan atau mengulum permen yang berfungsi mencegah penurunan kadar gula dalam tubuh. Tidak perlu ngemil banyak, asalkan perut tetap dalam kondisi terisi (bukan penuh).

    Ada juga yang bilang begini :
    Sebab ngantuk setelah makan siang :

    Pertama, makan siang yang mengandung banyak karbohidrat akan menyebabkan rasa kantuk. Karbohidrat berperan dalam mengubah keseimbangan neurotransmitter di dalam otak. Kalau mau tetap terjaga setelah makan siang, makanlah makanan yang banyak mengandung protein, karena makanan yang banyak mengandung protein akan membuat kita tetap terjaga. Kalau mau lebih ampuh, tambahkan saja 3 gelas martini pada menu makan siang Anda. Kantuk pun akan terinduksi.

    Kedua, kalangan peneliti yang mengamati pola tidur manusia juga menemukan bahwa ada keadaan bawaan sejak lahir pada manusia untuk tidur sejenak pada sore hari. Penelitian ini melibatkan relawan yang diisolasi dari seluruh aktivitas sehari-hari baik siang atau malam, dan dibiarkan menjalani pola tidurnya sendiri. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka cenderung secara teratur mengalami satu sesi tidur panjang dan satu sesi tidur selama satu hingga dua jam sekitar 12 jam setelah pertengahan periode utama.

    Kemungkinan ketiga, mengantuk sendiri berhubungan dengan jam tidur. Rata-rata orang dewasa sebenarnya memerlukan tidur selama 8 hingga 9 jam pada malam hari. Tetapi kebanyakan orang hanya tidur selama 7 jam, dan banyak yang tidur selama 6 jam atau kurang selama minggu kerja. Jadi ya mungkin saja kita merasa ngantuk karena kurang tidur.

    Keempat rasa ngantuk tsb justru muncul karena makan siang yg dilakukan dalam jumlah porsi yg banyak, sehingga lambung membutuhkan tenaga ektra utk mengolah makanan yg ada dalam perut, dan menyebabkan syaraf2 diotak letih yg mengakibatkan kita mengantuk.

    Makan bermanfaat untuk mengambil energi dari makanan (force discharging), untuk itu dibutuhkan energi. Mengantuk adalah kondisi otak untuk “beristirahat”. Jika sebagian energi digunakan untuk force discharging terhadap biobody/makanan, maka otak kurang pasokan energi, akibatnya ingin beristirahat,mengantuk. Karbohydrad lebih sulit dipecah/didegradasi dari pada sayuran karena quanta karbohydrat tinggi sedangkan sayuran lebih tinggi tifacknya.

    Sooo.. kalau ngantuk pulang aja. nggak usah kerja..hehe

    Sumber
    Last edited by finoeci; 02-06-2010 at 08:27 AM.
    Reply With Quote Reply With Quote

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Island of Gods
    Posts
    235
    Thank(s)
    2/200
    Rep Power
    0

    Default

    Kalo menurut pendapatku, karena pada saat makan tubuh memerlukan banyak energi untuk proses mencerna makanan, sedangkan penyerapan makanan yg berlangsung di usus baru terjadi 3-4 jam setelah kita makan.Jadi wajar saja kalau sehabis makan tubuh terasa lemas dan mengantuk

    Mengenai FC baru denger kalo ada dampaknya ke perasaan mengantuk dan bisa menambah lebih banyak energi. Yg aku tau malah tentang siklus pencernaan tubuh, jika kita bisa menyesuaikan pola makan dengan siklus ini maka bisa menghemat energi tubuh.

    Show Siklus Pencernaan

    a. Siklus pembuangan ( 4 pagi – 12 siang)
    Secara intensif tubuh mulai melakukan pembuangan sisa- sisa makanan dan sisa- sisa metabolisme. Siklus ini paling banyak memakai energi. Selagi siklus ini berlangsung sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan berat dan padat karena menurunkan intensitas proses pembuangan, memperlambat proses pencernaan & dan memboroskan energi.

    b. Siklus pencernaan ( 12 siang- 8 malam)
    Merupakan saat yang tepat untuk mengkonsumsi makanan padat karena siklus pencernan bekerja lebih aktif. Setelah pukul 8- 9 malam sebaiknya tidak makan makanan padat lagi karena lambung tidak boleh sesak dengan makanan pada saat kita tidur

    c. Siklus penyerapan ( 8 malam – 4 pagi)
    Pada saat tubuh dan pikiran kita sedang istirahat total atau tidur, tubuh mulai menyerap, mengasimilasi, dan mengedarkan zat makanan. Kurang tidur di malam hari atau makan larut malam akan memboroskan energi dan mengganggu aktifitas siklus ini.


    Sumber :
    Buku “FOOD COMBINING Kombinasi Makanan Serasi Pola Makan untuk Langsing dan Sehat". Penulis Andang W Gunawan.


    iss:
    Reply With Quote Reply With Quote

  4. Who Said Thanks:


  5. #3

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    indonesia
    Posts
    6,359
    Thank(s)
    1/651
    Rep Power
    11

    Default

    setau saya sih siklus penyerapan itu yg pagi d...
    terus yg pembuangan itu yg jam 8 malam - subuh2...
    waktu itu pernah baca...tp lupa sumbernya
    Reply With Quote Reply With Quote

  6. Who Said Thanks:


  7. #4

    Join Date
    Apr 2010
    Location
    Indonesia
    Posts
    192
    Thank(s)
    1/6
    Rep Power
    0

    Default

    tapi emang paling enak abis mkn itu tidur ya.. hohoho
    Reply With Quote Reply With Quote

  8. Who Said Thanks:


  9. #5

    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Netslum Tartaga
    Posts
    1,883
    Thank(s)
    1/1,175
    Rep Power
    6

    Default

    Quote Originally Posted by hapoki View Post
    tapi emang paling enak abis mkn itu tidur ya.. hohoho
    gw juga begitu...
    Hehe
    Reply With Quote Reply With Quote

  10. Who Said Thanks:


  11. #6

    Join Date
    Feb 2009
    Location
    green depth
    Posts
    1,903
    Thank(s)
    1/2,762
    Rep Power
    7

    Default

    kalo saya makan ga makan tetep aja ngantuk
    tapi katanya kalo abis makan langsung tidur itu bisa bikin gemuk y
    Reply With Quote Reply With Quote

  12. Who Said Thanks:


  13. #7

    Join Date
    Apr 2010
    Location
    jauh dekat 2000
    Posts
    253
    Thank(s)
    1/21
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by soulhunter View Post
    kalo saya makan ga makan tetep aja ngantuk
    tapi katanya kalo abis makan langsung tidur itu bisa bikin gemuk y
    iyaaa, katanya jugaaa gituuuu, abis makan langsung tidur jadinya tubuh gag bergerak dan tidak mengeluarkan energi...
    Reply With Quote Reply With Quote

  14. Who Said Thanks:


  15. #8

    Join Date
    Oct 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    99
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    wah kalo gua sih hanya terjadi pada saat makan malam baro mulai muncul ngantuknya
    Reply With Quote Reply With Quote

  16. #9

    Join Date
    Aug 2009
    Location
    indonesia
    Posts
    188
    Thank(s)
    0/29
    Rep Power
    0

    Default

    ada yg bilang krn mulut kita capek ngunyah makanan makanya jd ngantuk
    trus ada lg yg blg krn uda puas mkn ato kenyeng makanya jd ngantuk sama kayak abis em-el kl uda puas jd ngantuk hihihihiihih
    Reply With Quote Reply With Quote

  17. #10

    Join Date
    Apr 2010
    Location
    KEDIRI
    Posts
    23
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    makasi ya buat referensinya,,,,
    Reply With Quote Reply With Quote

Page 1 of 7 12345 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia