Page 1 of 12 1234511 ... LastLast
Results 1 to 10 of 114

Thread: Tahu Baxo Bu Pudji
http://idws.in/88456

  1. #1

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Semarang Atlas
    Posts
    5,504
    Thank(s)
    0/5,565
    Rep Power
    19

    Default Tahu Baxo Bu Pudji

    Tahu Baxo Bu Pudji

    nih yang pengen tau cerita lebih lengkapnya

    ================================





    BELUM lengkap rasanya ke Ungaran bila tidak beli oleh-oleh tahu bakso. Barangkali pernyataan itu tak salah. Coba saja cicipi Tahu Baxo Bu Pudji, pasti akan ketagihan. Cita rasanya berbeda dengan tahu bakso umumnya yang banyak dijual di pasaran. Dari gigitan pertama sampai terakhir baksonya terasa.

    Berbentuk kotak segi empat, di dalamnya ditanam bakso yang gurih. Semakin enak bila dinikmati dengan cabe rawit hijau nan pedas.

    Sri Lestari atau akrab dipanggil Bu Pudji ini pencetus tahu bakso sebagai oleh-oleh khas Ungaran. Outlet “Tahu Baxo Bu Pudji” dan aneka bakso di Jalan Letjen Suprapto No 24 Ungaran tak pernah sepi pembeli. Bahkan, banyak yang rela antre demi mendapatkan tahu bakso ini. Umumnya, tahu bakso itu untuk oleh-oleh. Satu bungkus tahu bakso goreng berisi 10 biji harganya Rp 16 ribu, sedangkan tahu bakso basah atau belum digoreng Rp 15 ribu.

    Apa keistimewaan tahu bakso Bu Pudji? Rasanya gurih, tidak terlalu asin, pas di lidah. Baksonya tidak sekadar hiasan atau cuma menempel di tahu, tapi mulai dari gigitan awal sampai terakhir terasa. Tak salah bila disebut tahu bakso, karena merupakan paduan tahu dan bakso. Bentuknya juga menarik, rapi, rata dan rapat.

    “Rapi, rata dan rapat menjadi motto kami. Tahunya rapi, bentuknya rata dan baksonya rapet,”ujar Sri Lestari didampingi suaminya Pudjijanto di outletnya kemarin (28/5).

    Tahu dan bakso diproduksi sendiri. “Kami sangat memperhatikan kualitas bahan baku dan pembuatannya sesuai aturan-aturan yang memenuhi standar kesehatan. Jadi lebih terjamin kualitasnya,”jelas Pudjijanto sembari menambahkan pembuatan tahu sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet seperti formalin.

    Sejak awal buka usaha, dirinya menghindari hal itu karena tak ingin merugikan konsumen. Tak heran bila tahu baksonya hanya tahan sampai 2 hari, kecuali dimasukkan dalam lemari pendingin.

    Dia mulai membuat tahu bakso pada 1995. Awalnya hanya dijual di kalangan teman-teman PKK, atau Dharma Wanita. Dari situ, tahu baksonya mulai dikenal luas. Sebelumnya hanya melayani kalau ada pesanan. Kemudian diputuskan setiap hari bikin. Karena setiap hari pasti ada yang membeli. Waktu itu dikenal dengan tahu bakso Kepodang karena Bu Pudji tinggal di Jalan Kepodang.

    Tahun 1996, ia berjualan dengan gerobak dorong. Produksi tahu tiap hari hanya 100-150 biji, kemudian berkembang menjadi 1.500 pada 2002. Dan saat ini rata-rata tiap hari mencapai 10 ribu. Pada saat liburan Hari Raya Lebaran bisa sampai 15 ribu tahu setiap hari. Meskipun bermunculan pesaing baru, dirinya tetap eksis.

    “Logikanya kalau banyak pesaing produksi kita berkurang. Realitasnya tidak, justru semakin bertambah dan bertambah. Saya juga tidak tahu kenapa bisa terjadi,”papar pria yang baru setahun pensiun itu.

    Tahun 2002, pasangan suami istri ini pindah rumah, dari Jalan Kepodang ke Kutilang. Maka, nama tahu bakso Kepodang diganti menjadi Tahu Baxo Bu Pudji.

    Diceritakan ibu 3 anak itu, ide membuat tahu bakso karena kepepet kebutuhan hidup. Gaji suami PNS dirasa tak mampu memenuhi kebutuhan yang semakin besar. “Tiap tanggal 10 gaji sudah habis. Jadi saya harus kreatif memutar otak mencari tambahan penghasilan,”papar perempuan berkerudung ini.

    Semula mencoba bisnis pakaian, kelontong dan beberapa usaha lain, namun selalu menemui kegagalan. Lantas muncul ide bikin tahu bakso, ketika mencicipi tahu isi bakso di suatu acara. “Karena saya hobi masak, saya coba bikin tahu bakso,”katanya sembari tersenyum. Berkat tahu bakso, Bu Pudji tak lagi tergantung pada gaji suami yang pas-pasan.

    ================================

    anak2 angkringan aja pada ketagihan
    Last edited by aditshow; 28-04-2010 at 09:42 PM.
    Reply With Quote Reply With Quote

  2. #2

    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Heaven
    Posts
    1,998
    Thank(s)
    1/6,584
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    10

    Default

    wah mama saya juga sering beli. kata nya sih enak banget. semua saudara juga suka. sayang saya tidak doyan tahu. jadi cuma gigit bakso nya tapi memang enak koq . baksonya gurih dan kenyal. kalau beli agak sore seringnya kehabisan >.< kalau lihat mama, papa, dan adek makan panas - panas jadi ngiler. tapi tetap tidak doyan tahu
    Reply With Quote Reply With Quote

  3. Who Said Thanks:


  4. #3

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Semarang Atlas
    Posts
    5,504
    Thank(s)
    0/5,565
    Rep Power
    19

    Default

    kalo gitu beli bakso nya aja kan ada

    di sana kan sekarang juga ada warung bakso nya, jadi bisa makan di sana, seger banget

    iya bener banget, kalo kesorean aja pasti udah habis
    Reply With Quote Reply With Quote

  5. #4

    Join Date
    Dec 2008
    Location
    anywhere
    Posts
    674
    Thank(s)
    0/295
    Rep Power
    6

    Default

    tempatnya deket ma rumah gw ene...
    sering beli, tapi sayang saia udah merantau ==
    Reply With Quote Reply With Quote

  6. #5

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Taipei
    Posts
    1,367
    Thank(s)
    0/2,715
    Blog Entries
    13
    Rep Power
    6

    Default

    wah, belom pernah coba nih gw.. ntar kalo pas ke daerah sana boleh di coba nih
    Reply With Quote Reply With Quote

  7. #6

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    34
    Thank(s)
    0/4
    Rep Power
    0

    Default

    Wah rumah saya deket bgt tuh ma T4nya, kalo pas pulang ke rumah pasti oleh olehnya tahu baxo bu pudji.. temen temen saya pada suka...
    Reply With Quote Reply With Quote

  8. #7

    Join Date
    May 2010
    Location
    Ferris Wheel
    Posts
    504
    Thank(s)
    0/883
    Rep Power
    5

    Default

    deket rumanhya temenku
    yang di ungaran nih..
    tapi ampe sekarang belum pernah ngrasain
    besok2 nyoba ah...

    kira2 bisa jelasin gak sih apa
    keistimewaan dari tahu ini?
    kalo yang udah berbau kuliner aku tertarik banget lah,,,
    ahaha...
    Reply With Quote Reply With Quote

  9. #8

    Join Date
    Jun 2010
    Location
    Salatiga
    Posts
    668
    Thank(s)
    0/10,191
    Rep Power
    5

    Default

    gw pernah nyoba. .

    dibeliin sodara waktu di ungaran
    bentuknya emang rapi, tapi kayaknya ga jauh beda ma tahu bakso biasa yah
    Reply With Quote Reply With Quote

  10. #9

    Join Date
    Jul 2009
    Posts
    22,950
    Thank(s)
    0/62,395
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    34

    Default

    kemarin lewat pas mau kesemarang.....tahu baksonya juga pernah cicip barang dikit
    Reply With Quote Reply With Quote

  11. #10

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    La Cittadelle
    Posts
    4,593
    Thank(s)
    0/2,194
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    13

    Default

    selain bu pudji yg enak mana lagi om
    Reply With Quote Reply With Quote

Page 1 of 12 1234511 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia