Results 1 to 5 of 5

Thread: Pidato Bung Karno Di hari Kesaktian Pancasila 1 Juni 1945
http://idws.in/95141

  1. #1

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Central Borneo
    Posts
    4,622
    Thank(s)
    4/27,576
    Blog Entries
    43
    Rep Power
    10

    Thumbs up Pidato Bung Karno Di hari Kesaktian Pancasila 1 Juni 1945

    Show
    [B[/B]Selamat Hari Lahir PANCASILA Hari ini 1 Juni 2010, Pancasila genap 65 tahun sejak dilahirkan. Dalam momen ini, Presiden SBY untuk pertama kalinya dalam sejarah pascarezim Orde Baru tumbang, menghadiri peringatan pidato 1 Juni 1945 Soekarno yang menjadi cikal-bakal Pancasila. Presiden SBY juga menyampaikan pidato di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

    Untuk mengingatkan kembali memori kita pada pelajaran sejarah, berikut ini saya cuplik beberapa bagian Pidato bung Karno tanggal 1 Juni 1945 pada Rapat Panitia Sembilan (Dokuritu Zyunbi Tyoosakai).


    Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, Lahirnya Pancasila


    ...Saudara-saudara! Dasar-dasar Negara telah saya usulkan. Lima bilangannya. Inikah Panca Dharma? Bukan! Nama Panca Dharma tidak tepat di sini. Dharma berarti kewajiban, sedangkan kita membicarakan dasar. Saya senang kepada simbolik. Simbolik angka pula. Rukun Islam lima jumlahnya. Jari kita lima setangan. Kita mempunyai panca indera. Apa lagi yang lima bilangannya
    ? (Seorang yang hadir: Pendawa Lima). Pendawa pun lima orangnya. Sekarang banyaknya prinsip: kebangsan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan dan ketuhanan, lima pula bilangannya.

    Namnya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa- namanya ialah Pancasila. Sila artinya azas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan Negara Indonesia, kekal dan abadi
    … (tepuk tangan hadirin riuh rendah)

    ...
    Maka dari itu, jikalau bangsa Indonesia ingin supaya Pancasila yang saya usulkan itu, menjadi satu realitiet, yakni jikalau ingin hidup menjadi satu bangsa, satu nationaliteit yang merdeka, ingin hidup sebagai anggota dunia yang merdeka, yang penuh dengan perikemanusiaan, ingin hidup di atas dasar permusyawaratan, ingin hidup sempurna dengan sociale rechtvaardigheid, ingin hidup dengan sejahtera dan aman, dengan Ketuhanan yang luas dan sempurna, – syarat untuk menyelenggarakannya, ialah perjuangan, perjuangan dan sekali lagi perjuangan. Jangan mengira bahwa dengan berdirinya negara Indonesia Merdeka itu perjuangan kita telah berakhir. Tidak! Bahkan saya berkata: Di dalam Indonesia merdeka itu perjuangan kita harus berjalan terus, hanya lain sifatnya dengan perjuangan sekarang, lain coraknya. Nanti kita, bersama-sama, sebagai bangsa yang bersatu-padu, berjuang terus menyelenggarakan apa yang kita cita-citakan di dalam Pancasila.


    Bukan hanya sekedar untuk dibaca maupun diperingati.
    Pancasila digali dari tradisi kehidupan di Indonesia jauh sampai kedasarnya, olek karenanya Pancasila diharapkan dapat menjadi falsafah hidup manusia Indonesia dalam mengembangkan eksistensinya untuk mencapai kebutuhan2nya. Manusia Indonesia juga tidak terpisah dari ikatan2 tradisionilnya karena Pancasila itu sendiri berasal dari tradisi manusia Indonesia.

    Dalam Pancasila tercakup pula pengertian dan tujuan manusia Indonesia untuk mencapai suatu kepribadian yang “mentally health” sebagaimana “mental health” yang dikemukakan oleh Erich Fromm. Pancasila dapat dijadikan landasan selanjutnya bagi terbentuknya sauatu “sane society”, suatu “masyarakat yang sehat” bagi masyarakat Indonesia.

    Sungguh bahagia bangsa Indonesia mempunyai Pancasila.




    Kata Pancasila terdiri dari dua kata dari Sansekerta: pańca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia berisi:

    1. Ketuhanan Yang Maha Esa
    2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
    3. Persatuan Indonesia
    4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
    5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia


    Lambang Negara Garuda Pancasila[/B]

    Tanggal 1 Juni 1945, Soekarno memberikan dasar filosofi negara Indonesia yang belum merdeka. Ia menyebutkan lima dasar utama, yaitu Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan yang berkebudayaan atau Ketuhanan Yang Mahaesa.

    Tanggal 22 Juni 1945, dirumuskan kembali menjadi Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi para pemeluknya, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mohammad Yamin kemudian menamakan rumusan baru itu sebagai Piagam Djakarta.

    Dalam sidangnya sehari setelah proklamasi, 18 Agustus 1945 PPKI memutuskan menghapus tujuh kata dalam Piagam Djakarta, yaitu mengganti rumusan “dengan berdasarkan pada ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi para pemeluknya” menjadi “dengan berdasarkan pada Ketuhanan Yang Mahaesa”. Pada sidang itu PPKI sekaligus meresmikan UUD 1945 yang pembukaannya memuat rumusan resmi Pancasila yang telah diperbarui.

    GARUDA PANCASILA
    Karya: Sudarnoto

    Garuda Pancasila
    Akulah pendukungmu
    Patriot proklamasi
    Sedia berkorban untukmu

    Pancasila dasar negara
    Rakyat adil makmur sentosa
    Pribadi bangsaku
    Ayo maju maju
    Ayo maju maju
    Ayo maju maju


    Code:
    http://haxims.blogspot.com/2010/06/1-juni-hari-lahir-pancasila.html
    http://mustafidwongbodo.blogspot.com/2008/05/1-juni-hari-kesaktian-pancasila.html
    http://rosodaras.wordpress.com/2010/05/29/pidato-bung-karno-1-juni-1945-lahirnya-pancasila-ke-1-2/
    Last edited by blacksheep; 01-06-2010 at 07:54 PM.
    http://www.indowebster.web.id/signaturepics/sigpic13456_59.gif
    ‎"Nobody's Perfect"... artinya gak ada body yang sempurna

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Pekanbaru
    Posts
    6,774
    Thank(s)
    0/2,834
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    11

    Default

    gila beda jauh ya pidato sby ama soekarno

  4. #3

    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Depan PC
    Posts
    900
    Thank(s)
    0/52
    Rep Power
    0

    Default

    ironis bgt..skrg bnyk orang yg ga hapal Pancasila..pdhl klo dihitung dr SD ampe SMA..12 taon tuh Pancasila dibacain...ckckckckck

  5. #4

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Pekanbaru
    Posts
    6,774
    Thank(s)
    0/2,834
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    11

    Default

    bkn hanya tuh bahkan kdg tk jga ada walau gk serius seperti sd dstnya kuliah jga kdg ada kok dan jga yg kerja trutama kantor pemerintah psti ada

  6. #5

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    curva sud
    Posts
    55
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    pidato bung karno begitu berapi-api ya gan

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia