Page 1 of 8 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 77

Thread: Tips Bagi Pengusaha Warnet & Calon Pengusaha Warnet
http://idws.in/96498

  1. #1

    Join Date
    May 2009
    Location
    HUTAN RIMBA
    Posts
    5,293
    Thank(s)
    23/28,562
    Rep Power
    31

    Default Tips Bagi Pengusaha Warnet & Calon Pengusaha Warnet

    Bagi Pengusaha warnet maupun yang berencana membuka usaha warnet, berikut adalah artikel dari saya yang telah saya kumpulkan dari survey kepada konsumen berdasarkan pengalaman menjadi operator warnet, hasil ini didapat dari info sesama operator, obrolan dengan konsumen dan para veteran yang sudah sukses menjadi pengusaha warnet, mudah-mudahan berguna

    Show Kunci Kesuksesan Warnet


    1.Keramahan
    Faktor utama yang membuat warnet senang dikunjungi konsumen adalah senyuman dan keramahan sang operator, bantulah sebisa mungkin problem, pertanyaan, keluhan konsumen.

    Dan jika ada faktor yang merugikan konsumen seperti billing mereka lewat sedikit, computer hang, tapi tarif sudah berjalan, usahakan relakan saja alias digratiskan kelebihannya

    Jangan mengejek konsumen yang gaptek, usahakan akrabkan diri pada konsumen, ajak bincang-bincang/ngobrol saat mereka senggang (saat ngantri misalnya), jangan sekali2 mengejek salah satu konsumen dari belakang karena factor negative dari word of mouth itu sangat kuat efeknya jika saja ada teman konsumen yang mendengar.

    Jika pelanggan merasa senang, puas dan merasa dihargai, dijamin mereka akan balik lagi atau malah jadi pelanggan tetap, apalagi jika pelanggan telah menjadi temen anda, dijamin warnet akan menjadi tempat tongkrongan rutin.

    Namun minusnya, factor keramahan ini sulit diterapkan bagi yang memakai karyawan, karena karyawan berpikir “tugas ane kan menjaga, senyum ramah tamah juga kita ga ada dapet apa-apa, lagian ini bukan warnet kita” (pengalaman pribadi dan rekan sesama operator).

    2.Tarif
    Soal tarif faktor yang utama adalah jangan menaruh harga diatas harga pesaing jika warnet anda tidak memiliki kelebihan dibanding pesaing, dan berlakukan set billing setiap 15 menit sekali, jangan begitu login langsung dipatok setengah jam main karena tidak semua konsmen akan bermain lama dan mereka bisa tersinggung karena berkesan empu warnet memaksa.

    usahakan menjelang tengah malam berlakukan happy hour (discount tarif/paket) dan jika mau pendapatan lebih harus berani buka hingga dini hari sebab menurut analisa siang hari adalah aktivitas remaja dan anak-anak, malam adalah aktivitas remaja-dewasa, pendapatan rata-rata harian warnet untuk 10 unit adalah 300.000, bisa lebih atau kurang tergantung tarif, pelayanan dan lokasi.

    3.Kenyamanan
    Kenyamanan salah satu factor yang penting, bagi warnet system kursi pilih lah kursi yang empuk, nyaman, jangan kursi yang keras/plastik/besi dan tidak ada senderan punggungnya, untuk lesehan sediakan bantal untuk senderan dan tidur-tiduran, sirkulasi udara warnet juga harus bagus, jarak sekat antara warnet harus sedikit berjauhan karena jika ada yang merokok, bau apeknya akan terasa ke sebelah, sediakan kipas angin di setiap sudut, bisa juga memakai AC tapi minusnya perokok tidak bisa merokok.

    4.Kebersihan
    Kebersihan bilik juga salah satu factor yang utama, konsumen akan merasa risih jika bermain sambil ditemani sampah (misal dari pemakai sebelumnya), usahakan setiap konsumen out, warnet di cek dan apabila kotor segeralah dibersihkan, jika perlu sediakan kotak sampah didepan setiap bilik.

    5.Konsumsi
    Konsumsi sangat berguna untuk menambah pemasukan warnet, sediakan lah makanan dan minuman ringan serta rokok untuk dijual, pajang dalam display yang menarik, dan makanan & minuman ringan tersebut harap dijual dengan rendah/pantas, sebisa mungkin hindari menjual minuman berharga tinggi seperti kalengan dan botolan, jualah minuman gelas yang harganya Rp.1000-an dan snack yang berharga Rp. 500-an, untuk rokok pilih yang mereknya banyak dikonsumsi anak muda, apabila memungkinkan jual pulsa
    elektrik juga.

    6. Privasi
    Sekat Bilik warnet minimal 70/100cm x 160cm, tujuannya agar konsumen disebelahnya tidak bisa melihat aktivitas konsumen lainnya saat berdiri, karena diintipi saat bermain sangat tidak menyenangkan dan membuat kesan risih serta mempermalukan konsumen, konsumen bebas membuka apa saja asal tidak mengganggu ketentraman dan ketertiban orang lain.

    Show Desain Dekstop amp Software Wajib Warnet

    Billing
    Mozilla Firefox + Opera + Google Chrome
    Yahoo Messeger + mIRC
    Adobe Acrobat / Foxit Reader (lebih Ringan)
    Winrar / 7zip / Izarch
    Flash Player for Browser
    WinAmp / Foobar
    K-Lite Codec Pack
    ACDSee / IrfanView
    DeepFreeze / Returnil
    Microsoft Office / Open Office
    Video Converter (kalo dirasa perlu)

    Kalo bisa desktop setiap PC themes nya didesain yang menarik, biar enak dipandang mata, daripada standar. pasang juga wallpaper yang keren, kalo bisa pasang software yang mensetting agar tiap harinya wallpaper berganti secara otomatis.

    Game Online yang diinstal cukup yang populer & banyak dimainkan, selain itu instal juga game offline yang kira2 bagus

    Situs-situs penting seperti google, facebook, dan yahoo jangan lupa di bookmark di setiap PC biar pengujung ga repot ngetiknya


    Show Operator Warnet

    Kunci Mencari Pribadi Operator Yang Tepat
    1. Jujur
    2. Gaya bicaranya ramah (tidak ceplas ceplos), agar tidak mudah menyinggung orang lain & Murah senyum
    3. Rajin & Biasa Bersih-Bersih
    4. Paham pada dasar-dasar Troubleshooting Computer & Microsoft Office
    5. Good Looking (Cantik/Tampan), tapi ini bukan hal yang utama, yang penting keempat faktor diatas

    Ingat, jadi Operator Bukan Kacung/Pembantu yang bisa disuruh ini itu sesukanya, Sebagai Pemilik pun Harus Menghormati Karyawannya, Jika Pemilik Menghargai Operator, maka Operator akan memberikan servis yang terbaik untuk warnet anda

    Pembagian Shift Ideal

    Siang : wanita,
    Malam : Pria

    Kenapa ?, secara garis besar fisik pria lebih kuat dari wanita dalam menahan lelah dan kantuk pada malam hari, selain itu setiap hari jumat siang pria berkewajiban sholat jumat, mereka tentu kebingungan mencari waktu untuk sholat karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggal, pemilik warnet juga tidak mau dicap sebagai penghalang ibadah kan?, kecuali sang calon operator ga pernah beribadah atau non muslim, sah-sah saja diterima.

    Untuk operator warnet dengan 2 shift, jika shift malam sampai dini hari, ada baiknya upah yang penjaga malam lebih besar daripada siang, jika 3 shift upahnya sama ratakan saja.

    Gaji Operator Warnet 10 PC Tarif 3000/Jam
    - 3 Shift @ Rp. 500.000/Bulan (7 Jam Kerja)
    - 2 Shift
    Siang = 600.000/Bulan/20.000/hari (9 jam Kerja)
    Malam = 750.000/ Bulan/25.000/hari (9 Jam Kerja)
    Uang Lembur = Rp. 1000/Jam (jika konsumen masih ada hingga dini hari lewat 9 jam kerja operator)

    Ket - (gaji bisa berbeda2 besarnya tergantung daerah)

    Hari Libur = 2 x Sebulan (Tujuannya agar operator tidak jenuh), tidak mesti hari minggu, terserah mereka pilih hari apa asal sebelumnya menghubungi pemilik dan sesuai kesepakatan


    Show Lokasi Warnet


    Harus ada kiat2 khusus supaya bisa mengaet pelanggan. Ide2 kreatif menjadi sumber daya kompetisi yg paling ampuh. Ketimbangan kemampuan teknis. Idealnya lokasi warnet yang bagus adalah berada disekitar lokasi sebagai berikut =

    Kantor
    Para karyawan biasa mampir untuk mengirim email mereka pada perusahaan cabang, membuat NPWP sementara (nomor pokok wajib pajak) Via Online bagi karyawan baru, dan hiburan mereka selagi senggang istirahat kantor, kalaupun mereka tidak online (bisa online di kantor) biasanya mereka hanya duduk2 ngopi, ngobrol dengan rekan kerja mereka, merokok dll, soal harga biasanya mereka tidak ambil pusing, karena itu peluang konsumsi & café kecil-kecilan ada disini

    Sekolah
    Jika dekat dengan sekolah minimal SMP, jam sepulang sekolah warnet pasti akan diserbu mereka, apalagi jika tarif warnet murah, mereka suka jajan, tapi tidak yang mahal2, karena itu sediakan jajanan murah meriah namun berkualitas (Enak dan laris di pasaran).

    Universitas
    Para mahasiswa memanfaatkan fasilitas warnet untuk mencari tugas, menunggu jam mata kuliah, konkow, main poker, browsing ala kadarnya dan download, perlu ide yang kreatif untuk mempertahankan mereka sebagai pelanggan tetap dan hati-hati karena konsumen mahasiswa rada sensitif terhadap hal-hal yang tidak menyenangkan.

    Pemukiman
    Dalam arti ini masyarakat, bisa anak kecil, dewasa, remaja. tingkat okupansi di sector pemukiman sangat tinggi di malam hari dan sepi disiang hari, kebalikan dari sekolah dan universitas, kecuali jika univeristas tersebut didekatnya banyak kost mahasiswa.


    Show PC Warnet

    PC Browsing/Light Game
    INTEL
    * MB Up To You
    * Intel Dual Core (2.5Ghz)/AMD Athlon 240/Athlon X2 245
    * Memory 1 GB
    * HDD Sata 160 GB
    * VGA Onboard
    * Casing
    (Berbaut Putar Manual Biar Ga Perlu Obeng Lagi Buat Buka Casing, coz sangat berguna saat maintenance)
    * No Optical Drive
    * Sound Onboard
    * LAN Onboard
    * Keyboard/Mouse Optical
    * LCD 16/17

    PC Gamer/High End Game
    Sama Dengan Diatas Tapi Perbedaannya
    Core2Duo 2,5 Ghz/ Athlon II X4 620/Phenom X4 925
    HDD 320 GB (Biar Muat Banyak Game)
    RAM DDR2 1 GB
    VGA 8400GS 512 MB


    Show Tindak Kejahatan

    Waspada pencurian
    Headset/Webcam/Card Reader/Mouse sangat rentan terhadap aksi iseng pencurian, kunci mengatasinya ialah cek setiap konsumen yang selesai online, waspadai gerak gerik mencurigakan (misalnya kepala konsumen bolak-balik nongol ngintip operator, kalo bukan lihat operator berarti mereka cuma mau ngecek luar warnet aja, misalnya keamanan motor mereka atau mencari teman), biasanya mereka beraksi lebih dari 1 orang, 1nya lagi sebagai pengawas. Untuk headset/webcam ada baiknya kabel nya di tiret permanent, sehingga sulit dicabut.


    Orginal Writer By Excimer

  2. #2
    THE iDOLM@STER Raestloz's Avatar

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    765 Pro Office
    Posts
    5,359
    Thank(s)
    5/3,652
    Blog Entries
    78
    Rep Power
    11

    Default

    Sedikit tambahan mungkin:

    Software:
    1. Pastikan Microsoft Officenya minimal 2007, supaya mereka yang mau ngedit tapi bikinnya pake versi 2007 masih bisa

    2. Pasang antivirus gratisan, minimal menambah perasaan "aman" konsumen. Sudah ada DeppFreeze memang terkesan tidak perlu, tapi kalau sampai dicap warnet virusan bisa mengurangi reputasi

    3. Usahakan softwarenya diupdate terus, terutama antivirus tadi.

    4. Kalau bisa, pasang software anti pornografi. Bukan masalah pornografinya, tapi tukang download film biru akan menyedot bandwidth sehingga warnet terkesan lelet padahal salahnya di pelanggan mesum (pengalaman pribadi, di warnet yang biasanya lumayan gara2 ada PNS buka bokep leletnya bukan main)


    Buat PC gaming:
    RAM mungkin mau diganti jadi 1 keping 2GB, supaya entar ga perlu upgrade2 lagi. RAM 2 GB udah hampir wajib jaman sekarang, 1 GB sih bisa cuma rentan ngelag2 karena kurang memori. Kalau sekedar buat DotA, Audition, atau game2 online lainnya 1 GB masih cukup, tapi kalau ingin menjangkau game "luar" kayak misalnya Call of Duty atau Left 4 Dead 1 GB itu udah bener2 dipaksa.

    VGA juga mungkin mau dinaikin jadi 8500 kalau ingin warnetnya bisa main game2 "berat", terutama kalau layarnya gede (memang ga bisa mentok kanan tapi daripada musti megap2). Masalah ngelag adalah salah satu faktor yang mengurangi kenyamanan pelanggan


    Headset:
    JANGAN sekali lagi: JANGAN pasang headset di warnet umum (yang buat browsing doank) karena namanya browsing nggak perlu suara. Kalau memang mau pasang headset (supaya ada nilai lebihnya misalnya) jangan buat warnet model bersekat, tapi buatlah warnet tanpa sekat tapi jarak antar komputer agak jauh, dan jangan sampai warnetnya terlalu rame (antar komputer berhimpit sehingga para "penonton" mengerubungi jalan). Ini berguna supaya gerak-gerik tukang maling (yang biasanya bermodalkan tas) mudah dilihat dan (kalau perlu) dipergoki.

    Kalau ingin bersekat, seperti kata monyet, di pasang permanen (misalnya kabelnya dikasih lem alteco atau gimana gitu)

  3. Who Said Thanks:


  4. #3

    Join Date
    May 2010
    Location
    dimana aja
    Posts
    2,585
    Thank(s)
    0/24,238
    Rep Power
    6

    Default

    @Raestloz: kalau pake headset sih kayaknya sedikit banyak disarankan (menurut gw pribadi) supaya mengurangi kebisingan (untuk warnet gaming).
    emang sih kalo udah biasa ya ga berasa gimana di warnet yg isinya suara2 tembakan, musik, atopun "Godlike, killing spree" (jaman2 dulu dota)

    tapi yah kesannya kurang enak aja gitu, buka pintu masuk yg menyambut suasana berisik. So maksud wa, kalo warnet wat gaming mungkin ada bagusnya headset.


    dan untuk sopwer itu, mungkin bisa ditambah IDM ama utub donloder? yah kalo dah pake IDM sih ga perlu utub donloder lagi

  5. #4

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    The Poke
    Posts
    3,598
    Thank(s)
    0/296,255
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    10

    Default

    tipsnya emang bagus banget.... dan emang warnet yg punya kriteria di atas bikin betah lama-lama, apalagi kalo speed nya juga fantastis...

    oh, iya... kira2 kalo mau buka warnet butuh modal berapa ya??

    @atas: kalo gw bilang, headset tuh berguna banget buat dengerin musik pas browsing atau nonton di youtube/IDWS... gak usah yang mahal2...
    Last edited by g_kenz; 08-06-2010 at 07:39 PM.
    *NEW* m-HD & m-720p Movies Collection
    Pensiun Upload & Re-Upload !!!
    Semua Rekues Re-Upload Lewat PM/VM/Thread Tidak Akan Diproses !!

  6. #5

    Join Date
    May 2009
    Location
    HUTAN RIMBA
    Posts
    5,293
    Thank(s)
    1/28,562
    Rep Power
    31

    Default

    Quote Originally Posted by g_kenz View Post
    tipsnya emang bagus banget.... dan emang warnet yg punya kriteria di atas bikin betah lama-lama, apalagi kalo speed nya juga fantastis...

    oh, iya... kira2 kalo mau buka warnet butuh modal berapa ya??
    10 pc dengan light PC = kira2 27 juta

    Aksesoris :
    Printer = Canon MP-258 (Print,Scan,Copy)
    Headset
    Mouse Pad Bantal x11
    Stabilizer
    HUB 16 PORT
    MODEM
    UPS
    Connector RJ 45
    Cable LAN (Belden USA Original) 100 meter
    Karpet
    Stopkontak
    Kabel 100 Meter
    Bilik Warnet x 10
    KipasAngin x3
    AC
    Meja Kasir
    Kursi Kasir
    Kursi
    Bantal Duduk
    Instalasi Warnet
    Display
    Kulkas Display
    Sewa Tempat/Tahun

  7. Who Said Thanks:


  8. #6
    ••••••••• sunsphoenix's Avatar

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    idws.in/f285
    Posts
    5,447
    Thank(s)
    0/624
    Blog Entries
    5
    Rep Power
    11

    Default

    klo soal headset, card reader apa ngga lebih enak dsimpen aja d rak belakang operator, ntar klo ada client yg butuh bisa minta ke operator (jgn lupa d catet client no brapa tadi yg minta )

  9. #7

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Rimba Andalas
    Posts
    821
    Thank(s)
    0/24,800
    Blog Entries
    13
    Rep Power
    15

    Default


    sepertinya sang ts berprofesi dibidangnya juragan warnet

    tambah dikit untuk kunci suksesnya, kalo berkenan
    kalo si konsumen ato pemakai menggunakan lebih dari 3 jam ato bla bla bla
    ada baiknya di beri soft drink, free coffe juga boleh
    Se la vita ha dovuto scegliere, cosa c'è di male se scelgo chi piace questo...?

  10. #8
    THE iDOLM@STER Raestloz's Avatar

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    765 Pro Office
    Posts
    5,359
    Thank(s)
    0/3,652
    Blog Entries
    78
    Rep Power
    11

    Default

    Quote Originally Posted by silverkhingz View Post
    @Raestloz: kalau pake headset sih kayaknya sedikit banyak disarankan (menurut gw pribadi) supaya mengurangi kebisingan (untuk warnet gaming).
    emang sih kalo udah biasa ya ga berasa gimana di warnet yg isinya suara2 tembakan, musik, atopun "Godlike, killing spree" (jaman2 dulu dota)

    tapi yah kesannya kurang enak aja gitu, buka pintu masuk yg menyambut suasana berisik. So maksud wa, kalo warnet wat gaming mungkin ada bagusnya headset.


    dan untuk sopwer itu, mungkin bisa ditambah IDM ama utub donloder? yah kalo dah pake IDM sih ga perlu utub donloder lagi
    Maksud'e buat warnet normal2 yang modal browsing doank. Kalau warnet gaming pan beda lagi. Yang niatnya buat buka facebook mah kaga perlu headphone... (salah sebut, headset itu yang cuma kabel dan ujung kecil masuk ke kuping, headphone yang gede dipasang di kepala)

    Tapi ya tergantung, kalau warnetnya area anak SMP sih mau nggak mau jangan, anak2 sukanya malingin aksesoris warnet. Kalau lokasinya di area perkuliahan sih laen lagi... udah pada dewasa udah ngarti susahnya yang punya warnet

    Warnet gaming di palembang satupun ga ada yang pake headphone, karena kalau pake aksesoris aneh dikit aja langsung dah dikerubungin terus ilang terjadi pada warnet 711, 40 PC dikasih headphone semuanya lenyap soalnya ya itu: anak2 kecil tukang gaming jaman sekarang satupun ga ada yang berpendidikan.

    Ambil contoh warnet Wirenet, sekali masuk headset ane udah ane MAX masih kalah kuat suaranya. Soalnya semua PC pasang volumenya mau menang semua: Point Blank (Chain Killer) terus DotA (Triple Kill!) terus Audition (na na na na na) terus Ragnarok entah versi apaan (syuut pak pak pak pak) campur jadi satu. Bener2 bikin budek

    Btw, IDM pan nyedot bandwidth? Ga masalah tuh?

  11. #9

    Join Date
    May 2009
    Location
    Makassar
    Posts
    119
    Thank(s)
    0/9
    Rep Power
    0

    Default

    Gaji gue cuma Rp 450rb/bulan dgn 12 jam kerja. Suatu hari nanti ane mau keluar dari sini.

  12. #10

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Surabaya
    Posts
    2,614
    Thank(s)
    0/1,971
    Rep Power
    7

    Default

    Quote Originally Posted by Raestloz View Post
    Sedikit tambahan mungkin:

    Software:
    1. Pastikan Microsoft Officenya minimal 2007, supaya mereka yang mau ngedit tapi bikinnya pake versi 2007 masih bisa

    2. Pasang antivirus gratisan, minimal menambah perasaan "aman" konsumen. Sudah ada DeppFreeze memang terkesan tidak perlu, tapi kalau sampai dicap warnet virusan bisa mengurangi reputasi

    3. Usahakan softwarenya diupdate terus, terutama antivirus tadi.

    4. Kalau bisa, pasang software anti pornografi. Bukan masalah pornografinya, tapi tukang download film biru akan menyedot bandwidth sehingga warnet terkesan lelet padahal salahnya di pelanggan mesum (pengalaman pribadi, di warnet yang biasanya lumayan gara2 ada PNS buka bokep leletnya bukan main)


    Buat PC gaming:
    RAM mungkin mau diganti jadi 1 keping 2GB, supaya entar ga perlu upgrade2 lagi. RAM 2 GB udah hampir wajib jaman sekarang, 1 GB sih bisa cuma rentan ngelag2 karena kurang memori. Kalau sekedar buat DotA, Audition, atau game2 online lainnya 1 GB masih cukup, tapi kalau ingin menjangkau game "luar" kayak misalnya Call of Duty atau Left 4 Dead 1 GB itu udah bener2 dipaksa.

    VGA juga mungkin mau dinaikin jadi 8500 kalau ingin warnetnya bisa main game2 "berat", terutama kalau layarnya gede (memang ga bisa mentok kanan tapi daripada musti megap2). Masalah ngelag adalah salah satu faktor yang mengurangi kenyamanan pelanggan


    Headset:
    JANGAN sekali lagi: JANGAN pasang headset di warnet umum (yang buat browsing doank) karena namanya browsing nggak perlu suara. Kalau memang mau pasang headset (supaya ada nilai lebihnya misalnya) jangan buat warnet model bersekat, tapi buatlah warnet tanpa sekat tapi jarak antar komputer agak jauh, dan jangan sampai warnetnya terlalu rame (antar komputer berhimpit sehingga para "penonton" mengerubungi jalan). Ini berguna supaya gerak-gerik tukang maling (yang biasanya bermodalkan tas) mudah dilihat dan (kalau perlu) dipergoki.

    Kalau ingin bersekat, seperti kata monyet, di pasang permanen (misalnya kabelnya dikasih lem alteco atau gimana gitu)
    yang buat PC Gaming RAM nya paling ga 1,5 giga kk (minimal)
    trus VGA nya kira" versi 3000 ke atas (ATI)/9000 (nVIDIA) ke atas
    kalo pake LCD refresh rate nya 60 kalo lebih tinggi ga bisa jalan

Page 1 of 8 12345 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia